5 Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas dengan Mudah

Diposting pada

Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas – Di era yang semakin maju saat ini khususnya mengenai bonsai, sangat banyak ide dan kreatifitas untuk membuatnya. Salah satu tanaman yang dapat dibuat bonsai yaitu bunga kertas.

Cara membuat bonsai bunga kertas di Indonesia pun sangat mudah dengan bahan tanaman tersebut sangat banyak dijumpai. Untuk penjelasan kali ini, BonsaiKita.com akan merangkum cara membuat bonsai bunga kertas yang dapat Anda coba sendiri.

Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas

Bonsai Bunga Kertas
Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas

Penasaran bagaimana cara membuatnya yang efisien? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini ya.

1. Siapkan Alat

Untuk langkah pertama cara membuat bonsai bunga kertas yakni Anda harus mempersiapkan alat untuk membuatnya agar lebih cepat dan hasilnya maksimal. Berikut alat yang perlu dipersiapkan:

  • Gunting tanaman
  • Gergaji mini
  • Tang pemotong
  • Kawat dengan diameter 5mm
  • Isolasi kertas
  • Tali rafia

Itulah alat yang bisa Anda siapkan sebelum membuat bonsai bunga kertas.

2. Siapkan Bahan

Langkah yang kedua untuk cara membuat bonsai bunga kertas selain Anda harus mempersiapkan alat yakni juga harus mempersiapkan bahan. Tak usah khawatir, situs BonsaiKita.com telah meringkas terkait bahan-bahan yang perlu disiapkan.

  • Cek : Kumpulan Tips Budidaya Bonsai Lengkap

Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat bonsai bunga kertas:

  • Bibit tanaman bougenville atau yang disebut bunga kertas
  • Pupuk kompos atau kandang
  • Kerikil dan pasir
  • Pupuk anorganik
  • Pot polybag
  • Media tanam

3. Pemilihan Bibit

Bibit tanaman bonsai bunga kertas yang berkualitas dalam keadaan sehat, daun berwarna hijau, tanah subur, dan bebas hama. Bibit tanaman bunga kertas berasal dari hasil cangkok maupun stek.

Bibit yang diambil dari hasil tersebut akan memperkokoh akar dan batang karena tanaman bunga kertas tidak mempunyai akar bercabang. Untuk itu, pemilihan bibit yang berkualitas juga dapat mempengaruhi hasil bonsai kalau sudah jadi.

4. Proses Penanaman

Hal selanjutnya untuk cara membuat bonsai bunga kertas yakni campurkan pasir dengan pupuk kandang lalu tanam bakalan bunga kertas tersebut dan diatasnya berikan sedikit kerikil untuk proses sirkulasi udara dapat masuk ke tanah.

Setelah Anda menanamnya pastikan kondisi sekitar bonsai bunga kertas tidak terlalu panas dan lembab sebab tanaman bunga kertas termasuk dalam kategori simpel untuk cara berkembangnya.

5. Proses Perawatan

Hal terakhir untuk cara membuat bonsai bunga kertas yakni proses perawatan. Proses perawatan sangat berefek jadi atau tidaknya bonsai bunga kertas kelak.

Untuk proses perawatannya pun cukup simpel. Berikan air sehari 2 kali pagi dan sore. Setelah bakalan bonsai bunga kertas telah muncul cabang terus berikan pupuk kompos dan pestisida anti hama.

Pangkas daun yang telah rusak dan Anda bisa mengatur batang bonsai bunga kertas dengan mengaplikasikan kawat untuk mengaturnya sesuai keinginan.

Demikian informasi terkait cara membuat bonsai bunga kertas yang telah dirangkum situs BonsaiKita.com yang dapat Anda coba sendiri dirumah tanpa harus mencari yang sudah jadi. Semoga informasi dari Kami dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *