2 Manfaat Tanaman Sirih Gading dan Cara Menanamnya

Menghias rumah dengan tanaman sirih gading menjadi solusi terbaik untuk memberikan kesan asri pada hunian. Tidak hanya itu, perawatan tumbuhan ini juga dinilai mudah bahkan bagi pemula sekalipun. Selain itu, penampilannya juga sangat cantik dengan kombinasi warna daun yang menarik.

Apa Itu Sirih Gading?

Sirih Gading

Mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui bagaimana penampakan sirih gading ini. Umumnya, tanaman ini memanjat batang pohon menggunakan akar kecil yang berada di udara, lalu jatuh di tanah sebagai penutupnya. Jadi, tak heran jika jenis ini banyak ditemukan merambat.

Selain itu, sirih gading juga memiliki beberapa jenis, mulai dari sirih gading putih, gading neon, dan gading emas. Semuanya mempunyai keunikan yang berbeda-beda serta mampu menarik perhatian para peminatnya karena tampilannya yang cantik mampu membuat penampilan hunian terlihat indah.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga kaya akan manfaat yang sangat menguntungkan bagi lingkungan di sekitarnya. Manfaat-manfaat tersebut seperti membantu meningkatkan kelembaban udara serta menyerap debu dan polusi untuk membantu sistem pernapasan agar lebih baik.

Manfaat Tanaman Sirih Gading

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sirih gading memiliki kandungan manfaat yang sangat berguna bagi lingkungan sekitarnya. Untuk memperjelas informasi mengenai hal tersebut, di bawah ini sudah dijelaskan ulasan lengkap dan mendetailnya.

1. Meningkatkan Kelembaban Udara

Meningkatkan Kelembaban Udara

Manfaat pertama dari tanaman sirih gading yakni mampu meningkatkan kelembaban udara. Anda bisa menempatkannya di dalam ruangan untuk menurunkan risiko flu dan pilek. Bagaimana bisa? Karena virus penyebab kedua penyakit tersebut tidak bisa berkembangbiak jika udara dalam ruangan lembab.

Baca Juga :   6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, manfaat lain dari kelembaban udara yakni membantu menjaga kulit agar tidak mengalami dehidrasi atau kekeringan yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Tidak hanya itu, udara yang lembab juga menurunkan risiko alergi, polusi udara, serta debu berbahaya.

2. Menyerap Debu dan Polusi

Menyerap Debu dan Polusi

Manfaat kedua dari tanaman sirih gading yakni membantu menyerap debu dan polusi. Jika diletakkan di dalam ruangan, udara akan terjamin kebersihannya, sehingga sangat baik bagi kesehatan pernapasan anggota keluarga. Tidak hanya itu, tanaman ini juga memiliki kandungan oksigen cukup bagus.

Kandungan oksigen tersebut membantu menjaga sirkulasi udara agar tetap terjaga dengan baik. Menurut penelitian, tanaman ini dapat menghilangkan berbagai jenis polutan, seperti toluena, karbon monoksida, benzene, xilena, dan formaldehida yang berada di udara.

Cara Menanam Sirih Gading

Bagi Anda yang tertarik untuk menghiasi rumah dengan tanaman hias ini, pasti harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara penanaman dan perawatannya yang benar. Oleh karena itu, simak ulasan langkah-langkah yang paling tepat agar bisa menanam sirih gading dengan sukses di bawah ini.

1. Memperhatikan Kondisi Tanah

Kondisi Tanah

Setiap tanaman memiliki syarat tumbuh yang berbeda-beda. Biasanya ini dipengaruhi oleh keadaan sekitar, media tanam, dan keasaman tanah yang digunakan. Namun, tanaman sirih gading sangat toleran terhadap berbagai jenis tanah dengan kondisi asam serta basa yang beragam.

Jadi, Anda tidak perlu bingung menentukan kondisi tersebut jika ingin menanam tanaman ini. Jika ingin menanamnya di pot, pastikan untuk menggunakan campuran pot gambut serbaguna yang dapat mengalir secara baik guna membantu pertumbuhannya agar bisa sesuai ekspektasi.

2. Memperhatikan Kebutuhan Sinar Matahari

Kebutuhan Sinar Matahari

Setiap tanaman pastinya membutuhkan sinar matahari untuk membantu mereka menjalankan proses fotosintesis guna memproduksi makanan. Sama halnya dengan tanaman sirih gading ini. Anda perlu menempatkannya di tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari namun tidak terlalu terik.

Baca Juga :   5 Jenis Tanaman Janda Bolong dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Jika ingin meletakkannya di dalam ruangan, pastikan kebutuhan cahaya mataharinya cukup agar tidak membuat tanaman kekurangan nutrisi sehingga menghambat pertumbuhannya. Anda bisa menempatkannya di dekat jendela atau tempat lain yang memiliki intensitas sinar matahari bagus.

3. Melakukan Perawatan dengan Baik

Perawatan

Cara menanam selanjutnya yakni dengan memberi perawatan lanjutan pada tanaman sirih gading, seperti pemberian air, pupuk tambahan, dan lain sebagainya. Penyiraman tumbuhan ini tidak perlu terlalu sering, karena sirih gading sendiri sangat toleran terhadap kekeringan. Mungkin intensitasnya cukup sekali dalam seminggu.

Sedangkan pemberian pupuk dilakukan satu hingga dua kali pada musim tanam saja. Anda tidak perlu memberikan tambahan nutrisi ini secara terus menerus, karena sirih gading tidak terlalu membutuhkan pupuk. Pupuk hanya diberikan untuk menambah unsur hara yang ada pada tanah supaya pertumbuhan tanaman semakin bagus.

Itu tadi informasi berkaitan dengan manfaat tanaman sirih gading dan cara menanamnya menurut situs BonsaiKita.com. Jangan bingung lagi jika ingin menghiasi hunian dengan berbagai jenis tanaman. Ketahui beragam informasi tanaman hanya di situs ini.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News