cara membuat bonsai kelapa

5 Cara Membuat Bonsai Kelapa dengan Mudah

Diposting pada

Cara Membuat Bonsai Kelapa – Sampai pada hari ini, cara membuat bonsai kelapa masih membuat banyak orang sangat tertarik. Hal tersebut dikarenakan, tampilannya yang cukup menarik dan prosesnya pun tak begitu sulit. Maka tak heran jika jenis bonsai ini dijadikan pilihan terlebih kepada para pemula.

Metode Serta Cara Membuat Bonsai Kelapa

Bonsai Kelapa
(Foto : Pinterest)

Mungkin untuk bonsai jenis satu ini sangat sering dijumpai keberadaannya. Terlebih untuk para pecinta tanaman bonsai, mencoba untuk membuatnya bisa dikatakan salah satu teknik yang tergolong cukup sederhana. Oleh karena itu, berikut langkah pembuatan bonsai kelapa.

1. Pilih Bibit Kelapa Terbaik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bibit kelapa unggulan. Hal tersebut tentunya bertujuan agar bonsai menjadi seperti yang diharapkan. Jadi, sebaiknya menggunakan bibit dengan tunas baru namun sudah sedikit agak tua agar lebih cepat.

Untuk sumber kelapanya, ada baiknya Anda mengambilnya langsung dari pohon. Hal tersebut dilakukan agar tidak terdapat kecacatan ataupun rusak akibat benturan ke tanah. Pilihlah bibit berukuran kecil namun memiliki akar yang kuat serta besar supaya mudah dibentuk nantinya.

2. Tentukan Posisi dan Bersihkan Batok Kelapa

Cara-Merawat-Pohon-Bonsai-Kelapa
(Foto : Pinterest)

Setelah mendapatkan bibit yang diinginkan, maka cara membuat bonsai kelapa berikutnya yaitu menentukan posisinya. Pertama-tama, letakkan bibit ke tanah yang belum tumbuh tunas. Kemudian, barulah pindahkan ke media dengan posisi sesuai keinginan.

Hal yang tak boleh Anda lewatkan adalah membersihkan bagian batok kelapa dari serabut dan tanah. Jangan lupa untuk menghilangkan bulu-bulu halus di sekitarnya. Supaya lebih mudah, gunakan amplas lembut guna membantu proses pembersihan.

3. Siapkan Medianya

Jika batok sudah dipastikan bersih dari serabut dan juga tanah, maka siapkanlah medianya. Pastikan pot yang digunakan memiliki ukuran sesuai dengan bonsainya jangan sampai lebih kecil. Lalu isilah pot menggunakan tanah campuran pupuk kandang.

Pada tahap ini bisa dikatakan menjadi proses penentu berhasil atau tidaknya Anda. Sayat bagian tunas yang sudah mulai tumbuh sekitar 15 – 20 cm. Gunakan kawat ataupun tali agar tunas kelapa bisa membentuk sesuai keinginan.

4. Bentuk Bonsai Kelapa

Pembentukan-Tanaman-Bonsai-Kelapa
(Foto : Pinterest)

Saat bibit bonsai sudah tumbuh sekitaran 15 sampai 20 cm, lakukan penyayatan di bagian bawah supaya tidak membusuk. Penyayatan dapat dikerjakan selama 3x.

Setelah itu supaya tamanan kelapa mini jadi bentuk yang cantik, ikatlah dengan tali kawat sesuaikan wujud yang kita harapkan. Ikatlah ujung ranting sampai ke pangkal tangkai. Kita bisa juga menggunting beberapa bagian yang tidak diharapkan supaya memiliki bentuk tepat.

5. Perawatan Bonsai Kelapa

Perawatan tanaman bonsai ini lumayan gampang, yakni dengan penuhi keperluan air, pupuk, dan cahaya matahari. Penyiraman dapat dilaksanakan 1x satu hari sampai tanaman lembab tetapi tidak begitu basah.

Pemberian pupuk dapat dilaksanakan dua minggu sekali supaya keperluan elemen hara tanaman tercukupi. Supaya bonsai kelapa terbebas dari hama dan penyakit, kita dapat menggukan insektisida dan herbisida yang tepat.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara membuat bonsai kelapa. Metode sederhana tersebut dapat Anda terapkan dengan mudah sekalipun baru pertama mencobanya. Paling penting adalah jangan sampai terlewatkan satu pun tahapan serta prosesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *