BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

26 September 2022

Asia ialah negeri legenda. Banyak cerita bagus yang dikisahkan secara turun-temurun. Asia jadi rumah untuk banyak fenomena.

Dan salah satunya fenomena itu ialah Bunga Youtan Poluo atau Bunga Udumbara. Kerap disebutkan bunga dari surga, bunga yang mekar 3000 tahun sekali.

Bunga Udumbara memiliki ukuran diameter cuma 1 mm. Dikenali dengan wewangiannya yang memancar, seperti wangi cendana yang enteng tetapi berasa terang.

Selainnya Udumbara dan Youtan Poluo, nama lain bunga ini ialah Udonge.

Sejarah Bunga Udumbara

Sejarah Bunga Udumbara
Sejarah Bunga Udumbara

Darimanakah bunga ini berasal?

Berbeda narasi dengan bunga-bunga lain di dunia, yang dapat di-claim sebagai keunikan satu negara.

Bunga udumbara menyebar di penjuru dunia. Dan tidak ada negara yang mengeklaim jika bunga ini ialah bunga negara mereka.

Bentuk Bunga Udumbara

Ukuran kecil dan Bentuk cukup lembut dan kelihatan ringkih. Bunganya parasit dan bergantung dan melekat pada daun lain.

Bunga kecil berwarna putih yang cantik ini cuma dapat terdeteksi jika kita cermat memperhatikan dari jarak dekat, atau menyaksikan dengan lensa pembesar.

Tempat Tumbuh

Pada media apa ya bunga Youtan Poluo ini dapat tumbuh? Menariknya, youtan poluo dapat tumbuh menebar dimanapun. Bukan hanyadi tanah; tetapi juga bisa di kaca, kayu bahkan juga di logam sekali juga. Dapat bertahan dengan melekat seperti parasit.

Kekhasan yang lain, bunga kuat ini dapat tumbuh di semua cuaca. Dapat pada suhu panas, dingin, atau lembab.

Tidak salah bukan jika banyak yang menjuluki bunga ini sebagai bunga dari surga?

Kamu tentu seringkali rasakan wanginya minyak wangi. Yakin gak jika wangi Bunga Udumbara ini dapat melewati harum minyak wangi?

Jika kamu mendapati bunga ini, kamu dapat simpan di dalam ruang. Dan rasakan wewangian wanginya akan isi semua ruang dalam saat yang lumayan lama.

Tidak boleh menyepelekan memiliki bentuk yang tidak menarik ya. Saksikan performanya yang unik. Saat kamu telah mencium wanginya, kamu akan terpikat dengannya.

Youtan Poluo di Cina

Di tahun 2010, seorang biarawati Cina di Propinsi Jiangxi memberikan laporan bunga ini tumbuh di tempat tinggalnya. Miao Wei menceritakan, bunga-bunga putih ini diketemukan tumbuh di bawah mesin cucinya saat ia sedang beres-beres.

Awalannya ia menduga itu ialah telur serangga. Tetapi di hari selanjutnya, ia memperoleh bunga mekar dan menyebarkan berbau wangi.

Seorang petani di Propinsi Liaoning timur laut China, namanya Ding, sempat juga mendapati bunga pada tahun 2007. Ia menyaksikan bunga Youtan Poluo ini tumbuh di sejumlah pipa logam di halamannya.

Masyarakat Teipei Chen Guodong sempat juga terhibur dengan munculnya bunga imut yang wangi ini. Warga disitu terlihat semangat menyaksikan bunga sangat jarang yang tumbuh di salah satunya rumah masyarakat.

Youtan Poluo di Korea

Dari demikian narasi munculnya bunga Youtan Poluo, peristiwa bunga Udumbara yang paling trending di dunia ialah di Chonggye-sa Temple di Seoul, Korea Selatan, tahun 1997.

