BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

26 September 2022

Membuat Vas Bunga dari Tanah Liat – Kamu ingin menghiasi rumah dengan vas bunga elok? Tak perlu keluar uang untuk membeli, kok! Yok, turuti langkah membuat vas bunga dari tanah liat berikut!

Memiara tanaman hias di dalam rumah pasti benar-benar membahagiakan dan buat rumah kelihatan lebih fresh. Apa lagi, jika kamu punyai vas bunga dengan wujud yang elok, tentu siapa saja yang menyaksikannya jadi takjub.

Sebetulnya vas bunga dapat kita membeli dengan gampang di beberapa online shop yang berada di e-commerce atau Instagram. Tetapi, pasti lebih asyik bila kita dapat membuat sendiri di dalam rumah kan?

Ya… sekaligus habiskan waktu luang di dalam rumah! Untuk kamu yang ingin ekspresikan kreasi, yok coba langkah membuat vas bunga dari tanah liat berikut!

Alat dan Bahan

Hal pertama kali yang harus kamu siapkan, sudah pasti alat dan berbahan, donk! Berikut alat dan bahan untuk membikin vas bunga:

  • Tanah liat basah seperlunya (kurang lebih 1 kg-an)
  • Minyak goreng sebagai pelumas.
  • Cat dan kuas.
  • Meja putar (bila ada)
  • Air secukupnya.
  • Tripleks sebagai alas.

Apabila sudah mempersiapkan alat dan berbahan, waktunya berkreatifitas memakai tanah liat!

Langkah Membuat Vas Bunga dari Tanah Liat

Membuat Vas Bunga dari Tanah Liat
Membuat Vas Bunga dari Tanah Liat

Merilis dari beragam sumber berikut langkah membuat vas bunga dari tanah liat.

1. Menyisihkan Bongkahan Tanah Liat

Dari keseluruhnya tanah liat yang sudah kamu persiapkan, pasti kamu tidak memakai semua secara sekalian kan?

Nah, kamu dapat pisahkan bongkahan tanah liat itu jadi dua sisi. Nanti bongkahan yang tidak dipakai dapat digunakan untuk membikin hiasan tambahan pada vas tanaman.

2. Bulatkan Bongkahan Tanah Liat

Sesudah pisahkan bongkahan tanah liat, cara setelah itu membuat satu bongkahan jadi bundar seperti bola.

Kamu dapat memutar-mutar bongkahan itu memakai tangan sampai seperti wujud bundar. Bila tidak, kamu dapat memutar-mutarnya di atas alas tripleks.

3. Membolongi Vas Bunga

Selanjutnya, memakai jempol, lubangilah sisi tengah tanah liat secara perlahan-lahan. Triknya, bikinlah lubang kecil lebih dahulu memakai jempol.

Lalu, memakai satu tangan yang lain sebagai alas, putarlah tanah liat sampai lubang menjadi membesar. Bila tanah liat berasa keras, oleskanlah air atau sedikit minyak sebagai pelumas.

4. Membuat Leher Vas Bunga

Seterusnya, mengambil sepotong tanah liat dari bongkahan yang belum kepakai. Selanjutnya bikinlah sepotong potongan tanah liat itu jadi berwujud lonjong.

Lalu, rekatkanlah potongan yang sudah gepeng tertera di atas vas bunga yang sudah dilubangi sisi tengahnya.

Lakukan hal sama untuk ke-2 kalinya, supaya leher vas bunga jadi kelihatan tinggi. Agar kelihatan lebih rapi, ratakanlah sisi luar vas bunga memakai tangan.

5. Membuat Vas Bunga

Kamu tentu ingin vas bunganya mempunyai wujud yang memikat kan? Nach, mumpung tanah liatnya belum jadi kering, coba kamu wujud sisi corong dan leher memakai tangan.

Balurilah permukaan vas bunga memakai sedikit air bersih atau minyak supaya lebih gampang dibuat.

6. Membuat Hiasan

Kemudian, ambil sepotong dari bongkahan tanah liat yang belum dipakai untuk membikin hiasan.

Kamu dapat membuat potongan tanah liat itu jadi wujud daun, bunga, atau wujud yang lain sama sesuai kreasi kamu. Tak perlu batasi khayalan kamu ya!

7. Mengecat Vas Bunga

Cara paling akhir, tinggal mengecat vas bunga yang sudah kita bikin. Triknya, coleklah cat memakai kuas yang sudah kita persiapkan.

Berkenaan opsi warna, kamu dapat memakai warna favorite kamu atau memakai warna yang ceria, seumpama putih atau merah muda.

Catlah semua permukaan vas bunga secara rapi. Kamu bisa juga memakai banyak warna supaya performa vas tanaman kelihatan makin menarik.

Kemudian, jemurlah vas bunga sampai jadi kering saat sebelum menempatkan tanaman bunga dalam vas itu.

Nah, itulah informasi dari web BonsaiKita.com mengenai langkah membuat vas bunga dari tanah liat. Semoga bermanfaat ya guys!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News