Cara Menanam Bonsai Gulgum

Diposting pada

Cara Menanam Bonsai Gulgum – Bonsai gulgum atau yang kebih dikenal dengan julukan Rijanjang (tanaman gulo gumantung) merupakan salah satu pilihan favorit banyak orang. Hal tersebut sudah pasti dikarenakan bentuk serta tampilannya yang menarik. Namun bukan itu saja tapi bagaimana budidaya cara menanam bonsai gulgum mudah.

Karakter Bonsai Gulgum yang Perlu Diketahui

Bonsai Gulgum
Cara Menanam Bonsai Gulgum

Pada dasarnya, alasan yang membuat para pecinta bonsai jatuh hati pada tanaman ini adalah karakteristiknya. Terlepas dari bentuknya yang sangat menarik, daun rimbun hingga batang pohon terlihat gagah menjadi daya tarik tersendiri. Berikut beberapa ulasan lengkapnya.

1. Karakteristik Gulo Gumantung (Gulgum)

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahawa nama Gulgum merupakan sebuah ding akatan dari Gulo Gumantung. Tanaman ini pada dasarnya jenis berbunga yang masih masuk ke dalam daftar keluarga Rubiaceae. Alasan lain dinamakan ini karena sebelumnya dikenal Malagasi.

Untuk habitat aslinya pada dasarnya terletak di daerah Afrika Timur, lebih tepatnya di Kenya serta Tanzania. Pada bagian daunnya terdapat sebuah bakteri endofit yang bersarang di interselular atau lebih tepatnya jaringan mesofil. Dampak yang diberikan oleh bakteri tersebut umumnya cukup bagus. Salah satu diantaranya adalah memberikan perlindungan kimiawi.

2. Ciri-Ciri Gulo Gumantung (Gulgum)

Ciri pertama yang bisa Anda kenali yaitu melihat pada daunnya. Dibagian tersebut memiliki warna jika sedikit mengkilap serta mempunyai tekstur cenderung kasar. Sedangkan bunga berwarna putih. Kemudian terdapat sisi hijau namun ukurannya kecil, tak mendominasi.

Gulgum atau Gulo Gumantung memiliki buah yang berbentu bundar. Warna hijau serta terlihat mengkilap saat masih mudah, namun kerika beranjak dewasa berubah menjadi kecokelatan. Jika bicara mengenai pohonnya, ketinggian bisa mencapai hingga 4 sampai 6 meter.

Cara Menanam Bonsai Gulgum dengan Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa alasan lain orang mem-favoritkan bonsai Gulgum adalah cara menanamnya tergolong mudah. Bahkan hal ini dapat dilakukan oleh pemula sekalipun yang ingin mencoba budidaya bonsai. Berikut beberapa tahapannya.

1. Menyiapkan Bonggol Gulgum

Cara menanam bonsai gulgum yang pertama yakni menyiapkan bonggol. Sebelum Anda memutuskan untuk menanam bonsai Gulo Gumantung (gulgum) pastikan telah menyiapkan bonggolnya. Untuk bisa mendapatkannya maka dapat berburu langsung ataupun membelinya di tempat penjual tanaman. Perhatikan juga perihal kualitasnya.

Apabila tidak begitu memahami bagaimana ciri Gulgum yang bagus untuk dijadikan bonsai, maka cari tahu terlebih dahulu. Namun, jika ingin cara lebih sederhana ajaklah kerabat yang paham mengenai bonsai. Dengan begitu, tentu proses pemilihan akan terbantu.

2. Proses Menanam Gulgum

Satu hal yang tak kalah penting dan perlu dipersiapkan adalah media tanamnya. Pastikan bahwa penggunaannya sesuai dengan karakter Gulgum. Tujuannya untuk memudahkan tumbuh kembang bonsai. Bisa berupa pot ataupun jenis lainnya.

Sebelum masuk ke dalam tahap pembentukan, pastikan bahwa usia Gulgum sudah pas untuk dilakukan proses pengikatan. Gunakan kawat stainless stell dan sesuaikan keinginan Anda dengan referensi yang ada. Biarkan bonsai beradaptasi terlebih dahulu beberapa saat.

3. Proses Perawatan Gulgum

Pada dasarnya, proses perawatan Gulgum tidaklah begitu berbeda dengan jenis lainnya. Satu hal yang perlu Akda perhatikan adalah pastikan media tanamnya terus berada dalam keadaan lembap. Oleh karena itu siram secara rutin tapi jangan berlebihan.

Pada usia tertentu, jangan letakkan Gulgum ditempat yang terkena matahari secara langsung. Tempatkan saja dilokasi yang sejuk dan cukup untuk berkembang. Setelah dirasa usianya telah pas, barulah dipindahkan. Berikan pupuk guna asupan nutrisinya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara menanam bonsai gulgum hingga karakteristik yang dimiliki oleh bonsai Gulgum menurut BonsaiKita.com. Namun, meskipun bisa dikatakan cukup sederhana dalam prosesnya, jangan menganggapnya enteng. Sebab, Anda pun perlu memahami lebih jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *