Pengertian, Cara Kerja Serta Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Berinvestasi Reksadana Pasar Uang

Diposting pada

Reksadana Pasar Uang – Di zaman sekarang, investasi merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh berbagai kalangan. Investasi sendiri adalah sebuah proses penanaman modal dengan harapan akan mendatangkan keuntungan sebagai dana untuk masa depan. Reksadana pasar uang adalah salah satu jenis investasi yang digunakan karena dinilai memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan jenis investasi lainnya.

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis investasi. Anda bisa memilih jenis produk investasi yang paling dikuasai. Namun, tahukah Anda bahwa investasi reksadana ini merupakan jenis investasi yang paling mudah dan mampu mendatangkan keuntungan?

Apa itu Reksadana Pasar Uang?

Meskipun banyak memberikan keuntungan untuk investor, tetapi ternyata jenis investasi yang satu ini masih awam di kalangan umum. Pada dasarnya, reksadana adalah sebuah produk investasi yang berasal dari perkumpulan dana pemodal yang diolah menjadi investasi ke dalam bentuk portofolio efek seperti pasar uang, obligasi, saham, dan jenis efek lainnya.

Sedangkan yang dimaksud dengan Reksadana pasar uang adalah salah satu jenis reksadana yang dimana instrumen investasinya ditujukan pada efek yang bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun. Dan dari jenis Reksadana lainya yaitu Reksadana pendapatan tetap, Reksadana campuran dan Reksadana saham, Reksadana pasar uang ini adalah yang paling diminati karena dianggap rendah risiko.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di reksadana pasar uang ini maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Cara Kerja Reksadana Pasar Uang

Dalam berinvestasi reksadana, diperlukan berbagai pemahaman agar bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Salah satu materi yang harus Anda kuasai adalah tentang cara investasi reksadana pasar uang. Dengan demikian, mari simak ulasan lengkap berikut ini untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana cara kerja dari reksadana pasar uang secara garis besarnya. 

  • Manajer investasi akan mengumpulkan dana dari nasabah.
  • Dari total dana tersebut, selanjutnya akan diinvestasikan ke instrumen investasi yang sudah disepakati sebelumnya.
  • Lalu nasabah akan menerima laporan investasi dari manajer investasi secara berkala. Laporan tersebut berisi tentang komposisi aset, kinerja produk, dan juga portfolio efek.

Tidak hanya memahami bagaimana cara kerja reksadana pasar uang secara umum, tetapi Anda juga harus paham apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula saat memulai berinvestasi.

8 Kesalahan dalam Berinvestasi Reksadana Pasar Uang

Berikut ini adalah 8 kesalahan yang sering terjadi dan harus dihindari oleh pemula dalam berinvestasi reksadana pasar uang. 

  1. Tidak melakukan diversifikasi investasi.
  2. Melihat kinerja jangka pendek.
  3.  Tidak memperhatikan prospektus yang merupakan dokumen resmi yang sudah disetujui oleh regulator. Prospektus ini akan menjelaskan tentang investasi, legalitas, biaya, hingga apa saja risikonya.
  4. Tidak membeli secara online yang memberikan kemudahan dalam prosesnya dan biaya yang lebih terjangkau.
  5. Tidak mengetahui apa saja risiko berinvestasi reksadana.
  6. Sering mengulur waktu.
  7. Salah pilih jenis reksadana.
  8. Tidak memiliki tujuan investasi, sehingga investasinya tanpa arah.

Nah setelah mengenal 10 kekeliruan yang sering dilakukan oleh investor reksadana, kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah hadir Investasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures yang akan memberikan kemudahan serta solusi untuk Anda melalui DBS UT Saving Plan.

Investasi Reksadana Bersama DBS Treasures

Kini Anda sudah mengetahui apa itu reksadana pasar uang dan bagaimana cara kerjanya. Jika Anda sudah yakin untuk mulai terjun ke dunia investasi, Anda bisa memulai dengan menjadi investor reksadana pasar uang di DBS Treasures. DBS Treasures sebagai priority banking kini menyediakan layanan investasi Reksadana Berkala melalui fasilitas UT Saving Plan yang cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi.

Tentunya keuntungan yang akan Anda dapatkan sangat memuaskan, Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini untuk mengetahui apa saja fitur dan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika berinvestasi melalui UT Saving Plan dari DBS Treasures sebagai priority banking terbaik.

1. Investasi Secara Konsisten

Keunggulan pertama dari produk DBS Treasures yang satu ini adalah Anda bisa melakukan investasi secara konsisten. Anda tidak akan terpengaruh oleh fluktuasi pasar dalam kepuasan investasi. Selain itu, dana Anda akan didebet langsung per bulannya.

2. Fleksibilitas Tinggi

Selain bisa membuat Anda berinvestasi secara konsisten, Anda juga dapat menentukan nilai investasi dan tanggal pendebetan sesuai dengan preferensi. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk mengatur tanggal serta jumlah pendebetan dari rekening ke investasi reksadana yang bersangkutan. Anda pun bisa dengan melakukan pengaturan secara online pada Aplikasi digibank by DBS.

3. Pilihan Produk Komprehensif

Reksadana UT Saving Plan menjadi produk lengkap untuk Anda yang masih awam di dunia investasi. Kenapa demikian? Hal ini karena Investasi Reksadana Berkala memiliki pilihan produk yang komprehensif mulai dari saham hingga pasar uang, baik itu dalam mata uang dolar AS maupun mata uang rupiah. 

4. Dikelola Profesional

Reksadana pasar uang dari DBS Treasures ini akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional serta memiliki kinerja yang optimal di bidangnya.

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, investasi reksadana pasar uang merupakan cara yang paling tepat. Oleh karena itu, segera daftarkan diri Anda menjadi bagian dari nasabah DBS Treasures dan pilih produk yang Anda inginkan sekarang juga. Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *