BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

26 September 2022

Tanaman Lidah Mertua – Pencinta tanaman hias tentu tidak asing dengan tanaman lidah mertua. Walaupun namanya ‘lidah mertua’ tetapi tanaman ini benar-benar elok dan gampang dirawat lho.

Tanaman lidah mertua banyak diketemukan di beberapa rumah karena benar-benar gampang di rawat dan tidak memerlukan air yang banyak.

Bahkan juga walaupun diletakkan dalam ruangan, tanaman lidah mertua ini masih tetap dapat bertahan hidup.

Tanaman lidah mertua mempunyai bahasa latin Sanseviera Trifasciata adalah tanaman hias yang gampang diketemukan. Tanaman ini dikenal juga dengan snake plants, atau tanaman ular.

Tetapi siapa kira lidah mertua ini bukanlah cuma berada di Indonesia, rupanya ia tumbuh di beberapa negara di Asia dan Afrika.

Tanaman lidah mertua ini mempunyai keunikan daun berwujud pedang membubung warna hijau. Berikut Intipseleb bahas Manfaat dan Cara Merawat tanaman lidah mertua.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Manfaat Tanaman Lidah Mertua
Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua ialah tanaman hias yang dapat tumbuh dimanapun dengan tinggi dimulai dari 15 cm sampai nyaris 1 mtr..

Selainnya memberi udara yang lebih fresh dan situasi ruangan yang cantik, rupanya lidah mertua mempunyai beberapa Manfaat, misalkan:

1. Keluarkan toksin

NASA memandang lidah mertua sebagai sistem alami untuk bersihkan udara di luar angkasa dan mengetesnya pada lima zat beresiko.

Dari 5 zat itu, lidah mertua bisa bersihkan empat dalam pengetesan di lab.

2. Penyuplai oksigen

Sama seperti yang telah disampaikan, lidah mertua dapat tumbuh bahkan juga pada udara yang paling panas dan kering hingga mereka meningkatkan mekanisme pernafasan unik.

Pori-pori mereka terbuka pada malam hari, bukan siang hari. Oleh karena itu, mereka sanggup hasilkan oksigen 24 jam satu hari.

3. Filter debu

Daunnya yang lumayan panjang dapat menjerat debu dan mengumpulkannya di tengah-tengah bundel daun.

Bila rumah kamu benar-benar berdebu, satu atau dua tanaman lidah mertua bisa menolong jaga udara sedikit bersih.

4. Bersihkan karbon dioksida

Pelepasan oksigen yang stabil sebagai Manfaat lainnya dari lidah mertua. Mereka bahkan juga terus-terusan menelan karbon dioksida.

5. Tahan hama

Karena memerlukan sedikit air, sedikit atau jarang-jarang daun dari lidah mertua yang rontok. Walau begitu, peluangnya kecil ada hama pengganggu yang hinggap di tanaman ini.

6. Rileksasi

Manfaat memiliki sifat klinis dari lidah mertua yaitu sebagai therapy rileksasi. Untuk sebagian orang, Merawat tanaman sebagai ritus melepaskan capek dari aktivitas setiap hari.

7. Memberantas penyebab alergi

Lidah mertua mempunyai kekuatan untuk memfilter formaldehida yang menjadi alergen alias penyebab alergi.

8. Bagus untuk Pasien Alergi

Tahukah Anda jika tanaman lidah mertua bisa berguna untuk yang mempunyai alergi. Ini karena tanaman lidah mertua akan mempernyerap toksin dan melepas oksigen.

Bunga lidah mertua dapat melepas kelembapan pada udara dan kurangi alergen pada udara.

Maka dari itu, banyak pasien alergi mempunyai tanaman ini di dalam rumah, karena Cara alami untuk menghindari dari resiko timbulnya penyakit.

Dapat disebutkan, lidah mertua ialah tanaman yang sanggup memurnikan udara dengan mempernyerap toksin lewat daun dan hasilkan oksigen murni untuk dihirup.

Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua

Berikut cara-cara merawat lidah mertua yang penting Anda kenali:

1. Tidak boleh Terlampau Kerap Disiram

Berlainan dengan tanaman hias yang lain memerlukan banyak air, keperluan air lidah mertua relatif sedikit, karena karakternya yang sekulen dan tanaman ini mempunyai kekuatan dalam meredam air.

Bila Anda memutuskan untuk menghiasi rumah dengan tanaman lidah mertua, Anda perlu pastikan supaya tanah telah jadi kering dan tidak lembab saat sebelum menyiraminya kembali.

Disamping itu, tanaman ini semakin aman untuk ada dalam rumah agar dia terbebas dari air hujan yang justru dapat membuat cepat membusuk.

2. Taruh di Ruangan yang Teduh

Pada realitanya, lidah mertua tidak banyak membutuhkan penerangan matahari. Lidah mertua dapat terus hidup walau dia ditaruh dengan penerangan yang kurang.

Lidah mertua harus diletakkan di lokasi dengan sinar jelas dan temperatur di antara 10 ° sampai 23 ° Celsius.

Paparan temperatur di bawah tingkat batasan yang lebih rendah ini akan menyebabkan kerusakan daun dan harus dijauhi.

Maka Anda perlu pastikan supaya tanaman ini tidak terserang langsung oleh sinar agar daunnya dapat terus warna hijau ceria.

3. Beri Pupuk

Anda dapat memberi kombinasi pupuk pada tempat tanam, agar daun dari tanaman lidah mertua masih tetap mempunyai warna yang ceria dan fresh dan tumbuh kuat.

4. Pakai Pestisida

Anda dapat semprot lidah mertua ini dengan pestisida dengan teratur agar terbebas dari hama atau binatang yang hendak makan daunnya.

Tetapi, bila Anda tertarik menanam tanaman lidah mertua sendiri di dalam rumah, Anda dapat ikuti Cara menanam yang paling gampang. Baca Cara berikut:

  • Pertama, yakinkan supaya memakai pot yang dibuat dari plastik dan mempunyai lubang di bagian bawahnya agar air dapat mengucur keluar secara mudah.
  • Anda perlu memakai tanah atau tempat tanam yang tidak gampang mempernyerap air. Karena lidah mertua dapat cepat membusuk bila tanahnya terlampau basah dan lembab.
  • Berikan bibit tanaman Sansevieria ke tempat tanam dan biarlah sepanjang beberapa saat agar dia dapat tumbuh dengan subur.
  • Yakinkan selalu untuk Merawatnya secara baik sama sesuai panduan yang telah diterangkan awalnya.

Bagaimana, Anda telah memahami belum mengenai manfaat dan cara merawat tanaman lidah mertua?

Mudah-mudahan tulisan dari BonsaiKita.com berguna untuk Anda yang telah mempunyai lidah mertua.

Untuk yang tertarik, silakan coba beberapa cara Merawatnya secara baik, supaya tumbuh subur dan tidak gampang busuk. Selamat mempraktikkan ya.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News