BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

27 September 2022

Cara Kelola Keuangan Bisnis – Pengelolaan keuangan menjadi satu point penting, yang menentukan keberhasilan atau kegagalan sebuah bisnis.

Sebab ada kalanya beberapa pebisnis memulai bisnisnya dengan modal awal, yang berasal dari pinjaman dana lembaga keuangan.

Alhasil segala hal permodalan bisnis seperti pembukaan rekening tabungan khusus untuk bisnis, angsuran pinjaman modal, serta bunga tabungan wajib dikelola dengan baik, agar tidak berdampak kerugian pada bisnis yang sedang dijalankan. 

Tujuan Pengelolaan Keuangan Bisnis

Cara Kelola Keuangan Bisnis Agar Tak Merugi
Cara Kelola Keuangan Bisnis Agar Tak Merugi

Pengelolaan keuangan dalam bisnis pada dasarnya memiliki beberapa tujuan, yang diantaranya adalah bertujuan untuk :

1. Mengevaluasi Pemanfaatan Dana

Pebisnis akan lebih mudah mengevaluasi pemanfaatan dana, jika telah mengatur keuangan bisnisnya dengan baik.

Pebisnis akan mengetahui kemana akan mengalokasikan dana, dan sejauh mana efektivitas penempatan dana tersebut.

Pebisnis juga mudah mengevaluasi arus kas, serta bagaimana penyelesaian terkait hutang piutang selama menjalankan bisnis. 

2. Mempermudah Perencanaan Keuangan Di Periode Berikutnya

Dengan pencatatan keuangan yang rapi, pebisnis lebih mudah menetapkan harga produk. Pebisnis tidak akan kesulitan menetapkan anggaran biaya produksi, operasional dan biaya lainnya.

Pengelolaan keuangan yang baik mempermudah pebisnis mengetahui arus keluar masuknya dana, sehingga dapat memprediksi besarnya keuntungan, demi penentuan target keuntungan di periode selanjutnya. 

3. Mempermudah Pembayaran Dan Pelaporan Pajak

Pajak merupakan kewajiban semua warga negara tak terkecuali bagi pebisnis. Adanya pencatatan keuangan, akan memudahkan pebisnis memantau pembayaran pajak sekaligus pelaporannya.

Hal ini berpotensi meminimalisir utang pajak, yang berakibat pada denda dan sanksi bagi pemilik bisnis.

4. Berpeluang Besar Dalam Penerimaan Investasi

Catatan keuangan bisnis yang rapi menandakan bahwa pemilik bisnis telah menjalankan usahanya dengan baik.

Selain itu hal ini menjadi sinyal, bahwa pebisnis selalu memantau perkembangan arus keluar masuk dana, hingga mampu mengurangi resiko kerugian.

Sehingga hal ini akan mendatangkan manfaat, berupa kemudahan dalam penerimaan investasi atau permodalan dari pihak lain.

5. Mengurangi Kemungkinan Penggelapan Dana

Salah satu potensi kerugian bisnis adalah, ketika terjadi penggelapan dana yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Sehingga pengelolaan keuangan ini sangat penting dilakukan, guna memantau kemungkinan penggelapan keuangan yang terjadi dalam usaha yang dijalankannya.

5 Cara Tepat Kelola Keuangan Bisnis 

5 Cara Tepat Kelola Keuangan Bisnis 
https://unsplash.com/photos/Hcfwew744z4

Setelah mengetahui tujuan dari pengelolaan keuangan bisnis, lantas bagaimana cara tepat mengelola keuangan bisnis yang sudah berjalan?

1. Miliki Pemahaman Ilmu Pembukuan

Pebisnis bisa memulai dengan pemahaman tentang ilmu pembukuan usaha. Diantaranya pentingnya memiliki buku catatan arus keluar masuknya uang, buku stok barang, buku untuk mencatat transaksi jual beli, buku catatan hutang piutang, pengeluaran biaya operasional, dan bagaimana cara pencatatannya agar lebih mudah dievaluasi.

Tak kalah penting memiliki buku rekening khusus bisnis untuk memantau jumlah keuntungan dan bunga tabungan.

2. Melakukan Pencatatan

Pebisnis hendaknya melakukan pencatatan setiap kegiatan usaha secara rapi dan detail. Pencatatan tentang anggaran, jumlah modal, pengeluaran biaya, pemasukan keuangan termasuk bunga tabungan, keuntungan, jumlah aset, dan jumlah hutang yang harus diselesaikan.

Melalui catatan ini, pemilik bisnis akan lebih mudah mengevaluasi jalannya bisnis.

3. Menyelesaikan Tagihan 

Pebisnis juga harus bijak dalam menyikapi tagihan-tagihan selama bisnis berjalan. Apakah itu berupa tagihan operasional, atau bahkan tagihan pinjaman, jika modal awal bisnis didapat dari meminjam dana pihak lain.

Berapapun keuntungan yang didapat, upayakan untuk memprioritaskan terlebih dahulu pembayaran tagihan, agar tidak menjadi beban di anggaran periode berikutnya.

4. Persiapan Dana Darurat

Keuntungan yang didapat selama bisnis berjalan, ada baiknya dialokasikan untuk menyimpan dana darurat.

Penerimaan bunga tabungan setiap bulannya juga dapat disimpan untuk keperluan ini. Manfaatnya tak lain agar pebisnis siap menghadapi kemungkinan kerugian yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Alokasikan pula keuntungan tersebut untuk program investasi dan asuransi, demi memberikan perlindungan tambahan bagi bisnis..

5. Hindari Penggunaan Rekening Bersama 

Pebisnis harus memiliki dua rekening tabungan yang berbeda, untuk memisahkan keuangan pribadi dan bisnis.

Sebab saat keuntungan bisnis disimpan di rekening keuangan pribadi, maka pebisnis akan kesulitan untuk mengetahui, berapa jumlah keuntungan yang didapat.

Sehingga penting untuk membuat rekening khusus, sebagai alur keluar masuk dana bisnis, sehingga bisa diketahui dengan jelas keuntungan yang didapat dan perputaran modalnya.

Terlebih bunga tabungan dari dua rekening tersebut dapat dimanfaatkan kembali sebagai persiapan dana darurat.

Mudahnya Membuka Rekening Bisnis dengan Aplikasi Digibank By DBS

Berbicara tentang membuka rekening tabungan, mayoritas masih melakukannya dengan cara datang ke lokasi bank, melakukan pendaftaran buka rekening bank, mencari informasi terkait setoran awal, bunga tabungan dan fasilitas yang didapat.

Padahal di zaman serba teknologi ini, segala kebutuhan manusia bisa dilakukan dengan mudah. 

Kemudahan ini ditawarkan dari Aplikasi digibank by DBS, bagi pebisnis yang ingin membuka rekening tabungan, demi kebutuhan bisnis secara online.

digibank by DBS memiliki program tabungan dengan banyak kemudahan dan keuntungan diantaranya :

1. Praktis via Aplikasi

Pembukaan rekening tabungan melalui Aplikasi digibank by DBS tergolong praktis dan mudah. Tak perlu mendatangi lokasi bank dan membawa banyak dokumen persyaratan, arena prosesnya dapat dilakukan melalui satu aplikasi.

Tentunya hal ini akan semakin mempermudah pebisnis, dalam membuat rekening baru khusus untuk bisnis, di tengah kesibukannya menjalankan usahanya. 

2. Kemudahan Verifikasi Data

Jika sebelumnya verifikasi memerlukan pencocokan data yang memakan banyak waktu, membuka tabungan di Aplikasi digibank by DBS hanya memerlukan verifikasi menggunakan face biometric dan e-KTP. 

3. Bebas biaya

Biasanya penarikan dana dan transfer tunai selalu disertai dengan biaya, namun tidak demikian halnya ketika pebisnis membuka tabungan di Aplikasi digibank by DBS.

Keuntungan berupa bebas biaya transfer ataupun penarikan uang di semua ATM untuk 5x transaksi pertama setiap bulannya bisa Anda dapatkan. Dengan syarat minimal saldo rata-rata yang dimiliki Rp 5jt perbulannya. 

Menariknya, Aplikasi digibank by DBS juga memiliki program investasi bagi pebisnis, yang ingin berinvestasi demi tujuan jangka panjang.

Dan semuanya juga dapat dilakukan dengan mudah secara online melalui Aplikasi digibank by DBS.

Jadi, jika Anda seorang pebisnis yang ingin mengembangkan usaha, mulai sekarang percayakan pembukaan rekening tabungan dan investasi, hanya di digibank by DBS.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News