Jenis Bunga

Diposting pada

Jenis Bunga – Bunga menjadi salah satu tanaman dengan bentuk yang cantik dan menawan. Bahkan, ada berbagai macam jenisnya di dunia ini. Di sisi lain, untuk masing-masing jenis bunga memiliki keunikan dan juga warna berbeda-beda. Alhasil, ragam tanaman ini bisa dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik sebuah ruangan dalam rumah.

Pengertian Bunga

Jenis Bunga
Jenis Bunga

Bunga merupakan sebuah alat perkembangbiakan generatif dalam tumbuhan dengan biji yang menutup. Untuk tanaman satu ini beberapa jenis bagian tubuh dengan fungsinya berbeda-beda juga. Bunga atau bisa disebut flos atau kembang menjadi sistem reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga.

Jenis bungaunga sendiri memiliki fungsi untuk menjadi penengah antara gamet jantan atau fusi sperma dan gamet betina dinamakan ovula. Maka, agar dapat menghasilkan benih harus ada proses pembenihan yang terjadi pada tanaman tersebut.

Tanaman jenis satu ini memiliki beberapa organ reproduksi. Diantaranya adalah benang sari dan juga putik sari. Oleh sebab itu, bunga bisa dikatakan sebagai pembenahan dari daun dan batang untuk bisa merangsangnya secara tertutup.

Sejarah Bunga

Tanaman ini memiliki banyak jenis di dunia. Bahkan, jumlahnya mencapai ribuan spesies, dibedakan berdasarkan berbagai macam hal. Pembentukan sebuah bunga dikendalikan secara rapat oleh genetik dan perubahan lingkungan di sekitarnya.

Ada penyebutan bunga sempurna atau lengkap yang mempunyai alat jantan berupa benang sari. Kemudian alat betina berupa putik dalam satu organ tubuh. Jika keduanya ada, maka secara mutlak bisa dinamakan sebagai bunga sempurna

Terdapat empat bagian utama jenis bunga dengan urutan dari luar ke dalam yang meliputi kelopak bunga atau yang disebut calyx. Kemudian disusul mahkota dinamakan corolla, alat kelamin jantan atau androecium dan juga alat kelamin betina bernama gynoecium. Ketiganya membantu dalam proses penyerbukan.

Jenis-Jenis Bunga

Ada banyak jenis bunga yang ada di dunia ini. Salah satunya Indonesia yang memiliki berbagai macam spesies dan tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Nah, setiap jenis memiliki keunikan dan juga bentuknya masing-masing. Apa saja jenis bunga itu? Mari simak uraian dibawah ini.

1. Bunga Mawar

Mawar menjadi salah satu jenis bunga dengan varietas yang cukup banyak. Bahkan, spesiesnya bisa mencapai angka ratusan dengan berbagai macam warna, ukuran dan juga bentuk. Tanaman satu ini masuk dalam family semak berduri atau disebut juga tanaman memanjat.

Rata-rata spesies mawar memiliki daun dengan panjang lima sampai dengan lima belas sentimeter. Bunga pada tanaman cantik ini memiliki lima buah daun mahkota dan memiliki warna putih, merah, pink, kuning juga biru. Terkecuali untuk jenis rosa sericea yang hanya berjumlah empat saja.

2. Bunga Telang

Jenis tanaman berikutnya yakni jenis bunga telang dengan ciri khas berwarna biru. Memiliki banyak khasiat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia. Oleh sebab itu, banyak orang mengkonsumsinya sebagai ekstrak teh dengan cara menyeduhnya menggunakan air hangat.

Pengobatan menggunakan teh atau bunga telang ini telah lama digunakan oleh banyak orang. Bahkan, masyarakat zaman dahulu menggunakannya sebagai alternatif pengobatan Ayurveda. Dengan mengonsumsi minuman herbal ini secara rutin, maka akan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki nama latin helianthus. Ini adalah salah satu jenis bunga atau jenis tanaman yang berasal dari negeri Amerika utara, Amerika tengah dan juga Amerika serikat. Selain itu, kembang ini juga memiliki ukuran cukup besar dan mekar dengan menghadap ke arah matahari.

Tumbuhan cantik satu ini banyak dibudidayakan di Indonesia. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena keunikan dan keindahan bentuknya yang sangat menawan. Bahkan, bunga matahari juga mampu tumbuh hingga sangat tinggi dan menjulang ke atas.

4. Bunga Edelweis

Edelweis menjadi salah satu tanaman yang banyak diburu oleh para pendaki. Karena keberadaannya hanya bisa ditemukan di area pegunungan saja. Untuk itu, tidak heran jika jenis bunga satu ini juga menjadi daya tarik wisatawan untuk dapat menemukannya dan berfoto selfie dengan kembang cantik tersebut.

Jenis bunga ini dilambangkan sebagai keabadian cinta. Bahkan, anak-anak muda dan pasangan suami istri sangat menyukai dan mengidam-idamkan jenis tanaman cantik dari pegunungan ini. Ada banyak jenis edelweis yang ada di seluruh dunia. Tetapi, tidak semua bisa dipetik dan diambil karena dilindungi.

5. Bunga Anggrek

Bunga anggrek memiliki keindahan yang sudah tersebar hampir diseluruh wilayah yang ada di dunia. Orang-orang menyukainya karena bentuk dan warnanya yang indah serta menawan. Bahkan, varietas jenis tanaman ini juga ada banyak di Indonesia.

Jenis bunga anggrek memang sudah banyak berkembang di Indonesia. Selain itu, ada beberapa orang yang melakukan kawin silang antara satu anggrek dengan jenis lain. Supaya, bisa mendapatkan tanaman dengan corak dan bentuk baru dan lebih menarik lagi.

6. Bunga Bangkai

Bunga bangkai juga menjadi salah satu jenis tanaman yang ada di Indonesia. Sesuai dengan namanya, tanaman memang beraroma tidak sedap. Biasanya kembang ini akan memakan serangga-serangga kecil yang hinggap pada bagian kelopak mereka.

Inilah salah satu keunikan dari bunga bangkai. Jenis tanaman yang dapat memakan serangga saat mereka berada di sekelilingnya. Jenis bunga satu ini memiliki bentuk raksasa, sangat berbeda dengan apa yang disebut bunga pada umumnya.

7. Bunga Krisan

Ada juga bunga krisan yang memiliki aroma wangi dan sedap. Jenis bunga cantik ini biasanya ditanam sebagai tanaman hias. Tujuannya tidak lain dan tak bukan adalah untuk membuat lingkungan atau area yang bersangkutan terlihat cantik dan juga alami.

Bunga krisan juga memiliki beberapa manfaat yang akan sangat baik untuk kesehatan manusia. Apabila diolah dengan benar serta menggunakan cara yang tepat. Maka, akan bisa didapatkan khasiat dan juga produk alami dari bahan tanaman cantik ini.

8. Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma adalah salah satu tanaman yang ada di Indonesia dengan mitos-mitosnya. Selain bunga melati, kembang satu ini juga memiliki kisah-kisah magis dan sudah berkembang di lingkungan masyarakat. Khususnya warga di pulau Jawa.

Orang-orang jawa percaya bahwa jenis bunga wijaya kusuma ini adalah tanaman kesukaan Nyai Roro Kidul. Selain itu, mereka juga mempercayai tanaman ini merupakan favorit para raja dan ratu pada zaman dahulu. Ini karena pada masa dulu, kerajaan yang memiliki kembang ini dianggap makmur dan berwibawa.

9. Bunga Sakura

Bunga sakura adalah salah satu jenis bunga atau tanaman cantik yang ada di negeri tirai bambu. Jepang mempunyai berbagai macam kembang cantik di negaranya. Salah satu bukti keelokan itu adalah hayati cantik yang satu ini dengan keunikan dan daya tariknya.

Jenis bunga sakura sebenarnya ada banyak macamnya. Varietas-varietasnya cukup beragam dan banyak digemari sebagai hiasan. Sebenarnya, tanaman negeri Jepang ini juga bisa hidup di Indonesia, hanya saja dibutuhkan penyesuaian lingkungan dengan memberikan area yang sejuk seperti di habitatnya.

10. Bunga Melati

Bunga dengan aroma harumnya yang semerbak dan tampilan menawan ini biasa disebut dengan nama melati. Jenis bunga ini umumnya dijadikan sebagai bunga hias yang memiliki sekitar 200 spesies. Tanaman ini merupakan tumbuhan asli dari wilayah dengan iklim tropis dan hangat di daerah Eurasia, Australia dan Oseania.

Biasanya warna melati adalah putih dengan tampilannya yang cantik dan harumnya semerbak. Maka dari itu, orang-orang banyak menanamnya di halaman rumah untuk mempercantik tampilan area tersebut. Pada beberapa daerah di Indonesia, bunga ini juga dijadikan sebagai hiasan rambut pengantin.

Itulah sedikit uraian dari BonsaiKita.com mengenai pengertian, sejarah dan 10 jenis bunga tercantik. Wilayah Indonesia khususnya memiliki berbagai macam jenis bunga dengan corak, bentuk dan keindahan yang menawan dan berbeda-beda. Semua itu akan membuat halaman dan pekarangan rumah menjadi lebih berwarna saat ditanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *