Tak Hanya Cantik , Ini 5 Manfaat Bunga Dandelion yang Jarang Diketahui

Bunga Dandelion – Dandelion, atau Taraxacum spp, ialah tanaman yang umumnya diketemukan di pegunungan atau beberapa tempat di daratan tinggi yang lain.

Walau tidak sepopuler bunga mawar atau melati, tetapi tanaman yang punyai bunga warna kuning ceria ketika telah mekar dan warna putih saat jadi benih ini, rupanya punyai bermacam manfaat baik.

Apa, ya, manfaat dandelion untuk kesehatan?

Manfaat Bunga Dandelion

Manfaat Bunga Dandelion
Manfaat Bunga Dandelion

Beragam sisi dari tanaman dandelion, mencakup akar, bunga, daun, atau batangnya, bisa dibuat jadi obat herbal yang baik untuk mendukung atau mempertahankan kesehatan badan.

Tidak percaya? Baca rangkaian manfaat dandelion berikut:

1. Atur Gula Darah

Dandelion memiliki kandungan 2 senyawa bioaktif, yaitu asam chicoric dan chlorogenic di semua sisi tanamannya, yang dipercayai bisa menolong turunkan kandungan gula darah.

Hal itu ditunjukkan oleh sebuah penelitian yang termuat dalam Biochemical and Biophysical Research Communications.

Menurut hasil riset, kedua senyawa itu bisa menolong tingkatkan sekresi insulin pada pankreas sekalian memperlancar proses peresapan glukosa pada darah hewan coba.

Ditambahkan lagi, riset dari Journal of the Society for Biomedical Diabetes Research pada tahun 2016, mencari karakter antihyperglycemic, antioksidan, dan antiradang pada dandelion yang diperhitungkan bisa menolong menyembuhkan penyakit diabetes type 2.

Tetapi sudah pasti, diperlukan penelitian kelanjutan untuk betul-betul menunjukkan kehebatan Manfaat dandelion ini dalam tubuh manusia.

2. Sumber Antioksidan

Sama seperti yang kemungkinan telah Anda ketahui, anti-oksidan bekerja untuk mencegah radikal bebas sebagai pemicu penyakit akut.

Baca Juga :   Bunga Sakura

Untuk perbanyak jumlah sekalian mendukung kerja anti-oksidan yang telah ada pada tubuh, dandelion menyumbangkan banyak anti-oksidan berbentuk beta karoten guna membuat perlindungan sel-sel tubuh dari kerusakan.

Disamping itu, dandelion diperlengkapi oleh anti-oksidan bernama polifenol yang terdapat banyak pada bunga, akar, daun, dan batangnya.

3. Tingkatkan Mekanisme Ketahanan Tubuh

Dandelion dipercayai mempunyai karakter antivirus dan antibakteri yang bisa memperbaiki kekuatan badan dalam menantang serangan infeksi.

Ya, beberapa riset juga ikut mendapati jika ekstrak tanaman dandelion memang sanggup kurangi kekuatan virus untuk bereplikasi, alias perbanyak jumlah dianya.

Walau demikian, selama ini masih dibutuhkan riset yang lebih dalam untuk menarik ringkasan tentu berkenaan Manfaat dandelion atau sang bunga warna kuning ceria ini.

Terutamanya untuk melawan infeksi bakteri serta virus dalam tubuh manusia.

4. Meredakan Peradangan

Beragam senyawa bioaktif, satu diantaranya polifenol, yang terdapat dalam dandelion bisa menolong kurangi peradangan karena penyakit pada tubuh. Beberapa periset memang baru lakukan pengujian yang terbatas pada hewan coba, tetapi kelihatan perubahan positif pada tanggapan peradangan badan yang diobati dengan tanaman dandelion.

Agar hasil yang diketemukan lebih maksimal, masih dibutuhkan banyak riset untuk cari tahu bagaimana perubahannya dalam tubuh manusia.

5. Sebagai Material Dasar Perawatan Kulit

Manfaat dandelion bukan hanya hanya untuk mendukung kesehatan badan saja. Dandelion dapat dipakai untuk jaga kecantikan kulit, misalkan membuat perlindungan dari paparan sinar matahari, penuaan kulit, sampai jerawat.

Sebuah riset yang diedarkan oleh Oxidative Medicine and Cellular Longevity, mendapati jika dandelion bisa kurangi kerusakan beberapa sel sulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV).

Ditambah saat konsentrat daun dan bunga dandelion itu dipakai di kulit pas saat sebelum atau selekasnya sesudah terserang cahaya matahari.

Baca Juga :   4 Bagian Bunga dan Fungsinya yang Perlu Kamu Cermati

Dalam pada itu, menurut BonsaiKita.com konsentrat dari akar dandelion dipercaya sanggup percepat pergantian beberapa sel kulit baru sekalian menghalangi proses penuaan.

Bukan hanya itu, ekstrak tanaman dandelion tidak kalah berguna untuk meredakan peradangan di kulit, iritasi kulit, tingkatkan hidrasi, dan perbanyak produksi kolagen.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News