Kenali Sebelum Membeli, Ini Jenis-Jenis Asuransi Mobil yang Penting Dimiliki

Jenis-Jenis Asuransi Mobil – Asuransi mobil penting dimiliki untuk memberikan rasa aman dan nyaman ketika berkendara. Pasalnya, risiko kecelakaan hingga kehilangan mobil bisa terjadi kapan saja saat sedang berada di jalan raya.

Dengan asuransi mobil, perlindungan terhadap beragam risiko tersebut bisa dialihkan kepada pihak perusahaan asuransi. Salah satunya, asuransi mobil Ramayana yang dikenal sebagai salah satu perusahaan asuransi mobil terbaik yang bisa dipilih.

Sebagai nasabah, Anda bisa memilih salah satu dari dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) atau asuransi mobil All Risk alias comprehensive. Buat yang tertarik ingin memiliki perlindungan menyeluruh, bisa memilih asuransi mobil All Risk Allianz sebagai salah satu pilihan terbaiknya.

Adapun jenis asuransi TLO hanya memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan dengan biaya perbaikan di atas 75 persen harga jualnya. Sementara itu, produk asuransi memberikan perlindungan terhadap segala jenis kerusakan yang terjadi pada mobil, baik itu kerusakan kecil ataupun kerusakan besar, serta risiko kehilangan.

Karena menyediakan cakupan perlindungan yang lebih luas, asuransi mobil comprehensive memiliki biaya premi asuransi yang relatif lebih mahal di bandingkan TLO. Nah, buat lebih jelasnya mengenai kedua jenis perlindungan kendaraan, mari simak selengkapnya dalam pemaparan berikut!

Pertanggungan Asuransi Mobil

Jenis-Jenis Asuransi Mobil
Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Asuransi mobil memberikan pertanggungan dasar atas kerugian yang disebabkan beberapa hal berikut ini:

  • Benturan, tabrakan, terbalik, terperosok atau tergelincir.
  • Kebakaran (termasuk tersambar petir).
  • Perbuatan jahat.
  • Pencurian (termasuk pencurian yang diawali atau diikuti tindakan kekerasan).
  • Risiko-risiko lainnya.

Nasabah juga bisa membeli perluasan manfaat asuransi yang menanggung hal-hal berikut:

  • Banjir dan angin topan.
  • Gempa bumi dan tsunami.
  • Huru-hara dan kerusuhan.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga.
Baca Juga :   12 Ide Desain Rumah Minimalis Modern Impian yang Bisa Anda Tiru

Asuransi Mobil All Risk

Salah satu dari jenis asuransi mobil yang cukup banyak digunakan nasabah untuk perlindungan menyeluruh terhadap mobil yang dimiliki adalah All Risk atau comprehensive.

Asuransi mobil All Risk merupakan jenis asuransi yang akan melindungi kendaraan Anda mulai dari kerusakan dan kerugian yang ringan seperti lecet, hingga yang paling berat seperti kecelakaan dan kehilangan karena tindak pencurian.

Karena lebih banyak manfaat yang akan diterima, maka biaya asuransi mobil All Risk per tahun akan jadi lebih mahal bila di bandingkan dengan jenis Total Loss Only (TLO).

Asuransi TLO hanya akan menjamin ganti rugi atas kerusakan kendaraan pada tingkatan 75 persen atau lebih seperti kecelakaan besar dan pencurian mobil yang tidak ditemukan hingga 60 hari.

Hal inilah yang membuat asuransi TLO memiliki premi yang lebih rendah bila di bandingkan dengan All Risk, karena tidak semua risiko dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi, terlebih jika kerusakannya hanya lecet dan terserempet saja.

 Faktor-faktor tersebut yang membuat biaya asuransi mobil TLO per tahun umumnya kurang dari satu persen dari harga mobil di pasaran saat itu.

Asuransi TLO

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi TLO merupakan produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi jika terjadi kerusakan total saja atau biaya perbaikan mobilnya minimal 75 persen dari harga kendaraan tersebut di pasaran saat itu.

Asuransi TLO cocok untuk mobil bekas atau berusia cukup tua. Sebab, kendaraan tersebut berpotensi lebih besar untuk rusak total.

Saat mengajukan kredit mobil bekas, biasanya juga diberikan asuransi TLO mobil bekas. Biasanya usia mobil yang ditanggung oleh produk asuransi ini maksimal 20 tahun.

Baca Juga :   8 Langkah Membuat Toko Online Berbasis WordPress dan Biayanya

Adapun salah satu manfaat membeli asuransi mobil TLO adalah agar mobil memperoleh proteksi dari berbagai risiko terhadap kehilangan maupun kerusakan berat. Asuransi mobil yang bisa melindungi dari berbagai biaya akibat risiko-risiko tak terduga, seperti komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri.

Melindungi kendaraan kesayangan dengan asuransi akan membuat Anda bisa lebih menghemat pengeluaran tak terduga. Karena perusahaan asuransi yang akan menanggung biaya-biaya itu.

Itulah informasi dari BonsaiKita.com mengenai jenis-jenis asuransi mobil yang menawarkan manfaat berbeda-beda dengan biaya sesuai cakupannya masing-masing. Jadi, sudah memutuskan memilih jenis perlindungan yang mana?

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News