Pengertian Tanaman Porang dan 3 Manfaatnta untuk Kesehatan

Pengertian Tanaman Porang – Masih asing dengan tanaman porang? Rupanya tanaman tipe umbi-umbian ini sebagai bahan pembikinan shirataki loh!

Beberapa lalu, porang sempat jadi perhatian Presiden Joko Widodo. Beliau ngomong porang menjadi komoditas export baru yang memberi keuntungan tinggi.

Jokowi mengharap Indonesia dapat mengekspor porang berbentuk bahan 1/2 maka tidak cuma bahan mentah.

Pengertian Tanaman Porang

Pengertian Tanaman Porang
Pengertian Tanaman Porang

Porang ialah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Porang juga dikenal bernama iles-iles. Manfaat tanaman porang satu diantaranya untuk bahan baku tepung.

Tanaman porang tengah terkenal dibahas warga, karena cerita sukses petaninya. Petani porang di dusun Kepel, Jawa Timur, sukses jadi miliader karena usaha export porang.

Manfaat Tanaman Porang

Mencuplik dari beragam sumber, porang mempunyai banyak Manfaat untuk badan yang ada karena kandungan didalamnya.

Lalu, apa ya kandungan yang ada didalamnya? Baca Manfaat tanaman porang untuk kesehatan berikut:

1. Pas untuk Diet dan Kaya Serat

Tanaman porang dapat dipakai untuk bahan tepung alternative karena kaya glukomanan. Saat dibuat jadi makanan, glukomanan ini dapat menjadi pengental alami.

Untuk tersebut, kandungan ini penting dalam industri makanan karena serat alaminya dapat menjadi alternatif agar-agar, perlambat pengosongan perut, dan percepat rasa kenyang.

Menurut study di Obesity, A Research Journal, kandungan glukomanan dapat turunkan berat tubuh karena bekerja dengan kurangi konsumsi kalori yang masuk ke badan.

2. Mengatur Gula Darah di Dalam Badan

Kandungan glukomanan bisa juga menolong mengontrol kandungan gula darah.

Diambil dari riset di jurnal Diabetes Research and Clinical Practice, jika glukomanan dapat mengatur kandungan gula darah pada pasien diabetes.

Baca Juga :   8 Jenis Tanaman Merambat untuk Menghiasi Rumah

Glukomanan bekerja dengan tekan produksi hormon ghrelin yang disebut hormon penyebab rasa lapar.

Dampaknya, selera makan lebih teratasi, hingga peresapan karbohidrat jadi melamban dan membuat gula darah tidak naik secara mencolok.

Riset dalam Journal Care memperlihatkan jika pemberian umbi porang pada pasien Diabetes Mellitus type 2 mempengaruhi pengurangan kandungan glukosa dan profile lemak mereka.

3. Turunkan Cholesterol Badan

Dalam study di The American Journal of Clinical Nutrition disebut jika tanaman porang sanggup menolong turunkan cholesterol.

Kandungan glukomanan bisa dibuktikan dapat turunkan jumlah cholesterol keseluruhan, trigliserida, dan LDL.

Untuk HDL (cholesterol baik) tidak dipengaruhi yang mengandung yang ini.

Disamping itu, glukomanan tingkatkan jumlah kandungan cholesterol yang nanti akan dikeluarkan lewat feses, hingga membuat jumlah cholesterol yang ada pada darah menjadi lebih sedikit.

Walau banyak memiliki Manfaat, tetapi menurut Journal Sirinov kandungan asam oksalat dan kristal CaOX (kalsium oksalat) dalam umbi ini mempunyai potensi menyebabkan rasa pahit dan gatal.

Karena itu, dalam konsumsi porang jangan terlalu berlebih dan harus diproses secara benar.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News