Ciri-ciri Tanaman Jarak dan 6 Manfaat Daunnya untuk Kesehatan

Tanaman Jarak – Tanaman jarak ialah tipe tanaman perlu yang bisa capai tinggi 10 mtr. dengan beberapa cabang.

Tanaman ini sanggup tumbuh di beberapa tempat, seperti daratan rendah dan daratan tinggi. Disamping itu, tidak dipengaruhi curahan hujan dan temperatur sekitaran.

Tanaman ini bisa juga ditanamkan di tanah berpasir, batu-batuan, sampai tanah liat.

Maka dari itu, tanaman jarak dapat diperbudidayakan di tempat krisis sekalinya. Untuk menanamnya pun tidak dibutuhkan perawatan khusus.

Umumnya warga memandang tumbuhan jarak cuma tumbuhan semak yang tidak mempunyai manfaat besar.

Tetapi sebenarnya tanaman jarak banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Sebelum mengulas ke manfaat lebih bagus kenali dahulu ciri-cirinya.

Ciri-ciri Tanaman Jarak

Ciri-ciri Tanaman Jarak
Ciri-ciri Tanaman Jarak

Pohon jarak mempunyai karakter dan Ciri-ciri seperti berikut:

A. Akar

Tanaman jarak pagar mempunyai mekanisme perakaran yang sanggup meredam air dan tanah hingga tahan pada kekeringan dan bisa berperan sebagai tanaman penahan erosi tanah.

Saat biji berkecambah, telah tercipta 3-4 akar sekunder (akar lateral) dan 1 akar khusus (tunggang).

Akar-akar yang tercipta dari tanaman yang dibanyakin dengan biji membuat mekanisme perakaran tunggang yang lebih panjang dan masuk ke tanah lebih dalam.

B. Tangkai

Batangnya berwujud silindris dan akan keluarkan getah bila cedera. Tangkai berperanan sebagai mekanisme percabangan untuk memberikan dukungan peluasan saat fotosintesis.

Keadaan itu sebagai satu wujud transportasi khusus air, udara, dan bahan organik sebagai fotosintat dan elemen hara.

C. Bunga

Bunga tumbuhan jarak berwujud malai (ganda inflorescence / bunga majemuk ganda). Bunga warna kuning kehijauan dan berkelamin tunggal.

Tipe bunga pada tanaman ini berumah satu, yakni sisi putik dan benang sari ada pada sebuah tanaman yang serupa. Memiliki 5 kelopak berwujud bundar oval dan panjangnya lebih dari 4 mm.

Umumnya, benang sari pada bunga berada pada bagian pangkal dan warna kuning ceria. Batang putik memiliki ukuran lebih pendek dibarengi warna hijau dan kepala putik terlihat meliuk keluar warna kuning.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Aglaonema yang Cantik dan Menarik, Cocok buat Koleksi!

Ada 5 mahkota pada tanaman jarak dan berwarna keunguan. Setiap tandan ada lebih kurang 15 bunga yang dikuasai oleh bunga betina yang banyaknya 4-5 kali lipat dari bunga jantan.

Bunga betina atau jantang tersusun dalam suatu rangkain seperti cawan dan tumbuh di bagian ketiak daun atau ujung tangkai.

Tumbuhan jarak memiliki bunga sejenis uniseksual, terhitung pada kelompok tumbuhan monoecious. Pada pohon jarak, kadang diketemukan bunga hermafrodit warna hijau kekuningan.

D. Daun

Tanaman jarak termasuk tanaman perdu yang ketinggiannya dapat capai 1 sampai 7 mtr.. Wujud daunnya berlekuk dengan pojok tiga atau lima.

Umumnya, ukuran daun jarak lumayan lebar dan memiliki bentuk bundar seperti telur. Panjang daun sekitaran 5 – 15 cm.

Karakter tulang daun tanaman jarak ialah menjari dan daunnya tersambung pada batang daun. Panjang batang daun sekitaran 4 sampai 15 cm.

E. Buah

Wujud buah pohon jarak bundar serupa telur berdiameter sekitaran 2-14 cm. Panjangnya dapat capai 2 cm dan lebar sekitaran 1 cm.

Secara umum, warna buah tanaman jarak akan ikuti umur tanaman. Saat tanaman jarak umur muda, buah warna hijau.

Buah yang telah masak warna kecoklat-coklatan sampai kehitaman. Buah jarak memiliki tiga ruangan, tiap ruangan ada satu biji.

F. Biji

Wujud biji oval dan lonjong. Warna coklat cukup kehitaman. Ukuran sekitaran 2 cm dengan tebal sekitaran 1 cm. Tiap biji beratnya sekitaran 0,4 sampai 0,6 gr.

Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Walau terhitung tipe barisan tanaman liar, jarak rupanya simpan bermacam manfaat tidak tersangka untuk kesehatan badan.

Berikut beberapa manfaat daun jarak yang kemungkinan dapat kita coba terapkan, diantaranya:

1. Obat Sakit Gigi

Tidak sekedar hasilkan bahan bakar minyak bertaraf micro, getah daun jarak tipe pagar dan wulung baik untuk menangani sakit gigi.

Bila kita mengalami sakit gigi, karena itu berikan getah daun jarak di bagian gigi yang sakit.

Daun jarak dijumpai memiliki kandungan bahan fitofarmaka namanya alkaloid yang di-claim benar-benar efisien untuk menurunkan sakit gigi.

2. Obat Sariawan

Masih sekitar getah daun jarak yang banyak memiliki faedah untuk tempat mulut dan gigi. Manfaat selanjutnya untuk menangani sariawan yang seringkali membuat beberapa orang terasa terusik.

Senyawa anti-inflamasi pada getah daun jarak dijumpai sanggup jadi alternative obat yang efisien dalam menyembuhkan sariawan.

Baca Juga :   10 Semprotan Tanaman Terbaik yang Bisa Kamu Gunakan Berkebun

Langkah pemakaiannya gampang, kita cukup ambil getah daun jarak dengan kapas lembut. Selanjutnya, berikan getah itu di bagian yang terserang sariawan.

Kerjakan langkah ini dengan teratur 2-3 kali satu hari supaya hasilnya lebih maksimal.

3. Menangani Konstipasi

Konstipasi yang dikenal juga dengan istilah sembelit sebagai keadaan di mana seorang alami kesusahan dalam bab (BAB).

Nah, salah satunya langkah untuk menyembuhkan sembelit dengan manfaatkan daun jarak, khususnya tipe jarak pagar.

Daun jarak pagar benar-benar sangat bermanfaat dalam menangani sembelit, tetapi tidak sesimpel dogma yang sejauh ini dipercayai oleh warga, yaitu cukup dengan melekatkannya pada perut.

Bukannya begitu, kita harus rebus daun jarak di air mendidih. Selanjutnya, minum air rebusan itu sampai sembelit berkurang.

4. Menyembuhkan Cedera

Sama seperti yang sudah diterangkan awalnya, daun jarak mempunyai senyawa memiliki sifat anti-bakteri yang membuat bermanfaat untuk menyembuhkan cedera di kulit.

Apa lagi cedera yang telanjur terserang infeksi bakteri tertentu.

Seperti saat menyembuhkan sariawan, untuk mendapat manfaat daun jarak satu ini, kita perlu memoleskan getah daun jarak di tempat kulit yang cedera.

Biarkan sepanjang sesaat sampai cedera jadi kering dan pulih.

5. Menangani Ketombe

Ketombe adalah permasalahan rambut yang sering dirasakan oleh mayoritas di Indonesia. Nah, siapa kira rupanya daun jarak dapat menangani ketombe yang bandel di kulit kepala.

Langkah pemakaiannya benar-benar gampang, kita perlu ambil lima lembar daun jarak. Lantas, tumbuk daun itu sampai betul-betul lembut.

Kemudian, berikan tumbukan daun jarak di bagian rambut dan kulit kepala secara rata.

Janganlah lupa untuk mendiamkan sepanjang lebih kurang 15 menit, kemudian bersihkan rambut memakai shampoo dan air.

Kerjakan sampai betul-betul bersih supaya tidak ada tersisa sabun yang malah memacu ketombe atau permasalahan yang lain.

6. Memantapkan Kandungan Gula Darah

Daun jarak mempunyai manfaat untuk pasien gula darah, untuk memantapkan kandungan gula darah.

Pasien yang konsumsi air rebusan daun jarak dengan teratur, karena itu kandungan gula darahnya akan berangsur normal. Air rebusan daun jarak dapat dimakan oleh pasien diabetes.

Demikian informasi menurut situs BonsaiKita.com mengenai ciri-ciri tanaman jarak dan manfaat daunnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya guys!

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News