3 Tips Jitu Agar Cuan Investasi Reksadana Campuran

Diposting pada

Tips Jitu Agar Cuan Investasi Reksadana Campuran – Semua jenis investasi reksadana berpotensi menghasilkan keuntungan, salah satunya reksadana campuran yang mampu menghadirkan cuan lebih tinggi. Bagaimana tidak, ada tiga efek yang masuk di dalamnya yaitu obligasi, saham dan juga pasar uang. 

Reksadana campuran sering disebut juga sebagai hybrid funds karena alokasi dana tidak hanya pada satu kategori efek saja. Disamping itu, investasi ini mampu menawarkan return besar selama Anda bisa menentukan produk dan manajer investasi dengan bijak. 

Bagaimana cara supaya Anda bisa menikmati keuntungan optimal pada investasi reksadana ini? Langsung saja cek tipsnya berikut. 

Tips Investasi Reksadana Campuran agar Untung

Tips Jitu Agar Cuan Investasi Reksadana Campuran
Tips Jitu Agar Cuan Investasi Reksadana Campuran

Ciri khas dari investasi ini adalah alokasi dana yang beragam yaitu pada ekuitas atau saham, surat utang atau obligasi serta pasar uang yang merupakan deposito.  Pembagian alokasi dana inilah yang akan memberikan keuntungan tersendiri. 

Misalnya ketika saham sedang turun, Anda masih bisa mengandalkan obligasi, begitu juga sebaliknya. Inilah salah satu keuntungan reksadana campuran yang tidak dimiliki jenis reksadana lain karena hanya fokus di satu efek. 

Selain itu, investasi ini cocok bagi Anda dengan profil risiko moderat karena jangka waktunya menengah yaitu 3 hingga 5 tahun saja. Berikut tips untuk bisa memperoleh cuan besar dalam kurun waktu tersebut. 

1. Memilih Strategi Alokasi Reksadana Campuran 

Hybrid funds menempatkan dananya pada ketiga instrumen. Alokasinya sendiri bisa terdiri dari tiga macam strategi berikut ini. 

Pertama adalah investasi campuran defensif yang menempatkan 70% hingga 80% pada instrumen pasar uang dan obligasi. Jenis ini cocok bagi Anda yang mencari risiko rendah namun imbal hasil lebih tinggi dari pasar uang. 

Kedua, adalah investasi campuran berimbang di mana penempatannya adalah 50% pada obligasi dan pasar saham. Apabila Anda sebelumnya sudah mencoba jenis yang pertama, maka perlu untuk mencoba strategi ini. 

Terakhir adalah investasi campuran dinamis di mana Anda akan menempatkan dana tergantung dengan pandangan dari masing-masing instrumen investasi. Risikonya lebih tinggi namun imbal hasil yang diberikan sepadan.

Masing-masing strategi memiliki risiko dan keuntungan berbeda. Jika Anda mencari potensi keuntungan yang optimal, strategi ketiga tentu dapat menjadi pilihan. Namun jika Anda ingin bermain aman namun tetap cuan bisa memilih strategi pertama atau kedua. 

2. Memastikan Legalitasnya melalui OJK

Investasi reksadana sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga legalitasnya sendiri dapat dicek secara langsung. Sebagai investor yang ingin memperoleh cuan, Anda harus mengecek perizinan produk reksadana sekaligus dengan manajer investasi yang mengelola. 

Hal ini sangat penting supaya Anda tidak terjebak dalam investasi bodong yang kini kasusnya kian meningkat. Bukan keuntungan yang didapatkan tapi justru dana hilang karena penipuan investasi. 

Padahal untuk mengecek ini caranya tidak sulit, Anda hanya perlu mencocokan data perizinan dari produk reksadana dengan website OJK. 

3. Memahami Prospektus Reksadana Campuran 

Sebuah kewajiban bagi seorang investor untuk mengenali seluk beluk dari produk reksadana yang ingin dibeli. Dalam hal ini Anda harus membaca prospektus yang juga bekerja sebagai buku manual sebelum berinvestasi. 

Prospektus memiliki banyak informasi dan semuanya harus dibaca dengan teliti. Anda harus mengetahui bagaimana cara pembelian dan penjualannya. Baca juga soal rekam jejak manajer investasi berdasarkan perkembangan dana yang dikelola. 

Informasi soal biaya ketika hendak membeli dan menjual juga jadi faktor penting karena disinilah Anda juga memperoleh keuntungan. Tidak ketinggalan ketahui kebijakan investasi yang disediakan karena masing-masing produk bisa saja berbeda. 

Yuk Investasi Reksadana Campuran di DBS Treasures

Masih ada satu tips lagi supaya Anda bisa memperoleh potensi return tinggi, yaitu berinvestasi reksadana bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Investasi reksadana yang tersedia di DBS Treasures tidak hanya menyediakan reksadana campuran saja tetapi juga reksadana pendapatan tetap, pasar uang, dan juga saham. 

Anda yang tertarik untuk berinvestasi tidak hanya pada satu jenis reksadana saja bisa melakukannya dengan mudah melalui DBS Treasures. Secara umum, Anda yang sudah memiliki reksadana bisa menjualnya kembali pada hari sama berdasarkan harga nilai aktiva bersih. 

Artinya tersedia likuiditas harian yang membuat Anda bebas untuk melakukan penjualan untuk menghindari risiko kerugian besar. Semua produk reksadana campuran di DBS Treasures juga sudah terdaftar dan diawasi OJK, Anda pun bisa melakukan pengecekan ulang agar lebih yakin. 

Selama menggunakan DBS Treasures untuk investasi, ada tiga keuntungan menurut BonsaiKita.com yang akan didapatkan sebagai berikut:

1. Dana Investasi Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

DBS Treasures bermitra dengan manajer investasi profesional dan berpengalaman dalam mengelola dana investasi reksadana. Apapun jenis reksadana yang Anda pilih semua pengelolaan akan dioptimalkan dengan baik sehingga investor berpotensi memperoleh keuntungan tinggi. 

2. Memperoleh Informasi Analisa Pasar Terkini 

Selain dana akan dikelola dengan optimal, Anda sebagai investor akan mendapatkan banyak informasi dari tim ahli finansial DBS Treasures yang proaktif menganalisis dan mengkomunikasikan risiko, kinerja, serta potensi perkembangan peluang terkini, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan investasi. 

3. Meminimalisir Risiko dengan Diversifikasi 

DBS Treasures akan membagi dana Anda ke dalam beberapa instrumen investasi sesuai strategi manajemen kekayaan yang sudah dipersonalisasi untuk Anda, artinya kemungkinan kerugian yang diperoleh semakin rendah. Hal inilah yang akan membuat kekayaan Anda semakin berkembang. 

Setelah mengenali apa itu reksadana khususnya cara memperoleh keuntungan di reksadana campuran Anda bisa menerapkannya sekarang juga. Apalagi dengan bantuan dari DBS Treasures investasi Anda tentu akan semakin cuan. 

DBS Treasures telah menyediakan informasi lengkap dari prospektus produk reksadana yang bisa Anda cermati terlebih dahulu sebelum memilih. Selain itu juga kinerjanya juga transparan sehingga Anda bisa lebih mudah membandingkan antar produk. 

Tanpa ragu lagi, Anda bisa bergabung sekarang juga untuk menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *