5 Jenis Tanaman Janda Bolong dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tanaman Janda Bolong – Tanaman janda Bolong ialah tanaman hias dari keluarga Monstera yang banyak disukai.

Tanaman ini mempunyai ciri-ciri daun yang Bolong dengan warna yang memimpin hijau tua. Performanya yang unik dan elok membuat tanaman ini pas jadi hiasan rumah.

Berdasarkan keterangan di situs biologi.lipi.go.id, janda Bolong datang dari Amerika Selatan dan Amerika tengah. Di alam tanaman ini terhitung dalam kelompok tanaman semi epifit.

Tanaman ini sebagai tanaman yang menjalar dan melekat di tanaman lain. Di lingkungan dengan kelembapan tinggi, janda Bolong dapat berbunga selama setahun.

Tetapi biasanya janda Bolong mulai bisa berbunga saat umurnya telah 3 tahun.

Jenis Tanaman Janda Bolong

Jenis Tanaman Janda Bolong
Jenis Tanaman Janda Bolong

Tanaman janda Bolong rupanya banyak macamnya. Jenis yang biasa ditemui yakni Monstera deliciosa. Tanaman ini mempunyai daun yang terbelah dan melebar.

Berikut sejumlah Jenis tanaman janda Bolong dengan beragam karakter yang dipunyainya.

1. Monstera siltepecana

Janda Bolong yang pertama yakni dari Monstera siltepecana. Ciri-ciri tanaman ini yakni tidak mempunyai lubang tetapi mempunyai garis retakan gelap – pucat.

Warna tanaman ini lebih ceria dibanding dengan janda Bolong lain. Wujud daunnya memanjang dan tumbuh dengan menjalar.

2. Monstera dubia

Jenis tanaman janda Bolong yang lain yakni Monstera dubia. Ciri-ciri dari tanaman ini yakni mempunyai garis retakan memiliki ukuran kecil dan warna pucat.

Tanaman ini tumbuh menjalar dengan tangkai dan daun memanjang ke sektor yang ada didekatnya . Maka saat Anda menanam tanaman ini, yakinkan membuat ajir untuk tempat menjalar.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Aglaonema yang Cantik dan Menarik, Cocok buat Koleksi!

3. Monstera pinnatipartita

Monstera pinnatipartita mempunyai ukuran daun terbesar dibanding Monstera lain. Daun Jenis janda Bolong ini selainnya lebar mempunyai permukaan mengkolap.

Tanaman ini mempunyai daun yang Bolong dan bercelah. Tangkai daunnya kaku dan kuat dengan warna hijau zamrud.

4. Monstera obliqua

Tanaman janda Bolong ini mempunyai lubang yang banyak, bahkan juga capai 90% dari permukaan daunnya.

Monstera obliqua mempunyai daun yang tipis dan jarang-jarang ditemui bahkan juga dapat disebutkan sangat jarang.

5. Monstera borsigniana

Jenis tanaman ini mempunyai daun yang memiliki ukuran kecil dan dapat tumbuh secara cepat. Saat dewasa, daunnya mempunyai dua baris lubang atau sela dengan rapi.

Tanaman hias sekarang jadi bintang di tengah-tengah wabah. Ketertarikan orang untuk berkebun atau bercocok tanam semakin bertambah.

Ini tentu saja untuk hilangkan rasa capek dan jemu karena tidak dapat lakukan aktivitas seperti umumnya.

Membuat perkebunan bunga di pelataran rumah menjadi opsi yang akurat. Mereka mulai mengumpulkan beragam tanaman hias. Satu diantaranya ialah janda Bolong.

Manfaat Tanaman Janda Bolong

Yup, janda Bolong memang termasuk tanaman hias yang cukup unik. Harga lumayan tinggi, yaitu dapat capai beberapa ratus juta.

Harga yang mahal ini rupanya bukan tanpa argumen lho, janda Bolong banyak memiliki Manfaat baik itu untuk kesuburan atau yang lain.

Dikutip dari beragam sumber, janda Bolong alias Monstera adansonii variegata ini awalannya diketemukan di Amerika Selatan dan Amerika tengah.

Tanaman ini masuk ke Indonesia tahun 2018. Saat tersebut beberapa orang berminat untuk membudidayakannya.

Nach kurang lebih apa ya Manfaat janda Bolong? Berikut BonsaiKita.com lansir dari beragam sumber.

1. Membenahi kualitas udara.

Bila kamu memiara tanaman janda Bolong di dalam rumah, karena itu dapat tingkatkan kualitas udara. Rumah jadi sejuk dan nyaman.

Baca Juga :   9 Manfaat Tanaman Lidah Buaya dan Cara Menanamnya

Bila ditempatkan di rumah, tanaman hias ini bisa mempernyerap beragam zat beracun dari udara. Misalkan benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia.

2. Sehatkan mata.

Tanaman janda Bolong bukan hanya membuat rumah jadi sejuk, tetapi bisa juga sehatkan mata.

Bila kamu duduk di dekat tanaman ini dan melihat keelokan daunnya, karena itu mata akan sangat terasa nyaman. Terutama bila kamu sudah habiskan waktu sepanjang hari bekerja di muka monitor.

Selainnya beri kesegaran mata, tanaman janda Bolong ini dapat juga mempernyerap kandungan bahan kimia yang kerap mengakibatkan sakit di kepala, pusing, iritasi mata, masalah aliran pernafasan, dan reaksi alergi.

3. Memberi kesan-kesan menawan.

Tanaman janda Bolong benar-benar sangat unik dengan daunnya yang lebar.

Bila kamu menempatkannya dalam atau luar ruang, rumah akan berasa lebih cantik. Rumah akan berasa lebih menawan karena tanaman satu ini.

4. Berharga investasi.

Sama seperti yang dijumpai, tanaman hias janda Bolong ini berharga beberapa ratus juta rupiah. Bila kamu memiliki, karena itu menjadi wujud investasi lho.

Kamu mulai bisa membudidayakannya di dalam rumah dan menjualnya.

Tetapi harus dipahami, dalam beli janda Bolong harus juga waspada supaya tidak muda tertipu.

5. Tingkatkan suasana hati.

Manfaat yang diberi oleh janda Bolong ini termasuk cukuplah banyak. Kedatangan janda Bolong di dalam rumah dapat tingkatkan kualitas udara di dalam rumah dan mempersejuk mata.

Ini terang saja dapat tingkatkan suasana hati kamu, disaat capek dan jemu dengan keadaan saat ini yang perlu habiskan beberapa waktu di dalam rumah.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News