6 Manfaat Bunga Bakung untuk Kesehatan yang Pelru Kamu Simak

Bunga Bakung – Bunga bakung atau yang umum dikenali sebagai lily sebagai salah satunya tipe bunga favorite untuk jadi hiasan di pelataran atau dijadikan hadiah untuk orang yang anda sayangi.

Tetapi siapa kira jika rupanya bunga bakung bisa dimakan dan mempunyai Manfaat untuk kesehatan badan anda.

Bagus untuk mengobati dan menahan penyakit sampai menjaga kesehatan kulit. Ingin mengetahui lebih dalam?

Pengertian Bunga Bakung (Lily)

Tanaman bakung atau lily mempunyai nama ilmiah Candimum L. dan telah dikenali dari jaman Yunani kuno.

Bunga bakung datang dari Mediterania dan Asia Barat, dan jadi tanaman wajib buat dipunyai tiap rumah di Mediterania karena keelokannya.

Beragam dogma mengenai bunga bakung juga banyak muncul, yang terpopuler ialah dogma jika anda menanam bunga bakung di pelataran rumah anda, karena itu keluarga anda akan dijauhkan dari beragam jenis penyakit.

Di dunia kekinian, tanaman bakung memang mempunyai kekuatan sebagai anti-oksidan untuk menahan beragam jenis penyakit.

Tetapi tidak terdapat bukti terang apa dampak anti-oksidan itu bisa dirasa dengan cukup dengan menanam bunga bakung di pelataran.

Deskripsi Tanaman Bunga Bakung

Tanaman bakung mempunyai tinggi yang bervariatif yakni sekitaran 60-180cm. Bunga bakung banyak memiliki tipe, tetapi yang umum ialah bakung putih.

Bunga bakung putih mempunyai tinggi sekitaran 60-80cm dengan daun tunggal yang berwujud lancip dan warna hijau tua.

Daun bunga bakung itu tersusun secara bertingkat hingga membuat tangkai dan bunganya akan tumbuh di pucuk tanaman bakung itu.

Baca Juga :   Bunga Adenium

Sama dengan tulip, bunga bakung datang dari umbi. Wujud umbi bunga bakung yang terbagi dalam siung siung umbi benar-benar seperti bawang putih dengan akar yang tumbuh dari sisi dasar umbi, ukuran juga benar-benar serupa yakni dengan diameter sekitaran 5-8cm.

Bunga bakung seperti terompet sama ukuran yang lumayan besar dan mempunyai 5 kelopak bunga yang merekah hingga menjadikan benar-benar elok. Bunga bakung sebagai kompetitor khusus bunga mawar menjadi hadiah, malah sering mempunyai nilai ekonomis yang semakin tinggi dibanding bunga mawar.

Bunga bakung memiliki kandungan beragam zat yang bagus untuk badan seperti flavonoid, beta karoten, sapion, protein, pati, lemak, polisakarida dan lain lain.

Manfaat Bunga Bakung

Manfaat Bunga Bakung
Manfaat Bunga Bakung

Bunga bakung sebagai salah satunya tipe bunga yang bisa dimakan. Dengan wujud yang elok dan kandungan yang bagus untuk badan manusia.

Bunga bakung sebagai tanaman yang paling multi-fungsi dan bernilai. Apa Manfaat bunga bakung putih ini?

1. Obat sakit pinggang

Kandungan beta karoten dalam bunga bakung bisa berperan sebagai penenang otot dan menghindari anda dari sakit pinggang yang mengusik.

Triknya dengan tumbuk bunga dan daung bakung dengan jahe merah dan dioleskan di bagian yang sakit.

2. Obat bengkak

Bunga bakung dapat dipakai sebagai obat pembasmi bengkak. Triknya ialah mengambil daun bunga bakung dan beri dengan minyak kelapa seperlunya, lalu bakar sampai layu dan lekatkan pada bagian badan yang bengkak. Tidak boleh dibakar sampai hangus.

3. Obat sakit gigi

Bunga bakung dapat dipakai sebagai obat sakit gigi. Triknya mengambil akar bunga bakung sekitar 6 jemari (akarnya bukan umbinya), lalu membersihkan dan tumbuk dengan 3 kelopak bunga bakung sampai lembut dan lekatkan ke lubang gigi yang sakit.

Baca Juga :   Ciri-ciri Bunga Asoka dan 9 Manfaatnya yang Tak Banyak Orang Tahu

4. Obat keseleo

Langkah untuk menyembuhkan keseleo dengan bunga bakung mempunyai sistem yang serupa dengan penyembuhan bengkak memakai bunga bakung.

Dengan memolesi selembar daun bunga bakung dengan minyak kelapa dan membakarnya sampai layu, lalu di kompres pada bagian badan yang keseleo.

5. Sisa cedera atau borok

Bunga bakung mempunyai kandungan beta karoten yang bisa mengobati sisa cedera. Triknya ialah peras 2 helai daun bakung dengan 1 bunga bakung dan oleskan airnya ke sisa cedera yang ingin sembuh.

6. Memperlancar muntah

Muntah yang ketahan sering mengusik, akar tanaman bakung dipercayai bisa meluruhkan muntah yang menjejal.

Triknya mengambil 8-10 jemari akar tanaman bakung yang telah dibersihkan sampai bersih (akarnya bukan umbinya) lalu kunyah dan telan airnya, ampas akarnya tak perlu ditelan dan bisa dibuang.

Manfaat umbi

Selainnya daun dan bunganya, sisi lain dari tanaman bakung yang bisa digunakan untuk kesehatan ialah umbinya.

Menurut BonsaiKita.com Umbi tanaman bakung yang mempunyai siung-siung seperti bawang putih sering dipakai sebagai bahan masakan dengan cita-rasa yang unik.

Umbi bakung umum dipakai sebagai obat cina lewat proses pengeringan. Umbi bakung dipercayai bisa menahan dan menyembuhkan beragam penyakit seperti demam, pusing, kanker, kolestrol, saraf kurang kuat, masalah tidur, amandel, TBC, bronchitis, diare, herpes dan lain lain.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News