Jenis-Jenis Sabuk Pengaman di Mobil yang Perlu Diketahui

Di dalam kabin mobil terdapat banyak sekali komponen, salah satunya adalah sabuk pengaman yang wajib dipakai ketika mau pergi menggunakan mobil.

Kenapa wajib dipakai? karena sabuk pengaman atau seat belt merupakan sistem keselamatan dasar untuk meminimalisir terjadinya risiko yang lebih parah saat terjadi sebuah benturan.

Fungsi utama dari seat belt adalah menahan tubuh agar tetap pada kursi dan tidak terjadi perpindahan posisi. Maka itu jika ada penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman, maka risiko mengalami kecelakaan akan lebih besar.

Jenis-Jenis Sabuk Pengaman di Mobil

Jenis-Jenis Sabuk Pengaman di Mobil
Jenis-Jenis Sabuk Pengaman di Mobil

Sekarang juga ada banyak sekali jenis-jenis sabuk pengaman yang bisa dipasang di dalam mobil. Penasaran apa saja jenisnya? berikut ini akan dibahas lengkap.

Satu titik

Jenis yang pertama merupakan bentuk paling sederhana dan banyak ditemukan pada mobil menengah ke bawah yaitu satu titik karena hanya terdiri dari satu buah sabuk pengaman saja.

Untuk pemakaiannya, penumpang cukup menyilangkan di bagian tubuh penumpang. Biasanya juga jenis ini digunakan untuk penumpang yang berada di tengah dan juga belakang.

Nama lain dari jenis satu titik ini adalah sabuk pangkuan yang dipakai pada pesawat terbang.

Dua titik

Jika sebelumnya sudah ada satu titik, jenis berikutnya adalah dua titik yang berarti menggunakan dua buah sabuk. Kedua sabuk tersebut bisa dipakai pada bagian dada dan juga perut.

Penggunaanya juga termasuk mudah karena penumpang hanya perlu menyilangkan sabuk yang dikenal dengan sabuk diagonal. Jenis sabuk yang dua titik ini sudah banyak ditemukan di mobil kelas menengah ke atas.

Baca Juga :   Mengenal Pompa Air Piston Dengan Kualitas Terbaik

Sash

Selanjutnya ada jenis sash yang penggunaannya berbeda dari sabuk satu dan dua titik. Untuk menggunakan sabuk ini maka harus dipakai melintang melalui bahu dan bisa disesuaikan sesuai keinginan penumpang.

Tetapi jenis ini ada kelemahan yaitu mudah sekali lepas dari tubuh penumpang.

Pangkuan dan sash

Berikutnya ada sabuk pengaman yang merupakan kombinasi antara pangkuan dan juga sash menjadi dua bagian yang terpisah. Biasanya seat belt jenis ini hanya digunakan untuk kursi penumpang di paling belakang.

Tiga titik

Ada sabuk pengaman yang lebih lengkap lagi dibandingkan sebelumnya yang bernama sabuk tiga titik. Sabuk ini merupakan kombinasi antara jenis pangkuan dan sash yang berkesinambungan sehingga menjadi sabuk yang lebih aman dibanding yang lain.

Sabuk ini bukan hanya melindungi kepala dan dada saja, tetapi juga melindungi area bawah perut.

Itulah jenis-jenis sabuk pengaman yang ada sekarang untuk selalu dipakai selama masih dalam perjalanan. Seat belt pada mobil bekas harus dicek dulu sebelum dibeli karena dikhawatirkan ada beberapa sabuk pengaman yang sudah rusak.

Jika tidak mau ribet dalam membeli mobil bekas dan ingin yang lebih praktis maka bisa pilih aplikasi mobbi yang sudah sejak lama membantu banyak orang mendapatkan harga mobil bekas Surabaya yang lebih terjangkau.

Dengan keunggulan yang ditawarkan oleh platform mobbi maka ada banyak penjual dan pembeli yang memanfaatkan aplikasi jual beli mobil second tebraik ini.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News