Tips Jitu Memaksimalkan Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Reksadana Pasar Uang – Semua jenis investasi selalu memiliki potensi keuntungan dan juga risikonya. Besar kecilnya keuntungan dan risiko inilah yang kerap jadi bahan pertimbangan para investor. Termasuk Reksadana Pasar Uang yang merupakan salah satu jenis investasi yang menarik untuk mengamankan dan mengembangkan aset. 

Namun dengan kondisi risiko relatif rendah rendah, keuntungan yang diperoleh pun relatif lebih kecil. Jadi Anda sebagai investor harus tahu bagaimana cara mengoptimalkan investasi ini agar memperoleh return yang optimal. Langsung saja simak bagaimana tipsnya. 

Tips Memaksimalkan Investasi Reksadana Pasar Uang

Reksadana Pasar Uang sendiri adalah investasi dimana dana kelolaannya diinvestasikan kembali pada instrumen pasar uang antara lain obligasi, deposito berjangka dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Semua jenis instrumennya memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun dengan risiko relatif rendah. 

Untuk return Reksadana Pasar Uang sendiri jumlahnya masih termasuk menengah. Dikutip dari website dbs.id, umumnya keuntungan yang diperoleh mencapai 4,5% hingga 5,5% per tahun. Meski begitu nilai ini akan lebih tinggi jika dibandingkan Anda menyimpan uang di bank saja untuk waktu lama dalam bentuk tabungan. 

Jika Anda ingin mendapatkan return Reksadana Pasar Uang yang optimal, maka Anda sebagai investor harus bisa memaksimalkan investasinya. Ada beberapa tips berikut ini yang bisa diikuti agar return tetap optimal. 

Baca Juga :   Bagaimana Cara Investasi Reksadana Saham? Kenali Langkahnya

1. Menggunakannya sebagai Investasi Jangka Panjang 

Kebanyakan orang akan memilih Reksadana Pasar Uang jika memiliki tujuan investasi jangka pendek. Misalnya saja untuk berlibur, pulang kampung atau persiapan dana darurat. 

Namun, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkannya sebagai investasi jangka panjang agar dana investasi Anda makin bertumbuh. 

2. Memanfaatkan Strategi Investasi Dollar Cost Averaging

Tips Reksadana Pasar Uang yang kedua adalah mengenai penggunaan strategi yang tepat. Dalam investasi Reksadana, ada banyak strategi yang digunakan seperti lump sum, market timing, dollar cost averaging, buy and hold dan masih banyak lagi. 

Pada strategi dollar cost averaging Anda akan melakukan investasi dalam jumlah yang sama dalam periode tertentu. Anda akan tetap membeli tanpa memperdulikan soal fluktuasi harga. Rutinitas investasi inilah yang akan membuat modal investasi Anda makin besar dan bertumbuh. 

Aktivitas investasi juga tidak harus dilakukan setiap bulan. Bisa dilakukan dua atau tiga bulan sekali, yang terpenting adalah jumlah investasinya harus sama.

3. Memilih Tingkat Pengembalian yang Stabil 

Reksadana Pasar Uang minim risiko karena mengutamakan pengembalian yang stabil. Pengertian ini jugalah yang harus Anda terapkan ketika sedang memilih instrumen investasi atau produk Reksadana. 

Anda bisa mengecek terlebih dahulu bagaimana tingkat pengembaliannya. Jauh lebih aman jika memilih return yang stabil daripada yang angka fluktuasinya terlalu jauh. 

4. Pilih yang Produk yang Pengelolaan Dananya Besar 

Tips terakhir adalah mencari produk yang pengelolaan dananya besar. Ketika produk memiliki dana kelolaan besar maka potensi keuntungan yang diperoleh juga relatif lebih tinggi. Anda bisa mengecek manakah produk dengan dana kelolaan besar di bagian prospektus atau fund factsheet produk Reksadana. 

Investasi Reksadana Pasar Uang yang Aman Ada di DBS Treasures

Selain keempat tips di atas, platform investasi Reksadana yang dipilih juga menjadi faktor penting untuk memperoleh keuntungan yang optimal. Platform aplikasi investasi terbaik bisa Anda dapatkan di layanan DBS Treasures dengan Aplikasi digibank by DBS. 

Baca Juga :   Mengenal Pompa Air Piston Dengan Kualitas Terbaik

Anda yang sedang mencari produk Reksadana Pasar Uang dengan informasi yang terlengkap akan menemukannya di DBS Treasures. Selama berinvestasi melalui DBS Treasures, deretan keuntungan berikut akan diperoleh. 

1. Dana Investasi akan Dikelola oleh Profesional 

Investasi Reksadana di DBS Treasures akan ditangani oleh Manajer Investasi yang profesional. Mereka akan bekerja untuk mengoptimalkan produk yang sudah Anda pilih. 

2. Memperoleh Pengetahuan tentang Investasi 

Tim ahli finansial dari DBS Treasures akan dengan aktif memberikan analisa pasar. Termasuk juga peluang-peluang terkini dalam investasi. Akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mendapatkan pengetahuan penting akan perkembangan investasi saat ini. 

3. Berkurangnya Risiko Berkat Diversifikasi 

Setiap jenis investasi termasuk Reksadana tak akan lepas dari risiko investasi. Meski begitu, DBS Treasures bisa meminimalisirnya karena adanya kemudahan untuk diversifikasi yaitu dimana dana akan disebar dalam beberapa jenis aset investasi untuk mengurangi risiko jika satu produk Reksadana merugi. 

4. Transaksi Mudah Dilakukan

Semua transaksi yang Anda lakukan akan lebih mudah karena hanya dengan satu Aplikasi digibank by DBS. Anda bisa melakukan analisa Reksadana berdasarkan data dari infovesta, jual, beli, switching sampai dengan membuat Single Investor Identification (SID). 

Sudah jelas bukan bagaimana cara agar keuntungan dari Reksadana Pasar Uang bisa lebih optimal? Anda tinggal mengikuti keempat tips di atas dan jangan lupa yang terpenting berinvestasi melalui DBS Treasures. 

Selama menggunakan DBS Treasures, Anda tak hanya bisa investasi di Reksadana Pasar Uang tetapi juga Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Saham. Pilihan produknya beragam dan yang pasti mudah untuk diakses. Tidak perlu ke bank untuk setiap pembelian produk atau mendapatkan laporan analisa perkembangan. 

Jadi tunggu apalagi, Anda bisa berinvestasi dari sekarang supaya keuntungan yang diperoleh juga lebih besar.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News