3 Cara Membuat Bonsai Kimeng untuk Pemula

Diposting pada

Cara Membuat Bonsai KimengBudidaya cara membuat bonsai Kimeng mungkin menjadi informasi penting yang harus Anda ketahui. Terlebih jika memiliki rencana untuk membuat bonsai guna keperluan membuka usaha ataupun hobi. Apapun alasannya, memahami langkah pembuatannya adalah hal utama.

Cara Membuat Bonsai Kimeng untuk Pemula

Cara-Membuat-Bonsai-Kimeng
Cara Membuat Bonsai Kimeng

Bonsai Kimeng mungkin sudah tak asing lagi bagi para pecinta tanaman hias yang satu ini. Namun, bagi pemula hanya sekedar tahu saja tapi tidak paham bagaimana cara membuatnya. Jika Anda memiliki ketertarikan dengan proses pembuatannya, berikut tahap-tahapnya.

1. Siapkan Bibit dan Media Tanam

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bibit atau bakalan bonsai kimeng. Pilihlah bonggol unggulan serta memiliki kualitas yang bagus. Perhatikan juga aspek penting lainnya seperti daya tahannya serta ukuran standar dalam pembuatan bonsai.

Setelah itu, siapkan media tanamnya seperti pot. Gunakan pot dengan ukuran tang sesuai dengan bakalan bonsai Kimeng. Selain itu, tanah yang akan Anda pakai pun harus diperhatikan unsur haranya. Jangan terlalu rendah dan juga berlebihan kadar komposnya.

2. Merawat Bonggol Bonsai Kimeng

Cara membuat bonsai Kimeng berikutnya adalah tahap perawatan bonggol. Disini, sebelum Anda meletakkannya ke media tanam, pastikan bakalan tersebut sudah benar-benar siap. Kemudian barulah tanam ke dalam pot yang sebelumnya telah disediakan.

Biarkan bonsai Kimeng melangsungkan tahap adaptasi terlebih dahulu dengan media tanamnya sekitar 3 minggu. Selama proses tersebut berjalan, Anda tak perlu memberikannya pupuk. Usahakan untuk meletakkannya di bawah sinar matahari khususnya pada pagi hari.

3. Membentuk Pola dan Memberikan Pupuk

Harga-Bonsai-Kimeng

Setelah proses adaptasi berlangsung selama 3 minggu, maka tahap berikutnya adalah membentuk pola. Pastikan Anda sudah tahu akan seperti bentuk yang diinginkan. Kemudian gunakan kawat stell, dan ikat lah dengan kencang.

Langkah berikutnya yang tak boleh terlewatkan adalah memberikan pupuk. Hal ini tentunya bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bonsai Kimeng. Selain itu, lindungi dari serangan hama dan pangkas lah dedaunan secara rutin jika mulai mengganggu.

Itulah tadi pembahasan menurut BonsaiKita.com mengenai cara membuat bonsai Kimeng dengan mudah untuk para pemula. Tahapan tersebut harus benar-benar Anda pahami terlebih dahulu sebelum mencobanya. Jika masih bingung, cobalah untuk bertanya kepada para ahli bonsai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *