3 Jenis Tanaman Miana dan Manfaatnya

Diposting pada

Tanaman miana merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mudah sekali dijumpai di Indonesia. Umumnya tumbuhan ini memiliki tiga jenis yang seringkali ditanam oleh masyarakat. Selain memberikan keindahan, miana juga mengandung banyak khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia.

Jenis Tanaman Miana

Miana memiliki beberapa jenis yang banyak ditanam oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, pecinta tanaman hias harus mengetahui ketersediaan jenis-jenis tersebut untuk memudahkan dalam menentukan selera dan keinginan. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

1. Miana Rainbow

Jenis pertama ada Miana Rainbow. Jenis ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena memiliki ciri khas yang unik dengan warna daun yang terdiri dari lima warna seperti pelangi sesuai dengan namanya, yaitu hijau, kuning, merah, coklat, kehitaman, dan ungu.

Jenisnya juga ada banyak, sehingga Anda lebih leluasa melakukan pemilihan sesuai dengan selera. Selain itu, pecinta tanaman akan mudah membedakan jenis ini karena memiliki ukuran daun dan warna yang dominan atau mencolok diantara kombinasi warna lain yang ada pada daunnya.

2. Miana Wizard

Miana Wizard

Jenis tanaman miana selanjutnya adalah Miana Wizard. Varietas ini juga memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, ada jade, golden, scarlet, coral, velvet red, dan juga coral sunrise. Namun, semuanya masih tergolong ke dalam kelompok yang sama. Jadi, tidak perlu susah-susah lagi membedakannya.

Adapun ciri khas yang dimiliki oleh Miana Wizard ini yang akan memudahkan Anda membedakannya dengan jenis lainnya, yakni bentuk daunnya yang lebih runcing. Pada bagian dalamnya berwarna keunguan di bagian dalamnya dan berwarna hijau di pinggiran daunnya.

Baca Juga :   8 Jenis Tanaman Gantung yang Indah dan Cantik Untuk Hiasan

3. Miana Rasta

Miana Rasta

Jenis Miana selanjutnya ada dari Rasta. Jenis ini banyak sekali diburu karena memiliki keunikan yang mencolok pada warnanya. Miana Rasta terdiri dari tiga kombinasi warna, yaitu kuning, hijau, dan merah yang akan membuat tampilannya terlihat cantik seperti namanya.

Selain itu, jenis ini termasuk ke dalam tanaman hias premium karena dijual dengan harga yang tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya. Tentu hal itu sepadan dengan apa yang akan didapatkan oleh pecinta tanaman. Apalagi tampilannya yang dapat memikat siapapun tidak membuat rugi pembelinya.

Manfaat Tanaman Miana

Seringkali menjadi tanaman hias yang hanya berfungsi sebagai hiasan untuk mempercantik halaman rumah. Ternyata miana banyak mengandung khasiat luar biasa yang sangat berguna bagi kesehatan. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Mengatasi Hipertensi

Mengatasi Hipertensi

Manfaat paling utama dari tanaman miana adalah membantu mengatasi darah tinggi. Penyakit ini menyerang banyak orang tidak mengenal usia. Masalah ini biasanya timbul dari pola makan dan hidup yang tidak sehat. Bahkan, saking populernya penyakit ini, hampir semua orang dewasa mengidapnya.

Dalam hal ini, daun miana akan membantu menurunkan tekanan pada darah terutama bagi penderita hipertensi. Hal ini terjadi karena peran kandungan forskolin yang ada di dalam tanaman ini membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga peredaran darah pun menjadi lebih lancar.

2. Mencegah Glukoma

Mencegah Glukoma

Manfaat selanjutnya dari miana yakni membantu dalam mencegah glukoma. Masalah ini terjadi pada mata karena adanya tekanan yang berlebih pada indra penglihatan tersebut. Jika dibiarkan, maka akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan penerimaan nutrisi menjadi berkurang.

Jika dibiarkan tanpa diobati, kemungkinan akan terjadi kerusakan secara permanen pada mata hingga memicu kebutaan pada penderitanya. Oleh karena itu, konsumsi daun miana akan sangat membantu karena memiliki kandungan forskolin yang bisa menurunkan tekanan intraokular selama beberapa jam.

Baca Juga :   7 Jenis Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Juga Manfaatnya

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Tanaman miana dapat memberikan manfaat kepada pengkonsumsinya yang sedang melaksanakan program diet. Selama diet  atau proses penurunan badan, sebaiknya gunakan prosedur yang baik agar tidak menimbulkan masalah atau efek samping pada  kesehatan. Caranya dengan mengkonsumsi makanan-makanan alami.

Anda bisa menjadikan miana sebagai alternatif untuk mempercepat proses penurunan berat badan terutama bagi penderita obesitas. Hal ini terjadi karena miana mengandung forskolin yang dapat membantu meningkatkan produksi enzim adenilat siklase. Enzim ini berperan penting mendorong pembakaran sel-sel lemak dan melepaskan energi yang tersimpan.

Itu tadi informasi berkaitan dengan jenis dan manfaat tanaman miana yang harus diketahui masyarakat menurut situs BonsaiKita.com. Sekarang Anda bisa mempercantik tampilan halaman rumah sembari memperoleh manfaat yang terkandung di dalam tanaman ini bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News