BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

27 September 2022

Jenis Pestisida Penghilang Hama – Semenjak wabah menerpa, banyak warga yang mulai coba aktivitas baru di dalam rumah, satu diantaranya ialah bercocok tanam.

Bercocok tanam sebagai aktivitas yang berguna selainnya kurangi pengeluaran berbelanja, baik untuk kesehatan fisik, bahkan juga untuk pemikiran, dan jiwa.

Tetapi bercocok tanam mempunyai rintangan tertentu seperti hadapi gempuran hama pada tanaman. Tetapi tak perlu cemas, berikut beberapa macam Jenis pestisida untuk menahan beragam jenis hama sama sesuai Jenis hama penganggu tanaman:

Jenis Pestisida Penghilang Hama

Jenis Pestisida Penghilang Hama
Jenis Pestisida Penghilang Hama

1. Pestisida Akarisida

Akarisida atau disebutkan Mitesida ini berperan untuk membunuh kutu atau tungau pada tanaman, biasa dipakai pada tanaman cabe, jeruk, teh, dan bunga anggrek.

2. Algasida

Pestisida Jenis ini dipakai untuk menahan dan membunuh tanaman penganggu berbentuk alga yang bisa mengakibatkan penyakit jamur yang umum serang sisi akar tanaman.

3. Bakterisida

Sama dengan namanya, pestisida Jenis ini untuk membunuh dan mengontrol bakteri yang menyebabkan tanaman layu, bintik pada daun, dan tanaman membusuk.

4. Alvisida

Pestisida ini umumnya dipakai untuk membunuh dan menampik burung, umumnya digunakan untuk tanaman padi saat dekati periode panen.

5. Herbisida

Pestisida ini kerap dipakai oleh petani untuk membunuh dan menahan gulma (rumput liar). Pemakaian pestisida ini dilaksanakan dengan teratur dalam kurun waktu tertentu.

6. Insektisida

Peranan Insektisida untuk membunuh dan menahan hama serangga yang menghancurkan dan mengusik kualitas tanaman. Pestisida Jenis ini benar-benar populer di kelompok petani.

7. Fungisida

Selainnya bakteri, jamur adalah hama yang bisa memberikan ancaman kualitas tanaman, pestisida Jenis ini bisa dihandalkan untuk menolong membunuh dan menahan munculnya jamur pada tanaman.

8. Nematisida dan Ovisida

Nematoda (cacing gelang) adalah hama yang paling menggelisahkan untuk petani. Untuk menahan hama Jenis ini umumnya petani memakai Nematisida, dan Ovisida untuk membunuh telur dari hama penyakit seperti keong dan siput.

9. Mollukisida

Mollukisida ialah pestisida yang dipakai untuk membunuh dan menahan komunitas siput di tempat pertanian.

10. Rodentisida dan Termisida

Rodentisida dipakai untuk membunuh tikus yang terhitung hama penghancur tanaman, sementara Termisida berperan menahan serangga pelubang kayu seperti rayap.

Tersebut beberapa ulasan dari BonsaiKita.com tentang jenis pestisida yang bisa dipakai untuk memberantas hama pada tanaman sama sesuai macamnya.

Penting diingat untuk pemakaian pestisida seharusnya tidak terlalu berlebih karena akan punya pengaruh pada pencemaran lingkungan pertanian, keracunan pada hewan bahkan juga keracunan pada manusia.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News