BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

27 September 2022

Jenis Bunga Melati – Mempunyai kelopak putih dan beraroma wangi yang unik, rupanya ada beberapa Jenis bunga melati di dunia, lo. Yok, baca Jenis dan info secara lengkap berikut!

Di Indonesia, bunga melati populer dengan panggilan “puspa bangsa” dan terhitung dalam perincian bunga nasional. Hadirnya menyimbolkan kesucian dan kemurnian.

Oleh karenanya, tanaman bunga satu ini sering turut serta dalam beragam acara tradisi. Khususnya, dalam acara pernikahan suku Jawa dan Sunda.

Jenis Bunga Melati

Jenis Bunga Melati
Jenis Bunga Melati

Menariknya, tanaman ini rupanya bukan hanya terdiri dari 1 Jenis saja, lo. Minimal ada 200 Jenis bunga melati di dunia yang sukses beberapa pakar botani dapatkan.

Antara beberapa ratus variasi dan jenis bunga melati ini, berikut sejumlah tanaman terpopuler yang harus kamu punyai.

1. Melati Putih (Jasminum Sambac)

Pertama, ada Jenis melati putih yang umum kita temui di Indonesia. Wujud bunganya kecil dengan warna putih dan kelopak yang membulat di bagian ujung.

Saat kelopaknya merekah, kamu dapat mencium harum uniknya yang menentramkan. Sebagai catatan, puncak bunganya sering dipakai sebagai dandanan pengantin dan kombinasi teh.

2. Melati Primrose (Jasminum Mensyi)

Mempunyai kelopak warna kuning jelas, tanaman bunga satu ini terhitung Jenis melati, lo. Bunga bernama latin Jasminum mensyi ini datang dari negeri gorden bambu alias Cina.

  • Cek : Informasi Bunga Terlengkap dan Tercantik

Kelopak bunganya mempunyai wujud mahkota double dengan warna kuning jelas hingga kelihatan menonjol.

3. Melati Gambir (Jasminum Elongantum)

Jenis bunga melati ini kali memiliki bentuk lebih serupa dengan kamboja putih. Tetapi, dia tumbuh sebagai tanaman rumpun yang menjalar, bukan pohon.

Panjang rumpunnya dapat capai 2-10 mtr. jika kamu rawat secara baik. Lantas, seperti bunga melati yang lain, kelopak bunganya mempunyai wewangian wangi yang merebak.

4. Melati Spanyol (Jasminum Officinale)

Seterusnya ada Jenis melati Spanyol alias Jasminum officinale. Tanaman ini populer sebagai melati musim panas dan melati penyair.

Jika ingin menanam jenis bunga melati satu ini, yakinkan melakukan di tanah. Masalahnya tanaman perdu ini dapat menjalar sampai 15 mtr. walau tidak kamu berikan perawatan khusus.

5. Melati Pot (Jasminum Parkeri Dun)

Jenis bunga melati selanjutnya ialah melati pot yang mempunyai bunga warna kuning. Wujud bunganya condong kecil hingga tanaman ini populer sebagai melati dwarf.

Masalahnya bukan hanya bunganya, daun tanaman ini juga memiliki ukuran kecil dengan wujud seperti oval.

6. Melati Italia (Jasminum Revolutum)

Tanaman melati satu ini datang dari Afghanistan, Himalaya, dan India. Seperti melati pot, warna bunganya bukan putih, tetapi kuning.

Bunga-bunga ini tumbuh bergerombol dalam semak memiliki ukuran sampai 2,5 mtr.. Walau berwarna bukan putih, bunga melati Italia mempunyai wewangian yang harum, lo.

7. Melati Raja (Jasminum Rex)

Jenis bunga melati raja mempunyai kelopak yang memiliki bentuk memanjang seperti garis. Bunganya tumbuh masing-masing dan mempunyai kelopak warna putih bersih.

Menariknya, tanaman melati satu ini terhitung yang tidak bau hingga kamu tidak menghirup aroma apa saja saat dia mekar.

8. Melati Bintang (Jasminum Simplicifolium)

Paling akhir, ada jenis bunga melati bintang alias Jasminum simplicifolium. Sama dengan namanya, wujud kelopak bunganya sepintas seperti terlihat bintang dengan warna putih.

Karena memiliki bentuk unik, tanaman ini bisa saja opsi terbaik untuk menghias taman kecil di dalam rumah. Sayang, melati bintang tidak mempunyai faedah lainnya selainnya sebagai hiasan.

Kamu tidak dapat menambahkannya ke teh atau menyusun puncaknya jadi hiasan kepala untuk pengantin wanita.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News