Bagaimana Cara Investasi Reksadana Saham? Kenali Langkahnya

Diposting pada
Cara Investasi Reksadana Saham

Cara Investasi Reksadana Saham – Seperti apa cara investasi reksadana saham yang benar? Sebelum mulai berinvestasi pada reksadana Anda perlu memahami seluk beluknya. Bukan hanya sekedar berinvestasi tapi tidak tahu seperti apa keuntungan dan cara melakukannya. 

Reksadana sendiri merupakan produk investasi kumpulan dana untuk dikelola sebagai modal investasi. Dana tersebut dapat dikonversikan ke berbagai jenis produk, seperti obligasi, saham, dan produk keuangan lain. 

Saham sendiri adalah salah satu jenis instrumen investasi yang terkenal bersifat high risk high return. Kenali pengertian lebih lengkapnya berikut ini. 

Apa Itu Reksadana Saham dan Keuntungannya 

Reksadana saham merupakan salah satu jenis investasi di mana Anda sebagai investor nantinya akan memiliki portofolio berupa saham. Bedanya dengan investasi saham adalah portofolio ini dikelola oleh manajer investasi. 

Cara investasi reksadana tergolong lebih praktis, karena Anda tidak perlu terjun langsung mengamati fluktuasi harga saham. Manajer investasi lah yang akan menjual dan membeli saham ketika harganya memungkinkan untuk transaksi. 

Tanpa harus terjun langsung mengelola, Anda sebagai investor tentu akan diuntungkan. Hanya saja meskipun Anda tidak terjun langsung, tetap penting untuk mengenali cara investasi yang benar. 

Cara Investasi Reksadana Saham yang Perlu Anda Tahu 

Setiap investasi selalu ada untung dan rugi, hanya saja seberapa banyak keuntungan dan kerugian yang didapat tergantung bagaimana Anda cara investasi reksadana saham. Lalu bagaimana cara agar Anda bisa untuk maksimal dalam investasi reksadana? 

Ada beberapa cara investasi reksadana yang bisa Anda ikuti sebagai berikut. 

1. Membuka Rekening di Perusahaan yang Menyediakan Reksadana

Langkah pertama adalah dengan memilih perusahaan penyedia reksadana. Dulu untuk membuka rekening Anda harus pergi ke bank satu ke lainnya. Kini Anda tinggal memilih saja penyedia secara online. Bahkan beberapa bentuknya adalah aplikasi. 

2. Memilih Jenis Reksadana untuk Investasi

Pada bagian ini Anda harus menentukan manakah perusahaan yang bonafit diinvestasikan. Supaya tidak salah sebaiknya diteliti lebih lanjut mengenai laporan kinerja dari reksadana tersebut sedikitnya dalam lima tahun terakhir.  

3. Mulai Berinvestasi pada Reksadana yang Dipilih

Cara investasi reksadana selanjutnya adalah dengan mengeluarkan dana. Investasi yang Anda berikan akan langsung dikelola oleh manajer investasi pada instrumen reksadana yang sudah Anda pilih sejak awal. 

4. Menikmati Keuntungan

Setelah dana tersebut diinvestasikan dengan benar oleh manajer investasi, Anda tinggal menikmati keuntungan yang dihasilkan saja. Anda tidak perlu lagi melakukan analisa sendiri, jika masih memiliki dana lebih Anda masih bisa menggelontorkan uang lagi. 

Hal yang perlu diingat dalam cara investasi reksadana yang benar adalah tujuan keuangannya. Ketika Anda memahami cara investasi reksadana saham, artinya sudah siap dengan tujuan keuangan jangka panjang. Setidaknya target investasi di bawah 15 tahun. 

Baru dengan tujuan tersebut Anda akan menikmati keuntungan yang sebenarnya. Untuk memulai Anda bisa mencari penyedia investasi reksadana. Salah satu yang terbaik dan terpercaya adalah digibank by DBS. 

digibank by DBS Aplikasi Terbaik untuk Investasi Reksadana

Melakukan investasi kini bisa dilakukan dengan cepat dan dari mana saja karena berbasis digital seperti melalui digibank by DBS yang merupakan digital banking yang mudah diakses oleh siapa saja termasuk para pemula yang ingin mencoba investasi. 

Kehadiran digital banking sendiri memudahkan masyarakat untuk mengakses semua layanan perbankan. Baik itu aktivitas perbankan seperti membuka tabungan, mengajukan pinjaman bahkan investasi reksadana dengan mudah dilakukan.

Selama menggunakan digibank by DBS modal yang Anda butuhkan hanyalah Rp100.000, saja, Anda sudah bisa melakukan investasi dari sekarang. Investasi yang dilakukan lebih stabil, likuiditas tinggi dengan resiko yang rendah. 

Apalagi semua pengelolaan akan dilakukan oleh manajer investasi yang kredibel. Selama Anda menggunakan digibank by DBS, seluruh cara investasi reksadana akan dipermudah dengan hadirnya kelima keuntungan menurut BonsaiKita.com berikut ini. 

1. Menyediakan 3 Kategori Reksadana Pilihan

Keuntungan yang pertama dihadirkan adalah masing-masing reksadana telah dibagi menjadi tiga kategori utama yaitu reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler dan juga scoring terbaik. 

Sebagai investor pemula, Anda tentu perlu tahu manakah reksadana yang aman untuk investasi. Adanya kategori ini akan memudahkan Anda untuk tetap up to date dengan pilihan reksadana terbaik. 

2. Pembelian Mulai dari Rp100.000

Tidak semua investasi reksadana dimulai dengan dana jutaan bahkan puluhan juta. Kini Anda bisa investasi hanya dengan modal kecil yaitu Rp100.000 saja. Anda pun bisa lebih lega dan merasa aman tanpa takut rugi lagi. 

3. Pilihan Produknya Lebih dari 50 dan Lengkap

Anda akan disuguhkan dengan banyak sekali reksadana, jumlahnya lebih dari 50 produk yang menjadi sajian lengkap investasi ala rumah makan Padang. Kelima puluh lebih produk ini, selain dibagi dalam tiga kategori di atas juga bisa Anda pilih sesuai dengan filter dan sortir yang telah disediakan. 

Anda bisa memanfaatkan filter berdasarkan manajer investasi, scoring infovesta,  jenis reksadana, mata uang sampai resikonya. Semua informasi prospektus dan lainnya bisa dengan mudah dilihat. 

4. Mudah untuk Daftar SID, Jual, Beli dan Switch

Sebagai pembeli pertama, Anda bisa mendaftar sebagai Single Investor Identification (SID) juga di digibank by DBS. Setelah itu Anda bisa langsung membeli, atau bahkan menjual dan switch investasi hanya dengan satu aplikasi saja. 

5. Pembelian dapat Dilakukan Berkala 

Terakhir, Anda bisa lebih fleksibel dalam pembelian secara berkala. Tidak perlu mendaftar ulang ketika ingin membeli. Bahkan Anda juga bisa dengan leluasa mengubah nominal investasi, tanggal pendebetan sampai informasi mengenai transaksi reksadana lainnya. 

Begitu mudah cara investasi reksadana saham yang bisa Anda ikuti di digibank by DBS. Inovasi berinvestasi melalui aplikasi ini tidak boleh dilewatkan jika Anda ingin belajar bagaimana cara investasi. 

Khususnya untuk produk reksadana yang ada banyak pilihan dan keuntungannya cukup menjanjikan. Ingin melakukan pembelian berkala, menghentikannya atau bahkan mengalihkan reksadana? Semuanya sudah tersedia dengan lengkap dan akses mudah. 

Penasaran bagaimana cara investasi reksadana saham di aplikasi? Anda bisa mulai investasi dari sekarang dengan menginstal aplikasi digibank by DBS sekarang juga di smartphone. Jangan lupa juga untuk follow Instagram @digibankid supaya tidak ketinggalan informasi investasi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *