Media Tanam

Diposting pada

Media Tanam – Media tanam bonsai tidak asal-asalan memakai memakai media yang ada, tapi harus memenuhi beberapa keadaan jika media barusan pantas buat jadi media tanam bonsai. Keadaan media tanam bonsai yang harus disanggupi salah satunya: dapat meresap dan meredam air yang masuk ke media tanam secara baik.

Tanaman bonsai biasanya dipiara dalam pot yang berupa gepeng dan cukup tipis. Oleh karenanya, media tanam yang sanggup dimuat oleh pot itu juga benar-benar terbatas. Mengakibatkan, tanaman yang dikerdilkan ini memiliki stok gizi yang terbatas. Tanaman juga jadi lebih peka pada air, baik itu air siraman atau air hujan.

Karena itu, budidaya tanaman ini memerlukan media yang khusus supaya sanggup memberikan dukungan hidupnya. Media tanam harus memiliki kandungan gizi dan bahan organik yang memenuhi keperluan tanaman tersebut. Ada banyak persyaratan yang bisa jadi parameter apa satu media tanam pantas dipakai untuk tanaman bonsai atau mungkin tidak.

Media tanam untuk bonsai biasanya dibikin dari kombinasi tanah, pasir, dan pupuk kandang. Bagaimanakah cara pilih tanah, pasir, dan pupuk kandang yang baik untuk tanaman bonsai? Yok, baca penjelasannya di bawah ini.

Media Tanam yang Seuai untuk Bonsai

media tanam bonsai
Media Tanam

1. Tanah

Tanah jadi media tanam yang paling dasar untuk tanaman bonsai. Anda dapat memakai tanah yang subur dan gembur. Ciri-cirinya diantaranya tanah warna cokelat kehitaman, teksturnya tidak begitu padat, dan terdapat banyak cacing didalamnya. Tanah semacam ini dapat Anda peroleh di kebun, persisnya di bawah pohon-pohonan. Tetapi, saat sebelum dimasukkan pada pot, tanah ini perlu dibikin bersih lebih dulu.

2. Pupuk

Pupuk sebagai sumber gizi untuk tanaman bonsai. Umumnya dipakai pupuk kandang dibanding pupuk kompos. Pupuk yang digunakan harus ditegaskan keadaannya telah masak prima, warna kehitam-hitaman, dan tidak bau menusuk. Jumlah pupuk yang dipakai perlu disamakan dengan tipe tanaman bonsai.

Ada saatnya tanaman memerlukan pupuk yang lumayan banyak. Tetapi, ada juga tanaman yang justru tumbuh subur jika pupuknya terbatas.

3. Pasir

Tambahan pasir berperan untuk bikin media tanam jadi porous hingga memudahkan air masuk, menahan kubangan air, dan mempermudah udara masuk di tempat tanam. Pasir ini mempunyai karakter berbutir-butir dan tidak berdompol. Pakai cuman pasir sungai atau pasir gunung, dan jauhi penggunaan pasir laut. Pasir perlu diayak agar ukuran lebih seragam.

4. Sekam Bakar

Sekam bakar jadi kombinasi yang bagus untuk tempat tanam. Harus dipahami tempat tanam sekam bakar memiliki kandungan nilai pH lumayan tinggi sekitaran 8,5 sampai 9.0. Hingga pas dipakai pada tanah yang memiliki sifat asam supaya sanggup tingkatkan pH tanah.

5. Cocopeat

Tempat tanam cocopeat dibuat dari sabut kelapa dan mempunyai banyak faedah untuk tanaman. Cocopeat memiliki karakter yang gampang meresap dan simpan air bahkan juga mempunyai pori-pori yang mempermudah proses transisi udara dan masuknya cahaya matahari.

Langkah Membuat Media Tanam Bonsai Kelapa

Untuk bikin tempat tanam bonsai kelapa termasuk gampang. Pertama persiapkan semua tempat tanam yang bakal dipakai dimulai dari tanah, pasir, sekam bakar, cocopeat dan pupuk kandang.

Apabila sudah, campur seluruh bahan jadi satu dengan perbedaan 1 : 1 dan aduk sampai rata supaya seluruh bahan tercampur secara baik. Persiapkan tempat tanam yang sudah jadi dan masukan di dalam pot yang dipakai untuk menanam bonsai kelapa.

Demikian info yang dapat BonsaiKita.com bagi buat anda yang mencari tahu tempat tanam apa yang baik dipakai untuk bonsai kelapa. Janganlah lupa selainnya memerhatikan tempat tanam, anda harus juga cermat dalam soal perawatan supaya hasilkan bonsai yang berkualitas. Terima kasih telah berkenan berkunjung sejenak. Semoga bermanfaat ya guys 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *