5 Cara Membuat Bonsai Kelapa Tetap Kerdil

Cara Membuat Bonsai Kelapa Tetap Kerdil – Bonsai memang memiliki karakter yang indah satu tingkat semakin tinggi dibanding tanaman hias biasa.

Tidak hanya hiasan, bonsai sebagai seni yang hidup. Diperlukan usaha, kesabaran, dan ketrampilan yang tinggi untuk membikin bonsai dan menjaga supaya masih tetap terlihat menarik.

Sekarang ini sendiri beragam jenis tanaman dapat menjadi bonsai. Terhitung pohon kelapa yang umum tumbuh membubung tinggi juga bisa kita bikin jadi bonsai yang memikat.

Tentu saja kita memerlukan tehnik khusus untuk dapat membuat bonsai dari tanaman kelapa. Terutamanya ialah trick untuk membikin tanaman kelapa itu masih tetap memiliki ukuran kerdil.

Ya, factor kerdil ini menjadi satu diantara persyaratan khusus untuk satu tanaman supaya bisa dikatakan sebagai bonsai.

Tetapi sayang pohon kelapa memiliki bentuk yang tinggi membubung ke atas. Di komunitas alaminya saja, tinggi tanaman kelapa ini dapat capai lebih dari 20 mtr.

5 Cara Membuat Bonsai Kelapa Tetap Kerdil

Untungnya sekarang telah diketemukan sistem untuk mengerdilkan pohon kelapa . Maka tanaman kelapa barusan akan terus dijaga agar bentuknya masih tetap kerdil, baik sisi tangkai atau daunnya.

Berita baiknya ialah trick untuk mengerdilkan tanaman kelapa ini rupanya mudah sekali dilaksanakan loh.

Anda perlu buang susunan serabut yang membuntel batangnya saja. Sisi serabut yang berada di tangkai pohon kelapa ini harus ditiadakan sampai bersih. Nanti pohon kelapa akan tumbuh kecil sendiri.

Buat memudahkan Anda membuat bonsai yang kerdil dari pohon kelapa, kami menyengaja memberi tutorial khusus selengkapnya. Silahkan Anda bisa ikuti tutorial berikut ini secara baik!

1. Penyeleksian Bibit Bonsai

Karena kita akan meningkatkan bonsai kelapa dari tunas, karena itu pilih buah kelapa yang telah tua dan seharusnya diambil langsung dari pohonnya.

Baca Juga :   11 Cara Agar Cepat PMS Secara Alami yang Aman Dilakukan

Kelapa yang jatuh sendirinya, mempunyai kualitas yang buruk untuk jadi bibit bonsai. Akan bibit bonsai kelapa yang diambil langsung dari pohonnya akan cepat bertunas.

Disamping itu, tentukan buah kelapa sama ukuran seimbang, tidak besar tetapi tidak boleh kekecilan.

Sesudah penyeleksian bibit, tempatkan buah kelapa di tempat yang teduh dan lembab. Nantikan beberapa saat sampai kelapa mulai ada tunas baru.

2. Penyiapan Bibit Bonsai

Sesudah bibit kelapa mulai ada tunasnya, cara selanjutnya yaitu kupas sabut kelapa. Pengupasan dilaksanakan dengan membuat irisan dari pangkal ke ujung buah memakai pisau tajam.

Kerjakan penyayatan dengan berhati-hati dan janganlah sampai berkenaan tunas dan akar bibit kelapa. Kupas sampai batok kelapa bersih dari sabut yang menyelimuti.

  • Cek : Kumpulan Informasi dan Tips Terlengkap

Sesudah bersih, kerok batok kelapa sampai bulu-bulu sabut kelapa lenyap dan benih kelihatan licin.

Untuk mendapat penampilan batok kelapa yang bersih, Anda dapat pakai amplas lembut. Selanjutnya pakai politur untuk makin mengkilatkan batok kelapa.

3. Media Tanam Bonsai Kelapa

Sesudah bibit betul-betul bersih, cara selanjutnya yaitu mempersiapkan tempat tanam untuk bonsai kelapa.

Persiapkan pot kecil yang cukup memuat tunas batok kelapa. Isi pot itu dengan kombinasi tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbedaan 2:1:1.

Selanjutnya siapkan botol air mineral sisa dan potong sisi kepalanya sekitaran 5 cm. Botol dipakai untuk tutup daun tunas kelapa agar perkembangannya bisa lebih cepat.

4. Penanaman Bibit Bonsai

Tahapan ke-4 yaitu penanaman bibit bonsai ke pot. Masukan kelapa bertunas ke pot yang telah diisi tempat tanam awalnya.

Atau bila kesusahan, Anda dapat isi 1/2 sisi pot dengan tempat tanam selanjutnya masukan bibit tunas kelapa. Kemudian tambah tempat tanam kembali sampai minimal 1/2 sisi kelapa tenggelam dalam pot.

Tempatkan bibit kelapa dengan status horiontal. Berhati-hati dalam memasukkan dan janganlah sampai membuat akar kelapa terputus.

5. Pemangkasan Tunas Bonsai

Tahapan selanjutnya yaitu pemangkasan daun muda kelapa. Pemangkasan dilaksanakan pada daun yang baru tumbuh dan belum terbuka.

Baca Juga :   7 Cara Membuat Pot dari Botol Bekas

Ini dilaksanakan supaya daun itu tudak terus tumbuh ke atas. Kerjakan ini pada tiap daun yang baru tumbuh dan belum terbuka.

Dengan begitu, karena itu penampilan bonsai kelapa Anda tetap mini dan unik.

Sesudah tanaman bonsai kelapa Anda capai ketinggian lebih kurang 15 s/d 20 cm, umumnya tunas akan mulai berkembang.

Ketika itu, yang penting Anda kerjakan yaitu memotong habis tunas-tunas baru itu. Kerjakan pemotongan dengan berhati-hati dan janganlah sampai menggores atau bahkan juga mencederai tanaman bonsai kelapa Anda.

Pemotongan pada tunas baru dilaksanakan minimum tiga hari sekali karena umumnya tunas baru tumbuh setiap tiga hari.

6. Perawatan Tanaman Bonsai

Bila 5 tahapan di atas telah Anda kerjakan secara betul, karena itu semestinya bonsai kelapa Anda mulai mempunyai wujud yang prima dan siap berkembang.

Untuk perawatan bonsai kelapa sebetulnya hampir serupa dengan tanaman bonsai yang lain. Kerjakan penyuraman dengan teratur tiap hari.

Karena bonsai kelapa memercayakan struktur cabang dan daun yang unik, karena itu untuk membikin daunnya kelihatan hijau fresh, Anda dapat tambah air larutan garam saat penyiraman.

Pemakaian micin (MSG) seperti Ajinomoto bisa juga membuat kesegaran daun bonsai kelapa Anda terbangun.

Kerjakan pemupukan tiap dua minggu sekali supaya elemen hara dalam tempat tanam selalu terlindungi.

Pemupukan memakai pupuk kompos atau kandang dengan jumlah yang seimbang dan tidak boleh terlalu berlebih.

Anda bisa juga memberi pupuk organik cair sebagai tambahan gizi untuk perubahan bonsai. Pemotongan daun/tunas dan penyiangan pada tempat tanam harus juga dilaksanakan secara periodik supaya keelokan bonsai selalu terlindungi dan terbebas dari hama dan penyakit.

Itu lah beberapa panduan dari BonsaiKita.com mengenai membuat bonsai kelapa dihalaman rumah Anda. Sebetulnya membudidayakan tanaman bonsai lumayan gampang sama seperti dengan budidaya tanaman buah atau sayur yang lain.

Yang diperlukan dalam budidaya bonsai ialah kreativitas dan kesabaran untuk hasilkan keelokan tanaman yang bisa dicicipi dan mempunyai harga jual yang tinggi.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News