8 Langkah Membuat Toko Online Berbasis WordPress dan Biayanya

Diposting pada

Langkah Membuat Toko Online – Membuat toko online sekarang menjadi sebuah kewajiban. Rutinitas warga dalam belanja yang dulu serba off-line, sekarang telah berbeda bersamaan bertambahnya penggunaan internet di Indonesia. Aktivitas perdagangan dari Sabang sampai Merauke juga dapat dilaksanakan dengan instant.

Meski kemampuan toko online dalam gerakkan ekonomi besar sekali, ada banyak aktor usaha yang belum mulai pasarkan produknya lewat cara online.

Langkah Membuat Toko Online Berbasis WordPress

Langkah Membuat Toko Online Berbasis WordPress

Untuk membikin web toko online dengan memakai wordpress triknya lumayan gampang, Karena kamu tidak perlu extra pahami bahasa pemrograman, Karena telah banyak tools dan plugin yang siap menolong kamu untuk membikin toko online kamu. Berikut Panduan langkah membuat toko online dengan wordpress :

1. Instal wordpress

Instal CMS wordpress di hosting kamu, Dapat lewat tools SoftaculousProses Instalasi WordPress Toko Online

2. Masuk ke Dasbor WordPress

Masuk dasbor wordpress dapat dengan login ke web lewat url namasitus.com/wp-admin dan pakai pemakai yang sama sesuai saat instal wordpress.

3. Install Plugin Woocommerce

Plugin woocomerce ialah plugin untuk membikin toko online. Triknya yakni tentukan menu WordPress Plugin -> Add New. Selanjutnya mencari plugin Woocommerce, lalu instal dan aktifkan plugin woocommerce.

4. Seting Plugin Woocommerce

Sesudah terinstal dan teraktifasi karena itu kamu akan ditujukan ke halaman seting plugin Woocommerce. Kamu seting sesuai Toko Online Kamu sampai proses seting usai.Seting Plugin Woocommerce Toko Online

5. Unggah produk Toko Online

kamu dapat lakukan unggah produk punya kamu memakai plugin WooCommerce, Triknya tentukan menu WordPress Products -> Add New, Add Produk Toko Online

6. Membuat Posting Produk

Sesudah masuk ke halaman post produk kamu dapat menambah judul produk, deskripsi produk, kelompok sampai nilai jual produk. Janganlah lupa menambah fiturd gambar produk dan gambar galeri produk. janganlah lupa untuk publishUpload Produk Toko Onlie

7. Menyaksikan Hasil Posting Unggah Produk

Untuk menyaksikan hasil unggah produk, pencet view di bagian atas posting barusan sesudah lakukan publish. Atau dapat lewat url namasitus.com/product/nama-product. Kamu dapat mengulang cara nomor 5,6,7 untuk perbanyak product di toko online kamu.

8. Saksikan Keseluruhnya Produk Toko Online

Untuk menyaksikan keseluruhnya produk kamu dapat ke arah link namasitus.com/shop. Jika kurang pas bisa langsung di edit dibagian posting.

Estimasi Biaya Membuat Toko Online

Tidak dapat dipungkuri, membangun toko online teruslah memerlukan ongkos. Meski begitu, banyaknya sudah pasti lebih kecil dibanding buka toko off-line. Berikut perincian ongkos untuk langkah membuat toko online.

1. Domain

Ongkos untuk beli domain bervariatif, bergantung dari perpanjangan domain yang Anda tentukan. Biasanya, yang tersering dipakai oleh toko online ialah perpanjangan.com,.id,.co.id.

Untuk perpanjangan.com umumnya dipandang dimulai dari Rp99.000,- sampai Rp150.000. Perpanjangan.id dipandang Rp280.000 sampai Rp300.000, dan perpanjangan.co.id dimulai dari harga Rp300.000 sampai Rp350.000.

2. Hosting

Ongkos untuk hosting juga bergantung dari berapakah ukuran hosting yang Anda perlukan. Ada yang tawarkan dimulai dari 100MB untuk harga sewa Rp5.000 /bulan, sampai Rp150.000 untuk unlimited disk ruang.

Ingat sekarang ini telah banyak penyuplai hosting di Indonesia, harga kontraknya juga menjadi lebih murah karena ketatnya kompetisi. Tetapi, untuk amannya, Anda dapat pilih paket hosting unlimited yang umum dipandang Rp150.000.

3. CMS WordPress

Ongkos untuk CMS WordPress ialah gratis alias tidak diambil ongkos. Namun, bila Anda ingin membuat desain halaman toko online Anda lebih intuitif dan menarik, Anda dapat beli template premium yang dipandang sekitaran Rp350.000 saja.

4. Payment Gateway

Ongkos untuk payment gateway. Untuk penempatannya sendiri gratis, tetapi Anda baru dikenai ongkos sesudah ada transaksi bisnis yang sukses.

Banyaknya juga variasi karena masing-masing penyuplai payment gateway menetapkan biaya yang berbeda. Dimulai dari Rp2.000 sampai Rp5.000 per transaksi bisnis. Untuk pembayaran-pembayaran tertentu, diaplikasikan juga mekanisme prosentase dari jumlahnya pembayaran, dimulai dari 1,7 sampai 2,9 %.

Nah demikian informasi menurut BonsaiKita.com tentang 8 langkah membuat Toko Online sendiri secara mudah dngan wordpress dan kontribusi plugin WooCommerce kamu dapat membuat toko online kamu sendiri secara mudah.

Tertarik membuat toko online lebih keren dengan WordPress? Mengenai informasi lebih lanjut seperti apa toko online bisa langsung lihat di website desty.page/blog/toko-online. Good luck ya guys!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.