Cara Buat Pot Bonsai

Tutorial Lengkap 5 Cara Buat Pot Bonsai

Diposting pada

Cara Buat Pot Bonsai – Sebagai salah tanaman hias yang paling banyak di sukai masyarakat, bonsai selalu diletakkan pada pot yang unik dan menarik. Tidak jarang dari pecinta tanaman, mereka lebih suka membuat potnya sendiri. Untuk itu, ketahui cara buat pot bonsai dengan langkah mudah agar tampilannya menarik.

Bagaimana Cara Buat Pot Bonsai?

(Foto : Pinterest)

Berbicara mengenai pot pada tanaman hias, pasti tidak akan pernah lepas dari bahan – bahan berkualitasnya. Supaya hasil potnya nampak bagus, kuat dan tahan lama. Salah satunya sebagai penempatan tanaman bonsai, Anda harus mengetahui langkah demi langkah cara membuatnya.

1. Pilih Bahan yang Berkualitas

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membuat pot tanaman bonsai, Anda harus memilih berbagai macam bahan yang diperlukan dengan kualitas terbaik. Tujuannya, supaya nanti hasil dari potnya bisa lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Seperti misalnya saja tersenggol sedikit, pecah.

Jadi, usahakan memilih bahan / material untuk pembuatan pot yang memiliki kualitas terbaik. Bahan untuk membuat pot tanaman bonsai tidak sulit. Justru sangat mudah untuk menemukannya di pasaran. Mulai dari semen, pasir, kawat, meja, perkakas, ember, air, gayung dan lain – lain.

2. Proses Pembuatan Pot Bonsai

Sebelum membuat pot bonsai, Anda harus mengetahui berapa ukuran pot yang sesuai untuk tanamannya. Setelah itu, buatlah pola potnya dengan mengandalkan kawat, kemudian sesuaikan saja desainnya dengan keinginan. Jika sudah selesai, langsung membuat adukan semen campur pasir.

Pastikan campuran antara semen dan pasirnya memiliki komposisi yang pas / cukup, tidak berlebihan. Kemudian, lumuri pola kawatnya menggunakan adukan semennya tadi secara bertahap. Jangan lupa untuk melubangi drainasenya. Jika sudah, keringkan potnya di bawah sinar matahari.

Tips Setelah Membuat Pot Bonsai

pot bonsai
(Foto : Pinterest)

Setelah potnya kering karena efek dari sinar matahari, ada baiknya Anda tidak langsung menggunakannya untuk menanam tanaman bonsai. Itu karena sifat semen memiliki kandungan yang mengandung hawa cukup panas serta adanya zat kimia yang justru membahayakan tanamannya.

Oleh karena itu, tidak direkomendasikan untuk langsung menggunakannya walaupun sudah kering. Ada baiknya Anda merendam potnya menggunakan air, kira – kira bisa direndam sekitar kurang lebih satu mingguan saja. tujuannya adalah untuk mengangkat hawa panasnya serta membuang zat kimia.

Itulah beberapa penjelasan secara mendalam, terkait cara buat pot bonsai beserta dengan tips yang harus diperhatikan setelah membuat pot tanaman hias tersebut. Semoga langkah pembuatan pot di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang masih pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *