Harga Pasar Turun? Terapkan Cara Ini Agar Investasi Reksadana Saham Tetap Nyaman

Diposting pada

Terapkan Cara Ini Agar Investasi Reksadana Saham Tetap Nyaman – Dibanding jenis reksadana lainnya, reksadana saham memang yang menjadi pilihan kebanyakan investor, terlebih investor dengan risiko profil agresif. Hal ini dikarenakan imbal balik atau return besar yang ditawarkan. Namun, perlu diingat jika return yang tinggi tentunya juga terikat dengan risiko yang tinggi pula karena adanya high risk high return dalam berinvestasi.

Seperti yang kita ketahui, karena terkait dengan pergerakan saham dan efek ekuitas, reksadana saham sering kali dikabarkan turun nilainya di pasar dalam waktu-waktu tertentu. Alhasil, investor pun tidak bisa mendapatkan keuntungan yang maksimum. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Jangan khawatir. Kamu tetap bisa melakukan investasi reksadana saham dengan nyaman meski harga pasar turun. Keuntungan maksimal pun juga bisa kamu dapatkan melalui cara penanganan yang tepat. Nah, artikel ini pas banget buat kamu yang lagi mencari cara untuk tetap nyaman melakukan investasi reksadana saham. Yuk simak!

Cara Nyaman Investasi Reksadana Saham

Terapkan Cara Ini Agar Investasi Reksadana Saham Tetap Nyaman

1. Berpegang teguh pada tujuan

Reksadana saham memang merupakan jenis reksadana yang paling fluktuatif dan volatilitasnya tinggi dibanding yang lainnya. Dalam waktu pendek, investasi ini memang terlihat sangat tidak menentu. Namun, dalam jangka waktu yang lama reksadana saham akan lebih stabil. Oleh karenanya, keuntungan reksadana saham juga bisa dirasakan dari adanya efek panjang yakni dalam hitungan tahun sehingga kamu perlu kesabaran lebih untuk menikmati hasilnya. 

Dengan ini, reksadana saham kurang cocok untuk digunakan sebagai sumber dana darurat dan lebih cocok untuk digunakan sebagai sumber dana simpanan untuk masa depan seperti pembelian rumah, pembangunan rumah, dan persiapan dana di masa pensiun. 

Juga dianjurkan pula untuk tidak mengecek portofolio apabila kamu telah menentukan tujuan kamu untuk jangka panjang. Terlalu sering melakukan pengecekan dapat membuat kamu kehilangan semangat untuk melakukan investasi reksadana saham.

2. Pastikan kamu menyukai risiko

Seperti yang telah disebutkan di atas, reksadana saham memiliki risiko yang tinggi. Sebelum menentukan untuk menginvestasikan uang yang kamu miliki pada reksadana saham, pastikan kamu merupakan investor yang menyukai risiko. 

3. Terapkan Strategi Dollar Cost Averaging

Dengan strategi yang tepat, investasi reksadana saham bisa semakin optimal. Salah satu strategi yang cocok untuk diterapkan untuk jenis investasi yang satu ini adalah Dollar Cost Averaging atau DCA. Dengan strategi ini, kamu harus membeli produk reksadana saham secara rutin dan jumlahnya tetap tanpa memperdulikan harga yang ada di pasar.

Apabila harga di pasar melambung tinggi, maka kamu akan mendapatkan jumlah yang lebih sedikit. Namun sebaliknya, ketika harga pasar melemah, maka kamu akan mendapatkan jumlah yang lebih banyak. Penerapan strategi DCA dapat membantumu untuk menghindari pembuatan keputusan yang impulsif yang dapat mengantarkanmu menuju kerugian. Strategi ini juga cocok untuk diterapkan oleh investor yang masih memiliki modal kecil namun ingin rutin melakukan investasi reksadana saham.

Cara Investasi Reksadana Saham

Kini Bank DBS Indonesia telah meluncurkan mobile banking digibank by DBS, aplikasi perbankan yang tidak hanya membantumu dalam hal simpanan namun juga investasi reksadana saham. Hadirnya digibank by DBS memangkas proses investasi yang ribet karena keharusan transfer dari rekening pribadi ke aplikasi khusus reksadana.

Dengan digibank by DBS semua proses investasi yang menyangkut penjualan, pembelian, switching (pengalihan), hingga pendaftaran Single Investor Identification dapat dilakukan hanya melalui satu aplikasi saja. Selain cara investasi reksadana yang mudah ini, digibank by DBS juga menjamin keamanan investasimu karena Bank DBS sendiri merupakan “Bank Teraman Asia” berdasarkan Global Finance.

Aplikasi digibank by DBS juga menawarkan investasi menarik bak sajian lengkap investasi ala rumah makan padang! Penasaran? Berikut penjelasannya.

1. Pembelian secara berkala yang fleksibel

Melalui digibank by DBS kamu bisa rutin melakukan investasi reksadana saham tanpa ribet karena adanya fitur pembelian berkala yang bisa kamu atur sesuai dengan keinginan. Dengan ini kamu juga tidak perlu melakukan investasi dari awal. Fleksibilitas sendiri harus kamu utamakan dalam melakukan investasi agar semakin mudah dan nyaman.

2. Start dari Rp 100.000

Pembelian produk reksadana pada digibank by DBS bisa kamu lakukan mulai dari Rp 100.000 saja sehingga tidak akan membuat investasimu terasa berat. Tentunya dengan pembelian yang terjangkau dan pembelian berkala kamu pun bisa menerapkan strategi DCA yang sudah kamu baca dengan lebih ringan.

3. 3 pilihan kategori

Aplikasi digibank by DBS memudahkanmu untuk memilih produk reksadana yang ada berdasarkan kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik yang diterbitkan oleh PT Infovesta Utama sehingga pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan pun lebih mudah.

4. Tersedia lebih dari 50 pilihan produk reksadana

Tidak hanya reksadana saham saja, digibank by DBS juga menyediakan jenis investasi reksadana lainnya seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran dengan lebih dari 50 pilihan produk. Selain reksadana saham, kamu tinggal pilih saja reksadana mana yang akan kamu inginkan untuk meningkatkan penganekaragaman jenis investasi.

Berikut merupakan cara nyaman investasi reksadana saham menurut BonsaiKita.com. Yuk segera mulai investasimu dan terapkan cara yang sudah kamu baca. Download digibank by DBS sekarang juga di App Store dan Google Play Store!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *