Cara Membuat Bonsai Lantana

2 Cara Membuat Bonsai Lantana

Diposting pada

Cara Membuat Bonsai Lantana – Bercocok tanam merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa dijadikan hobi sekaligus penghasil pundi-pundi rupiah. Salah satu tanaman yang dapat Anda dibudidayakan dengan mudah adalah bonsai Lantana. Sebelum dijadikan ladang bisnis, simak ulasan seputar tanaman lantana ini!

Meskipun menjadi salah satu tanaman liar, namun bisa dijjadikan sebagai tanaman bonsai yang menghiasi taman rumah Anda. Bonsai Lantana mulai banyak digemari masyarakat karena bisa dibuat dengan mudah dan perawatannya pun tidak menyulitkan. Berikut cara membuat bonsai lantana yang telah dirangkum situs Bonsaikita.com

2 Cara Membuat Bonsai Lantana

Bonsai Lantana
(Foto : Tokopedia)

Tanaman bonsai biasanya menggunakan jenis-jenis tertentu dengan kecenderungan bentuk daun dan bunga yang kecil. Tanaman Lantana bisa menjadi alternatif terbaik untuk dijadikan bonsai karena memiliki bunga yang cantik dan berwarna-warni. Adapun cara membuat bonsai lantana adalah:

1. Siapkan alat dan bahan

Cara membuat bonsai lantana yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, mulai dari:

  • Bibit lantana berkualitas
  • Pot
  • Gunting
  • Pasir dan tanah
  • Kayu
  • Bebatuan

2. Proses pembuatan

  • Letakkan calon bonsai lantana di atas pot yang sudah disediakan. Ukuran pot harus sesuai dengan ukuran lantana. Usahakan memakai pot yang kecil dahulu. Setelah mulai dibentuk ulang, Anda bisa menggunakan pot yang lebih besar.
  • Tambahkan media tanam (pasir dan tanah). Pada lapisan bawah menggunakan bebatuan dan media tanam yang lunak dan mudah menyerap air. Sedangkan lapisan bawah menggunakan media tanam yang subur dan tinggi maksimal 34 cm saja.
  • Padatkan semua media tanam yang digunakan dan jangan lupa tancapkan kayu agar tanaman tidak mudah ambruk
  • Jika terdapat tangkai yang layu, segera potong menggunakan gunting
  • Setelah selesai, lakukan penyiraman secukupnya dan panaskan dibawah terik matahari beberapa saat

Setelah selesai membuat bonsai hias lantana, jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan benar dan tepat. Gunakan berbagai macam pupuk agar tumbuh dengan baik. Jika menginginkan bentuk bonsai yang unik, Anda perlu bersabar karena harus dilakukan saat batang sudah kuat.

Ketika sudab siap dibentuk, cara membuat bonsai lantana adalah Anda harus membuat rangka bonsai terlebih dahulu menggunakan kawat dan tali rafia. Ikat batang bonsai dengan kuat sesuai keinginan. Hasil akan diperoleh sekitar 1 bulan lebih. Semakin lama dan telaten Anda membentuknya, semakin cantik pula bonsai lantana yang dihasilkan.

Cara Agar Bonsai Lantana Cepat Berbunga

Cara-Agar-Bonsai-Lantana-Cepat-Berbunga
(Foto : Shopee)

Selain cara membuat bonsai lantana problematika yang sering dialami oleh bonsai Lantana adalah ‘mogok’ berbunga. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Anda perlu mencari tahu penyebabnya dahulu agar bisa menumbuhkan bunga Latana lebih cepat dan tepat. Caranya adalah:

1. Letak tanaman di ruang terbuka

Tanaman lantana sangat menyukai ruang terbuka, sehingga tidak heran jika cocok dijadikan tanaman hias di teras, taman dan area samping rumah. Khusus untuk cara membuat bonsai lantana, tanaman ini saangat membutuhkan sinar matahari langsung. Maka dari itu, Anda perlu menjemurnya setiap hari.

Tanaman ini sangat menyukai udara yang kering. Jika Anda meletakkannya di ruangan tertutup dan lembab, kemungkinan besar, tanaman tersebut tidak akan berbunga.

2. Pemilihan pupuk yang tepat

Pupuk yang digunakan adaalah pupuk perangsang khusus dengan kandungan unsur-unsur tertentu. Pada mulanya, pupuk yang dipakai yakni memiliki unsur nitrogen berkadar tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan pupuk yang mengandung fosfor.

