pot bonsai

Pot Bonsai

Diposting pada

Pot Bonsai – Pot bonsai menjadi salah satu faktor penting yang menunjang pertumbuhan dan keindahan tanaman bonsai. Pemilihan pot yang sesuai akan membuat bonsai terlihat lebih menarik. Namun, sebaliknya jika Anda salah dalam memilih pot bonsai yang seharusnya mahal bisa jadi turun harganya.

Pot yang diperuntukkan bagi tanaman bonsai biasanya memiliki lubang drainase untuk menunjang proses pengairannya. Selain itu, bentuk pot juga menentukan apakah media penunjang pertumbuhan seperti kawat atau batu bisa ditambahkan ke dalamnya atau tidak.

Bahan Dasar Pot Bonsai

(Foto : Pinterest)

Sebuah pot bonsai dibikin menggunakan bahan bahan tertentu yang mempunyai beberapa kelebihan serta kekurangan, anda bisa memilih beberapa macam yang disesuaikan dengan kondisi anda:

1. Polybag

Dibuat dari plastik mempunyai ketebalan yang minim hingga cuman bisa dipakai dalam waktu terbatas, umumnya cuman dipakai sebagai proses penyemaian atau pembesaran bonsai sebentar.

2. Pot Tanah Simak

Pot tanah liat dibikin dengan dibuat memakai tangan dan alat tertentukemudian lewat proses pengeringan dan pembakaran selanjutnya umumnya dicat atau dikeramik kerap dikatakan sebagai pot keramik.

3. Pot Semen

Pot semen dibikin memakai langkah bikin atau manual umumnya memakai bahan dasar pasir dan semen bahkan juga dapat diperkokoh memakai kerangka kawat atau besi.

4. Pot Plastik

Pot plastik umumnya dibuat pabrik dengan mode dan ukuran yang ditetapkan pabriknya dengan beberapa pilihan hingga kita cukup membeli sama ukuran tertentu. Pot plastik mempunyai haarga yang condong ekonomis dan mempunyai ketahanan semakin lama dibandingkan pulybag.

5.Pot Batu Alam

Pot yang ini umumnya didapat hasil dari atau proses alam dan didapat lewat penelusuran dengan wujud dan watak tertentu hingga dapat jadi tempat tanaman, bahkan juga dapat dibikin dengan manual memakai teknik pahat membuat wujud pot tertentu.

  • Baca Juga : 27 Jenis Bonsai Terbaik

Itulah bahan-bahan dasar pot bonsai yang telah diringkas situs bonsaikita.com, selain memahami bahan dasar pot bonsai kita juga perlu paham cara memilih pot bonsai yang tepat.

3 Cara Memilih Pot Bonsai yang Tepat

(Foto : Pinterest)

Jika Anda hanya sekadar membeli pot untuk tanaman bonsai, maka tanpa sadar Anda sudah merusak tanaman tersebut karena tidak menyediakan tempat yang layak untuk tumbuh. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, lebih baik Anda mengikuti tips pemilihan pot untuk bonsai berikut ini.

1. Memperhatikan Jenis Bonsai

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli pot baru untuk bonsai Anda adalah dengan memperhatikan jenis tanamannya. Perhatikan apakah tampilan bonsai Anda cenderung ke maskulin atau feminin. Nah, jika bonsai memiliki dua tampilan tersebut, temukan tampilan yang terlihat lebih dominan.

Ini bisa dikatakan cara utama untuk menentukan seperti apa pot yang sesuai. Bonsai dengan tampilan maskulin pada umumnya memliki batang yang tebal dan kuat, kulit kayu yang tua, dan cabang-cabangnya tumbuh dengan lebat.

Sementara itu, bonsai dengan tampilan feminin sangat lekat dengan batang yang berlekuk dan kulit pohon yang halus. Bonsai juga memiliki cabang yang jarang sehingga terlihat lebih anggun.

2. Menentukan Ukuran Pot yang Sesuai

Hal lain yang sangat penting ketika Anda memlilih pot bonsai agar mendapatkan yang tepat adalah dengan memperhatikan ukurannya. Pot dengan bentuk persegi panjang pada umumnya memiliki tinggi 2/3 dari tinggi pohon bonsai.

Sementara itu, pot dengan bentuk persegi atau bundar biasanya tingginya adalah 1/3 dari tinggi pohon bonsai, kecuali jika tanaman bonsai milik Anda daun-daunnya sudah mulai tumbuh besar dan keluar dari ukuran bonsai standar pada umumnya.

Orang sering menggunakan bantuan panci pot untuk mengukur tinggi pohon bonsai. Untuk mengganti ke pot baru, panci paling tidak tingginya harus sama dengan batang yang terlihat di atas nebari. Jika bonsai sudah tumbuh besar, maka butuh pot yang lebih lebar dan ini biasanya sudah dikurangi dengan tinggi pot.

3. Memilih Desain Pot yang Cocok dengan Jenis Bonsai

Pot yang tepat harus sesuai dengan sisi maskulinitas atau feminitas yang ditunjukkan oleh bonsai. Bentuk pot entah itu bulat, persegi, oval, persegi panjang, cekung atau cembung akan tergantung dengan seberapa feminin atau maskulin tampilan bonsai Anda.

Bonsai dengan tampilan maskulin sangat cocok dengan pot yang dalam dan memiliki sudut. Selain itu, pot untuk bonsai maskulin hadir dengan garis sisi yang bersih dan kaki-kaki yang gagah untuk menunjang karakternya.

(Foto : Pinterest)

Nah, bonsai feminin lebih cocok dengan jenis pot yang berbentuk bundar dengan cekungan ke dalam yang cukup ramping dan rendah serta memiliki garis-garis sisi yang terlihat lembut. Hal paling dasar adalah memastikan glasir pada pot yang warnanya bisa terlihat di pohon.

Tak heran jika, warna-warna alam seperti coklat dan abu-abu yang tidak ada pada goresan menjadi salah satu pilihan paling umum.

Nah, itu dia pemhaman terkait bahan dasar pot bonsai & tiga cara yang paling penting diperhatikan ketika Anda ingin membeli pot bonsai. Dengan mempraktikan cara-cara tersebut, Anda bisa mendapatkan pot yang sesuai dengan karakteristik bonsai sehingga tampilannya tidak hanya maksimal namun pertumbuhannya juga optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *