Penting! Ini Tips Perawatan Smart CCTV di Alun-Alun Kota

Tips Perawatan Smart CCTV di Alun-Alun Kota – Saat ini di Indonesia, memang pengamanan lewat CCTV semakin ditingkatkan. Terutama di area-area publik yang terdapat banyak orang berkunjung seperti misalnya, di alun-alun. Namun sepertinya pemasangan smart CCTV masih belum efektif, karena ada banyak kasus CCTV  yang malah tidak berfungsi salah satunya di alun-alun kota.

Padahal sangat penting pengamanan di alun-alun kota ini dengan adanya CCTV untuk memantau pergerakan orang-orang yang mungkin mencurigakan atau bahkan bahaya terorisme yang semakin meningkat. Salah satu penyebab mengapa CCTV tidak berfungsi di beberapa titik adalah kurangnya perawatan.

Tips Merawat CCTV Alun Alun Kota Yang Tepat

Tips Perawatan Smart CCTV di Alun-Alun Kota
Tips Perawatan Smart CCTV di Alun-Alun Kota

Para pengguna CCTV mulai dari CCTV untuk penggunaan personal atau area publik tentu saja harus dilakukan perawatan. Perawatan CCTV berguna untuk membuat produk peningkat keamanan ini bisa berfungsi lama dan berguna untuk masyarakat. Bagaimana tips merawat smart CCTV camera di alun-alun kota maupun area publik lainnya? 

1. Rutin Periksa Komponen CCTV

Setiap smart CCTV tentu saja memiliki komponen-komponen tertentu di mana komponen tersebut harus dilakukan pemeriksaan secara rutin. Alasannya adalah agar setiap komponen yang ada bisa bekerja optimal karena memang CCTV bekerja selama 24 jam. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada komponen-komponen CCTV ini seperti misalnya pemilihan tempat peletakan DVR CCTV. 

DVR merupakan komponen penting yang ada pada CCTV karena fungsinya adalah untuk menyimpan hasil rekaman pada setiap unit kamera CCTV, yang dipasang. Untuk penempatannya akan lebih baik pada ruangan yang luas dan punya ventilasi udara yang baik. Selanjutnya Anda perlu memeriksa bagian dalam DVR CCTV. Periksa bagian konektor kamera yang terpasang, apakah sudah tepat atau kurang terpasang. 

Baca Juga :   Unik dan Menarik, Inilah Keunggulan Dari Aplikasi Virgo

2. Lakukan Update

Melakukan update pada smart CCTV camera juga sangat penting dilakukan pada bagian DVR. Anda bisa mengunjungi langsung situs vendor dari CCTV apakah ada unit DVR yang terpasang untuk versi firmware terbaru. Adapun tujuan selalu update firmware terbaru adalah untuk membantu kinerja DVR. 

Misalnya kinerja DPR yang sebelumnya lemah akan ditingkatkan dengan penambahan protokol, penambahan fitur hingga penambahan konfigurasi. Anda juga perlu mengetahui apakah DVR tersebut memang  dengan CCTV atau tidak. 

Yang tidak boleh ketinggalan juga yaitu melakukan pengecekan pada konfigurasi CCTV secara rutin. Mulai dari pengecekan pada kompresi video, kualitas dan resolusi gambar hingga kerapatan gambar. Hal ini akan membantu untuk memaksimalkan hasil rekaman video CCTV, apalagi tujuan penggunaan CCTV ini di area outdoor seperti di alun-alun kota. 

3. Rutin Bersihkan CCTV

Anda juga sangat perlu membersihkan CCTV secara berkala di setiap komponennya apalagi untuk kamera pengintai yang diletakkan di luar ruangan. Kamera pengintai di luar ruangan umumnya lebih mudah kotor karena debu, asap kendaraan ataupun kotoran hewan. 

Anda bisa mulai membersihkan bagian lensa kamera dan juga bagian pelindung kamera. Selain itu, bagian DVR juga penting diperhatikan kebersihannya. Paling tidak, Anda harus memperhatikan bagian mainboard yang biasanya terkena kotoran dan debu. Bersihkan bagian ini, setidaknya dua kali dalam setahun untuk mencegah CCTV kehilangan fungsi. 

Selanjutnya yang perlu diperhatikan pada kamera CCTV adalah bagian monitor. Bagian monitor ini jika terkena debu atau kotoran, maka bisa menghambat kinerja sistem pada smart CCTV

4. Lakukan Backup Hasil Rekaman

Cara perawatan terakhir untuk penggunaan CCTV lebih awet yaitu dengan melakukan backup rekaman. Pencadangan ini dimaksudkan untuk mengamankan data yang ada. Setelah dicadangkan, Anda bisa memilih rekaman mana yang memang sangat penting untuk disimpan dan tidak perlu disimpan.

Namun jika Anda menganggap bahwa semua rekaman CCTV selama dipasang adalah penting untuk disimpan secara berkala, maka bisa dilakukan sebagaimana kebutuhan. Apalagi untuk area outdoor seperti di alun-alun ini, mungkin dibutuhkan untuk menyimpan hasil rekaman secara keseluruhan. Karena nanti jika dibutuhkan sewaktu-waktu, rekaman tersebut tetap ada apalagi untuk berbagai urusan darurat. 

Baca Juga :   Inspirasi 9 Warna Estetik Cat Waterproof untuk Desain Rumah Minimalis

Gunakan CCTV Hikvision AcuSense Untuk Perawatan Yang Mudah

Untuk penggunaan CCTV area outdoor maka Anda harus memilih produk kamera pengintai yang mudah dalam perawatan dan penggunaannya. Salah satunya Anda bisa mengandalkan CCTV Hikvision AcuSense. AcuSense memiliki banyak keunggulan karena merupakan smart CCTV dengan teknologi terbaru. Berikut ini beberapa keunggulan yang diberikan. 

1. Teknologi Dengan Deteksi Cepat

Adapun AcuSense dari Hikvision ini dibuat dengan sistem algoritma pembelajaran yang lebih mendalam. Jadi memang tepat sekali jika dipakai pada penggunaan outdoor untuk meningkatkan keamanan. Teknologi yang digunakan AcuSense, mampu melakukan pendeteksi ancaman penyusup dengan sistem yang lebih real time. Hal ini tentu dapat mempermudah respon untuk peringatan ke pengguna lebih cepat.

2. Teknologi Dengan Deteksi Lebih Akurat

Hikvision AcuSense juga mampu melakukan pendeteksian secara akurat untuk kategori orang dan juga kendaraan. Jadi memang CCTV ini mampu membedakan objek bergerak lain, selain orang dan kendaraan. Sehingga tim pengontrol ataupun tim keamanan, lebih fokus pada ancaman yang nyata saja.

3. Peningkatan Keamanan Lebih Efisien

Dengan penggunaan kamera CCTV yang menerapkan label pada rekaman video untuk orang dan kendaraan, kamera pengintai ini lebih cepat dalam pencarian video. Ini tentu saja memudahkan bagian keamanan untuk deteksi jika terjadi kejahatan ataupun kehilangan di area luar ruangan. 

Sehingga tidak perlu lagi melakukan pencarian secara manual untuk berbagai kejadian dan kondisi. Semua sudah bisa diminimalisir dengan penggunaan kamera CCTV.

4. Mudah Penggunaan

Kamera CCTV AcuSense juga sangat praktis karena tidak rewel bahkan mulai dari pemasangan sampai penggunaan. Kamera pengintai ini bisa dipasang lebih cepat dan mudah dikonfigurasi, layaknya kamera keamanan konvensional. Ditambah lagi dengan dukungan teknologi keamanan AI yang dipakai. 

Itu tadi beberapa informasi dari BonsaiKita.com tentang tips perawatan smart CCTV yang bisa dilakukan terutama untuk CCTV di area outdoor seperti di alun-alun kota ataupun area publik lainnya. Untuk penggunaan produk CCTV terbaik, maka percayakan pada Hikvision AcuSense. 

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News