BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

27 September 2022

Bisnis Kedai Kopi – Tidak salah untuk menyebut jika kopi sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia sehingga bisnis kedai kopi jadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Saat ini, sudah banyak kedai kopi yang beroperasi di seluruh pelosok Indonesia dengan berbagai konsep. Hal tersebutlah yang menjadikan banyak orang ingin membuka kedai kopinya sendiri.

Bagi yang merasa tertarik untuk memulai bisnis kopi, ternyata ada beberapa hal yang harus dipahami dan dipersiapkan supaya bisnis dapat berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan, hanya memahami pengolahan kopi dan segala aspek perkopian tidak menjamin kedai kopi akan sukses.

Secara garis besar, ada dua aspek penting yang harus dipertimbangkan ketika membuka kedai kopi, yaitu dari aspek bisnis dan aspek kopi itu sendiri. Untuk itu, berikut ini terdapat penjelasan lebih jelas mengenai kedua aspek tersebut.

Aspek Bisnis

Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi yang Harus Diketahui
Cara Memulai Bisnis Kedai Kopi yang Harus Diketahui

Saat ingin menjalankan bisnis kedai kopi, harus memahami aspek bisnis yang perlu dipersiapkan dan diperhitungkan, khususnya bagi pebisnis pemula. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis adalah dengan melakukan studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan bisnis itu dilakukan dengan mempelajari mengenai bisnis yang akan dijalankan dari berbagai aspek, yaitu aspek keuangan, ekonomi, pemasaran, manajemen, dan hukum.

2. Mempersiapkan Modal dan Rencana Keuangan

Modal yang harus dipersiapkan untuk kedai kopi memiliki jumlah yang beragam tergantung konsep yang dijalankan. Namun, sebaiknya ketika menghitung modal yang dibutuhkan jangan hanya menghitung biaya yang dibutuhkan untuk membuka kedai kopi saja.

Lebih baik untuk menghitung dan mempersiapkan modal untuk menjalankan kedai kopi untuk periode minimal 6 bulan. Dengan begitu, akan lebih leluasa untuk membuat rencana keuangan dan strategi bisnis tanpa takut harus gulung tikar di 6 bulan pertama.

3. Melakukan Riset Lokasi dan Target Pasar

Menentukan lokasi untuk mendirikan kedai kopi adalah hal vital yang harus dilakukan dengan riset mendalam. Dengan memahami kondisi ekonomi dan budaya sekitar, seharusnya akan lebih mudah untuk membuat konsep kedai kopi sesuai dengan target pasar yang ada. Hal itu dikarenakan, yang menjadi target pemasaran utama kedai kopi adalah masyarakat yang ada di sekitar kedai kopi.

4. Mengonsep dan Merancang Desain Kedai Kopi

Agar sebuah kedai kopi dapat berjalan dengan baik, perlu dirancang terlebih dahulu konsep seperti apa yang akan diterapkan pada kedai kopi tersebut. Saat ini terdapat berbagai macam konsep yang bisa dilakukan dari kedai kopi rumahan, kedai kopi berjalan, waralaba, dan berbagai macam lainnya.

Dalam menentukan konsep yang akan digunakan, hal yang perlu dipertimbangkan adalah kesiapan modal, potensi target pasar, dan pemahaman pengelola terhadap kopi. Setelah itu, perlu juga memasukkan keunikan sehingga nantinya akan menjadi identitas dari kedai kopi tersebut.

Konsep tersebut dapat ditunjukkan melalui desain kedai kopi, menu ataupun sistem pelayanannya. Sebagai contoh, sebuah kedai kopi dapat mengusung konsep alam atau natural dengan menanam banyak tanaman hias dan meletakkan bonsai di dalam kedai kopi. Hal itu nantinya dapat menjadi identitas sebuah kedai kopi karena pengunjung tidak hanya menikmati kopi tetapi juga dapat merasakan nuansa alam.

5. Mengurus Perizinan Usaha

Ada baiknya untuk setiap bisnis yang dijalankan agar segera dilakukan prosedur pengajuan izin atas usaha tersebut ke instansi pemerintahan setempat. Setiap daerah terkadang memiliki syarat dan prosedur yang berbeda untuk pengajuannya. Oleh karena itu, lebih baik untuk mempelajari dan mencari tahu bagaimana cara untuk mengurus izin tersebut sebelum mulai membangun kedai kopi.

Aspek Kopi

Setelah mengetahui beberapa cara memulai kedai kopi dari aspek bisnis, pebisnis perlu juga untuk mengetahui beberapa pemahaman mengenai kopi itu sendiri. Berikut ini adalah pemahaman dasar tentang kopi yang harus diketahui pebisnis pemula.

1. Memahami Kualitas Biji Kopi

Sumber: Pexels.com/Cottonbro

Kualitas biji kopi akan menentukan kualitas dari kedai kopi itu sendiri. Jadi, sebagai pemilik harus memiliki pemahaman mengenai biji kopi yang berkualitas baik. Dengan memahami hal tersebut, akan sangat membantu ketika menentukan pemasok biji kopi.

2. Mengetahui Hasil Olahan Kopi dan Menu Kedai Kopi

Dalam menentukan menu, tentu saja sebagai pemilik harus mengetahui menu apa saja yang dijual dan apa saja yang bisa diolah dari biji kopi. Hal tersebut akan membantu ketika memilih peralatan operasional. Sebagai contoh, ketika sebuah kedai kopi mempunyai menu kudapan dan minuman non-kopi, berarti akan membutuhkan kulkas, microwave, dan oven listrik sebagai tambahan dari mesin kopi.

Pilihan menu yang dijual juga akan berkaitan dengan konsep yang telah ditentukan. Jadi, sebagai pemilik harus memahami tentang hasil olahan kopi dan variasi menu sehingga akan mudah menyesuaikan dengan konsep.

3. Mengetahui Cara Pembuatan Kopi

Dengan mengetahui cara pembuatan kopi, sebagai pemilik hal tersebut akan sangat membantu dalam pengontrolan kualitas kopi yang dijual. Tidak hanya itu, pemilihan karyawan atau barista akan lebih mudah jika pemilik sudah mengetahui cara membuat kopi yang nikmat.

4. Memahami Peralatan yang Digunakan

Saat pemilik mengerti peralatan, maka akan lebih mudah untuk mengontrol dan perawatan yang peralatan yang akan digunakan di kedai kopi. Selain itu, ketika menentukan peralatan pun akan lebih efisien karena sudah mengetahui alat apa saja yang cocok dengan konsep kedai kopi tersebut.

5. Mengikuti Perkembangan Dunia Kopi

Dunia kopi selalu memiliki tren dan perkembangannya sendiri yang sering berubah dengan cepat. Oleh karena itu, agar tidak tertinggal dari pesaing lain, lebih baik pemilik kedai kopi untuk terus belajar mengenai perkembangan bisnis kopi. Hal ini tentunya juga untuk tetap up-to-date dengan tren terkini.

Demikianlah beberapa cara yang perlu diketahui oleh pebisnis pemula ketika ingin memulai bisnis kedai kopi. Semoga dengan ini dapat membantu perkembangan bisnis ke depannya khususnya untuk para pemilik kedai kopi. Selamat berbisnis!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News