BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

27 September 2022

Cara Merawat Tanaman – Mendapati tanaman yang dirawat secara baik jadi layu, pasti mengesalkan buat kamu yang suka bercocok tanam atau bercocok tanaman.

Supaya ini tidak terulang kembali, sebaiknya kamu menilai caramu dalam merawat tanaman. Dapat sehingga kamu keliru dalam merawat tanamanmu hingga tanamanmu jadi layu.

Cara Merawat Tanaman yang Benar

Cara Merawat Tanaman
Cara Merawat Tanaman

Tidak perlu kebingungan dalam merawat tanaman yang betul, karena kami telah persiapkan 10 cara efisien yang sanggup membuat tanamanmu jadi tumbuh subur dan anti layu.

Berikut 10 cara merawat tanaman yang benar supaya tidak cepat layu.

1. Pilih tempat tanam yang pas

cara merawat tanaman hias secara baik, pertama kali kamu harus tentukan tempat tanam yang pas untuk tanaman.

Tempat tanam rupanya tidak cuma tanah saja loh, Ruppers. Ada kombinasi yang lain harus kamu tambah pada tempat tanam, seperti humus, sekam padi, sabut kelapa, serbuk kayu, dan sebagainya.

Kamu dapat memakai air sebagai tempat tanam untuk tumbuhan hidroponik atau aquaponik.

2. Pilih tempat untuk menanam

Kamu harus juga pilih lokasi yang pas untuk menanam, karena cara merawat tanaman dalam pot bisa jadi berlainan dengan di polybag atau di tanah langsung.

  • Cek : Informasi Jenis Tanaman dan Manfaatnya Terlengkap

Kamu harus tentukan akan menempatkan tanamanmu di mana supaya tidak keliru dalam memberi kandungan air pada tanaman.

3. Pilih tanaman yang pas

Untuk percantik rumah, ada banyak tipe tanaman hias yang bisa kamu pakai. Tetapi, kamu harus pilih tanaman yang pas agar ketahui cara merawat tanaman secara baik.

Upayakan untuk pilih tanaman yang bisa hidup pada temperatur ruang (±25°C) agar tumbuh secara baik di rumahmu.

4. Memberikan cahaya matahari yang cukup

Upayakan untuk menempatkan tanaman di lokasi yang memperoleh cahaya matahari yang cukup, terhitung tanaman indoor.

Cahaya matahari sebagai poin penting untuk cara merawat tanaman yang benar.

Tanaman memerlukan cahaya matahari untuk berfotosintesis, begitupun tanaman indoor . Maka, keluarkanlah tanaman indoor di rumahmu dengan teratur agar mendapat cahaya matahari yang cukup.

5. Menyirami tanaman dengan tehnik yang pas

cara merawat tanaman seterusnya yang penting ialah lakukan penyiraman tanaman dengan tehnik yang pas dan teratur. Ini dilaksanakan supaya suplai air pada tanaman bisa tercukupi.

Jangan dibiarkan air menggenang pada tanaman karena bisa tutup lajur oksigen untuk tanaman. Siramlah tanaman kamu secara rata, tidak begitu sedikit atau banyak.

6. Mengeset suhu dan kelembapan

Pastikanlah kamu ketahui apa tanaman yang kamu rawat bisa tumbuh pada suhu lingkungan rumahmu.

Disamping itu, kamu harus juga pastikan kelembapan udara pada tempat kamu merawat tanaman. Kamu bisa menyiasatinya dengan memakai air humidifier supaya kelembapan tanamanmu bisa terbangun.

7. Pastikan tanaman bebas dari hama

Menghindari tanaman dari hama dan penyakit sebagai cara merawat tanaman yang paling harus tahu.

Kamu bisa membuat tanamanmu terbebas dari hama dengan memberi gizi yang benar untuk tanaman, jaga kualitas tanah, mengalihkan tanaman dengan teratur, dan memotong rumput liar disekitaran tanaman kamu.

8. Menggunting sisi yang kering atau mati

Bila kamu menyaksikan ada sisi dari tanaman yang kering atau mati, selekasnya potong dan buang sisi hancur itu ya, Ruppers.

Sisi tanaman yang hancur itu bisa menebarkan kerusakan ke yang hidup dan benar . Maka, selekasnya potong sisi yang kering atau mati itu supaya tidak mengusik keseluruhnya tanamanmu ya.

9. Memakai pupuk alami

Jauhi pemakaian pupuk kimia ya, Ruppers. Kamu bisa memakai pupuk alami, seperti pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk organik, atau pupuk daur ulangi supaya tanamanmu bisa tumbuh subur.

10. Memberikan gizi penting untuk tanaman

cara merawat tanaman seterusnya yang juga sangat penting ialah memberi gizi penting untuk tanaman kamu. Gizi yang diperlukan tanaman ialah nitrogen, potasium, fosfor, kalsium, magnesium, dan sulfur.

Gizi itu sebetulnya telah berada di dalam tanah, tetapi akan lenyap seiring waktu berjalan . Maka, kamu bisa memberikan gizi itu ke tanaman kamu secara terpisah atau mungkin dengan menukar tanah dengan teratur.

Nah, tersebut informasi dari BonsaiKita.com mengenai 10 cara merawat tanaman yang benar supaya tidak cepat layu. Coba mulai terapkan, ya gaes!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News