Tujuan dari langkah pemberian pupuk perangsang yaitu agar bonsai lantana bisa tumbuh dan berbunga sesuai urutan alamiahnya. Pertumbuhan yang sehat ditandai dengan munculnya daun dan tunas yang banyak. Selanjutnya pucuk bunga akan mengeluarkan kuncup yang siap untuk mekar.

Selain itu, pupuk yang digunakan juga harus mengandunh unsur hara berupa kalium. Unsur ini berfungsi sebagai penguat jaringan pada tanaman sehingga semua bagian tumbuhan tidak mudah layu, termasuk mencegah kerontokan bunga.

Pupuk kedua yang perlu Anda gunakan juga adalah pupuk dari sekam padi. Cara ini berlaku jika londisi tanah tidak terlalu baik dan bisa berpengaruh pada pertumbuhan bonsai Lantana. Jangan lupa juga memberikan tambahan pupuk kompos agar tanah semakin gembur.

3. Pemberian vitamin

Vitamin tidak hanya dikonsumsi oleh manusia saja, tetapi juga diperlukan untuk tanaman termasuk lantana. Lantana kadangkala mulai enggan berbunga dalam beberapa waktu. Jika menghadapi kondisi yang demikian, Anda perlu memberikan vitamin tambahan.

Fungsi dari vitamin ini sebagai perbaikan sekaligus pendorong tanaman lantana untuk tumbuh dan berbunga seperti sediakala. Kandungan unsur hara dan mineral pada vitamin dapat membuat lantana lebih sehat.

4. Pemotongan tangkai secara berkala

Bonsai lantana yang mengalami ‘mogok’ berbunga bisa jadi disebabkan oleh tangkai layu yang belum dipòtong. Anda bisa mencegah hal ini dengan cara melakukan pemotongan tangkai secara rutin. Gunakan pisau yang tajam agar tidak merusak tangkai baru, sehingga bisa tumbuh dengn baik.

Setelah tangkai dipotong, maka akan muncul kuncup bunga yang baru. Semakin banyak tangkai yang dipotong secara berkala, maka semakin besar pula bonsai Anda ditumbuhi bunga yang lebat. Namun, jangan terlalu sering karena bisa membuat tanaman cepat mati.

5. Penyiraman harus tepat

Setelah cara membuat bonsai lantana, waktu penyiraman harus Anda perhatikan agar bonsai Lantana segera berbunga lebat. Penyiraman dilakukan cukup 1x sehari pada pagi atau sore hati. Tanaman ini termasuk jenis yang kering, sehingga jika terlalu banyak air, batangnya akan cepat membusuk.

  • Baca Juga : Pengertian, Karakteristik, dan 27 Jenis Bonsai Terbaik

Sedangkan jika kekurangan air, maka tangkai atau batang tanaman menjadi cepat layu, enggan untuk berbunga dan cepat mati. Jika merasa kelebihan air saat penyiraman, Anda bisa memanaskan tanaman di bawah sinar matahari.

Harga Bonsai Lantana

Cara Membuat Bonsai Lantana
(Foto : Sobat Bonsai)

Tanaman Lantana tergolong tanaman hias yang banyak diminati konsumen. Tanaman ini memiliki bentuk yang mungil dan cantik untuk hiasan di teras rumah atau taman. Per Maret 2021, harga bonsai Lantana sangat bervariatif.

Pada umumnya harga bibit lantana dijual mulai dari 50 ribu hgga 200 ribuan. Jika sudah berbentuk bonsai, maka dibanderol dari harga 250 ribu hingga 3 juta rupiah. Harga tersebut masih bisa naik lagi tergantung dari keunikan bentuknya hingga jenis lantana itu sendiri.

Agar Anda mendapatkan harga termurah dengan kualitas terbaik, pastikan membeli lantana bonsai di toko tanaman hias terpercaya atau langsung kepada kolektor. Opsi lainnya, Anda bisa memesan secara online lewat e-commerce dan tinggal menunggu tanaman datang sampai di rumah. Ataupun dengan Cara membuat bonsai lantana sendiri

Mengisi aktivitas sehari-hari di kala pandemi Covid-19 sekarang ini bisa dengan cara bercocok tanam bonsai Lantana. Jenis tanaman hias bunga ini cukup banyak diminati masyarakat dan bisa dijual dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah per pohonnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *