7 Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kesehatan Badan

Manfaat Tanaman Kunyit – Tanaman Kunyit dikenali sebagai bumbu dapur. Walau demikian, Manfaat Tanaman Kunyit tidak cuma untuk melezatkan masakan, tapi juga bagus untuk kesehatan, seperti menahan kanker dan turunkan resiko terserang penyakit jantung. Disamping itu, masih banyak Manfaat Tanaman Kunyit untuk kesehatan.

Selainnya sebagai bahan masakan, Tanaman Kunyit sudah dipakai lama dalam penyembuhan tradisionil. Ini karena kandungan kurkumin yang ada pada rimpang Tanaman Kunyit. Selainnya mewarnai pada Tanaman Kunyit, kurkumin diperhitungkan mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan badan.

Kandungan Gizi Tanaman Kunyit

Dalam 100 g Tanaman Kunyit, terdapat bermacam gizi berikut:

  • 10 gr protein
  • 168 miligram kalsium
  • 208 miligram magnesium
  • 299 miligram fosfor
  • 2 gr kalium
  • 1 miligram vitamin C
  • 55 miligram zat besi

Selainnya beberapa gizi di atas, Tanaman Kunyit memiliki kandungan senyawa yang memiliki sifat anti-oksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang paling berguna untuk kesehatan badan.

Manfaat Tanaman Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Kunyit
Manfaat Tanaman Kunyit

Karena nilai nutrisi yang sudah disebut sebelumnya, Tanaman Kunyit mempunyai bermacam Manfaat yang bagus untuk kesehatan, misalnya:

1. Kurangi ngilu pada pasien osteoarthritis

Osteoarthritis ialah penyakit yang mengakibatkan persendian jadi ngilu, kaku, dan kehilangan kelenturannya. Beberapa riset memperlihatkan jika konsumsi konsentrat Tanaman Kunyit bisa dipakai sebagai obat rematik alami dengan kurangi rasa ngilu, karena Tanaman Kunyit mempunyai dampak yang sesuai dengan ibuprofen dalam menangani osteoarthritis.

Tetapi, jika Anda ingin memakai konsentrat Tanaman Kunyit untuk menyembuhkan penyakit ini, tanyakan terlebih dahulu ke dokter untuk ketahui jumlah yang akurat.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Kaktus yang Cocok Buat Hiasan Rumahmu

2. Menahan penyakit jantung

Penyakit jantung sebagai pemicu kematian nomor satu di dunia. Tanaman Kunyit dijumpai bisa menahan penyakit jantung karena memiliki kandungan kurkumin yang sanggup tingkatkan peranan endotelium atau susunan pembuluh darah.

Disamping itu, Tanaman Kunyit mempunyai karakter anti-oksidan dan antiinflamasi yang berperanan penting dalam menahan penyakit jantung. Tetapi, masih diperlukan riset selanjutnya untuk pastikan efektifitas Tanaman Kunyit dalam turunkan resiko penyakit jantung.

3. Menurunkan rasa gatal di kulit

Study memperlihatkan jika Tanaman Kunyit bisa menurunkan gatal di kulit yang disebabkan karena penyakit ginjal akut.

Anda dapat konsumsi Tanaman Kunyit 3x satu hari sepanjang 8 minggu, dengan memadukan produk yang memiliki kandungan kurkumin dan konsentrat lada hitam buat menurunkan rasa gatal ini.

4. Memudahkan masalah menstruasi

Study memperlihatkan jika suplemen yang memiliki kandungan kurkumin bisa memudahkan tanda-tanda sindrom pramenstruasi (PMS). Tidak itu saja, Tanaman Kunyit dijumpai bisa menurunkan kram yang biasa dirasakan wanita sepanjang menstruasi. Tetapi, masih dibutuhkan riset selanjutnya untuk menunjukkan efektifitasnya.

5. Menangani masalah aliran pencernaan

Kurkumin yang terdapat dalam Tanaman Kunyit bisa dibuktikan efisien dalam menangani beragam masalah aliran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis.

Disamping itu, Tanaman Kunyit yang memiliki kandungan kurkumin kerap dijadikan salah satunya alternative obat menambah selera makan.

6. Menahan kanker

Kurkumin mempunyai karakter antiinflamasi yang dijumpai bisa menghalangi perkembangan, perubahan, dan penebaran sel kanker. Tetapi, masih dibutuhkan riset selanjutnya untuk menunjukkan efektifitas Tanaman Kunyit dalam menahan penyakit kanker.

7. Menangani permasalahan kulit

Karena karakter antiinflamasi, antimikroba, dan anti-oksidan yang terdapat didalamnya, Tanaman Kunyit bisa dipakai untuk menangani beragam jenis masalah kulit, seperti jerawat, eksim, penuaan awal, dan psoriasis.

Baca Juga :   5 Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan yang Harus Diatasi

Disamping itu, masih tetap ada beberapa Manfaat Tanaman Kunyit yang dapat Anda peroleh, seperti menahan penyakit Alzheimer, turunkan cholesterol jahat, menahan penyakit diabetes, memudahkan tanda-tanda asam urat, dan mempertahankan kesehatan mata. Tetapi, semuanya masih memerlukan riset selanjutnya buat pastikan efektifitasnya untuk kesehatan badan.

Tanaman Kunyit di-claim dapat dipakai sebagai obat usus buntet. Tetapi, claim ini hanya dogma. Sampai sekarang ini, tidak ada riset ilmiah secara klinis yang benarkan hal itu.

Dampak Samping Konsumsi Tanaman Kunyit

Sampai sekarang ini, belum diketemukan ada efek dari pemakaian Tanaman Kunyit pada jumlah rendah. Riset menulis jika tidak ada efek ke orang yang konsumsi Tanaman Kunyit 490 mg setiap hari sepanjang satu minggu.

Walaupun begitu, konsumsi Tanaman Kunyit yang terlalu berlebih tidak bagus untuk badan. Ada banyak efek yang bisa muncul jika Tanaman Kunyit dimakan terlalu berlebih, misalnya:

  • Masalah pencernaan, seperti perut kembung, penyakit asam lambung, dan diare
  • Sakit di kepala
  • Mual
  • Ruam di kulit
  • Resiko terserang kanker usus dan kanker hati

Manfaat Tanaman Kunyit untuk kesehatan badan memang lumayan banyak. Tetapi, Anda harus tetap waspada dalam mengkonsumsinya. Jauhi konsumsi Tanaman Kunyit terlalu berlebih, baik berbentuk fresh atau suplemen.

Bila Anda ingin konsumsi suplemen Tanaman Kunyit, menurut BonsaiKita.com pilih suplemen yang telah tercatat di BPOM untuk pastikan keamanannya.

Jika Anda ingin konsumsi Tanaman Kunyit sebagai pengiring penyembuhan penyakit tertentu, khususnya Tanaman Kunyit berbentuk suplemen, seharusnya tanyakan dahulu ke dokter buat menahan berlangsungnya hubungan obat atau timbulnya efek. Dengan begitu, Manfaat Tanaman Kunyit juga bisa Anda dapatkan dengan optimal.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News