Bunga Udumbara tumbuh berkembang di dahi Patung Budha. Bunga ini jadi kelihatan demikian spesial, dengan tumbuh cantik di muka patung suci itu.

Yang membuat kejadian ini jadi makin ramai ialah, tahun 1997 ialah tahun ke 3024 semenjak tuntunan Budhisme ada pertama kalinya.

Beragam catatan yang ada dalam kitab-kitab kuno, disebutkan jika akhir kali bunga youtan poluo itu mekar saat sebelum kelahiran Budha Gautama.

Bunga Udumbara di Indonesia

Bagaimana di Indonesia? Apa bunga sangat jarang yang wanginya merebak ini tumbuh di Indonesia?

Dikutip di indonesia.go.id, Bunga Udumbara pernah membuat ramai masyarakat Jimbarab Bali pada tahun 2016. Kadek Suardana memperoleh ranting pohon jeruk gagang pintu tempat tinggalnya banyak bunga youtan poluo.

Pria itu, karena percana dengan peruntungan, simpan bunga itu sekian tahun lama waktunya. Karena percaya seyakin-yakinnya, peruntungan juga berpihak pada dianya.

Sejak simpan bunga dari surga ini, Suardana menceritakan, ekonomi keluarganya alami kenaikan.

Cerita selanjutnya terjadi di wilayah Kelurahan Guntung Manggis, Kabupaten Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Rizki Amelia demikian kagum menyaksikan dinding ruangan kerjanya yang dengan bahan baja banyak Udumbara.

Youtan Poluo dalam Mitologi Budha

Bunga udumbara, dalam mitologi Budha, ialah bunga yang bawa karunia dan peruntungan untuk siapa yang mendapatinya.

Kedatangan bunga udumbara, dalam legenda Budha, dihubungkan akan hadirnya Raja Suci Pemutar Roda si Pelurus Dharma (hukum kepribadian) di dunia.

Raja itu akan terima siapa saja dari tiap affiliate agama dan tawarkan keselamatan untuk semuanya orang lewat belas kasih. Begitu disebut dalam tulisan suci Budhiisme.

Tidak Bisa Diperkembangbiakkan

Bunga Udumbara ini benar-benar imut, unik, dan wangi. Tetapi sayang, tidak bisa kita kembang biakkan. Serta tidak ada riset yang bisa meningkatkan bunga yang bisa disebut nyaris musnah ini.

Beberapa orang yang mendapati bunga udumbara, sejauh ini dipandang sudah mendapati keberuntungannya.

Beberapa Fakta Berkenaan Bunga Udumbara

  1. Dipercaya mekar cuma dalam tiap 3.000 tahun, kabarnya mengidentifikasi kehadiran raja kerajaan.
  2. disebutkan jika bunga sangat jarang ini ialah lambang reinkarnasi raja kerajaan, yang tidak lain ialah si Buddha tersebut.
  3. Menurut kitab Buddha, bunga-bunga ini menyimbolkan keabadian.
  4. Nama lokal bunga ini di Cina, ialah Udumbara.
  5. Bukan hanya di Cina, narasi rakyat India mempunyai narasi sama yang tersebar, persisnya mengenai inkarnasi seorang raja arif yang menarik merunjuk ke Si Buddha.
  6. Udumabara dengan bahasa Sansekerta memiliki arti bunga peruntungan yang turun dari surga.

Bagaimana menurutmu bunga Youtan Poluo ini? Menarik dengarnya?

Saat ini kamu sudah mengetahui berkenaan asal, Bentuk, wangi, warna, dan tempat tumbuh Bunga Udumbara.

Rupanya bunga ini diketemukan di beberapa tempat di dunia. Namun karena memiliki bentuk yang paling kecil dan jarang-jarang diketemukan, karena itu bunga ini dipandang bunga sangat jarang yang nyaris musnah.

Mudah-mudahan saja selekasnya ada riset yang dapat membuat dapat dikembang biakkan ya.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News