Bunga Wijaya Kusuma

Diposting pada

Bunga Wijaya Kusuma – Bunga wijaya kusuma memiliki bau harum semerbak yang sangat kuat ketika bermekaran. Bentuknya cantik dan indah dipandang dengan dominasi warna putihnya. Di balik itu semua, ada berbagai macam mitos yang menyelimuti jenis tanaman unik satu ini.

5 Mitos Bunga Wjiaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma

Terdapat banyak jenis mitos yang berdekatan dengan bunga wijaya kusuma satu ini. Selain itu, tanaman ini memiliki nama latin Epiphyllum anguliger, ada juga orang menyebutnya sebagai si ratu malam. Mungkin karena mekarnya kembang ini hanya pada malam hari saja. Lalu apa sajakah mitos-mitosnya?

1. Merupakan Bunga Para Raja dan Ratu

Salah satu mitos dari bunga wijaya kusuma ini adalah tanaman ini merupakan favorit para ratu dan raja. Selain itu, warnanya juga elegan dan kelopaknya sangat indah. Orang-orang memberikan tanaman ini julukan night blooming cereus.

Bunga wijaya kusuma menjadi salah satu spesies tanaman langka. Karena pada zaman dahulu, untuk mendapatkannya para pengawal harus pergi ke hutan hanya agar bisa memetik satu buah saja. Maka dari itu, tidak heran jika kerajaan yang mempunyai kembang ini menjadi kerajaan makmur.

2. Tanaman Asli Indonesia

Nama latinnya adalah Epiphyllum anguliger. Mampu bertahan dalam cuaca panas ekstrem sekalipun.Banyak orang berpikir bahwa bunga wijaya kusuma adalah kembang asli dari Indonesia. Namun, faktanya tanaman ini adalah spesies yang berasal dari Venezuela, Amerika Selatan.

Bunga ini bisa sampai ke Indonesia karena dibawa oleh para pedagang Cina menggunakan jalur laut pada masa kerajaan Majapahit. Selain itu, jenis tanaman tersebut lambat laun diberi nama julukan ratu malam. Karena adanya mitos jika mampu menemukan bunga ini di malam hari, maka bisa cepat mendapat anak.

3. Tanaman Hias Membawa Untung

Orang-orang pada zaman dahulu percaya bahwa tanaman wijaya kusuma ini dapat membawa untung. Selain itu, jenis kembang ini juga sebagai pembawa kemakmuran bagi suatu keluarga yang memilikinya. Ini berasal dari arti wijaya kusuma dimaknai sebagai kemenangan mutlak seorang raja.

Mitos mengatakan bahwa orang-orang yang mampu menyaksikan mekarnya bunga wijaya kusuma pada malam hari akn memperoleh keberuntungan. Bahkan dikatakan bahwa keberuntungan itu akan didapat secara beruntun seperti orang kaya atau bangsawan.

4. Dapat Mengangkat Derajat Pemiliknya

Mitos selanjutnya dari bunga wijaya kusuma ini adalah dapat mengangkat derajat pemilik dari tanaman ini. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa tanaman ini adalah favoritnya raja dan ratu. Jadi, siapapun yang menanam dan memilikinya, maka derajatnya akan ditinggikan seperti seorang raja dan ratu.

Dahulu, wibawa dari pemilik kembang wijaya kusuma ini juga terlihat jauh berbeda. Wajahnya terlihat bersinar dan penuh karisma saat dipandangi. Bahkan, ada beberapa orang, khususnya anak muda yang membawa tanaman ini sebagai alat untuk menarik jodoh.

5. Bunga yang Mistis

Beberapa orang bahkan sebagian besar menganggap bahwa bunga wijaya kusuma memiliki aura mistis cukup kuat. Ada mitos yang mengatakan bahwa kehadiran tanaman ini di rumah akan dapat membuat pemiliknya merinding. Bahkan, ketakutan dengan aura magis dari jenis kembang-kembangan ini.

Ada juga beberapa orang zaman dahulu yang mempercayai bahwa bunga ini adalah tanaman hias kesukaan ratu pantai selatan. Hingga, masyarakat Jawa menganggap jika kembang ini khusus diciptakan sebagai sesajen dan juga simbol dari Nyai Roro Kidul yang merupakan penguasa pantai selatan Jawa.

6 Manfaat Bunga Wjiaya Kusuma

Beberapa kegunaan bunga wijaya kusuma untuk kesehatan ini dapat didapat dengan beragam langkah, misalkan dengan minum air rebusan bunga atau sisi tanaman yang lain, digiling lembut dan dibalurkan di kulit yang memiliki masalah, atau minum air rendaman bunga.

Karena jumlahnya senyawa yang berguna dalam bunga wijaya kusuma, berikut faedahnya untuk kesehatan yang harus dipahami.

1. Anti-oksidan

Anti-oksidan penting untuk kesehatan karena menolong membuat perlindungan badan dari radikal bebas yang bisa menghancurkan beberapa sel badan dan bisa memunculkan permasalahan kesehatan serius seperti kanker.

Bunga yang dikenali sebagai ratu malam karena kegiatan mekarnya bunga ini cuman saat malam hari, dan besok paginya ketika matahari sudah keluar bungan ini segera layu, sanggup sanggup menghalangi peroksidase lipid pada makanan.

Kandungan fenolik dalam konsentrat daun bunga wijaya kusuma dideteksi lumayan tinggi dan pas dimakan teratur untuk mempertahankan kesehatan. Anti-oksidan dalam bunga wijaya kusuma ini disambungkan dengan anti-inflamasi dan antikanker.

2. Membantu Mengobati Batuk

Beberapa kandungan dalam bunga wijaya kusuma berguna untuk mengobati beberapa penyakit pernafasan seperti batuk, TBC (tuberkulosis), dan asma.

Supaya memperoleh faedah bunga wijaya kusuma untuk kesehatan paru-paru ini, Mam dan Dads bisa rebus bunga wijaya kusuma dan diminum dengan teratur untuk menolong menurunkan batuk, TBC, dan asma. Bila dirasakan terlampau pahit, Mam dan Dads bisa menambah gula batu atau gula aren.

Tetapi, bila tanda-tanda batuk dan asma jadi berlanjut dan tidak lebih baik sepanjang beberapa minggu, seharusnya Mam dan Dads memeriksa diri ke dokter untuk memperoleh bantuan klinis yang akurat. Dan pada pasien penyakit TBC sebaiknya masih tetap konsumsi obat dari sisi minum air rebusan bunga kusuma wijaya supaya lebih efisien dan cepat pulih.

TBC ialah penyakit karena infeksi bakteri yang benar-benar menyebar dan bisa mematikan bila diatasi secara benar. Beberapa pertanda penyakit TBC, yaitu batuk sepanjang tiga minggu ataupun lebih yang dibarengi darah atau lendir dan ngilu di dada.

3. Membantu Mengobati Pendarahan Kandungan

Rupanya faedah bunga wijaya kusuma untuk kesehatan jika diminum air rebusannya bisa menolong hentikan pendarahan pada tubuh, terhitung pendarahan kandungan atau paru-paru yang disebabkan karena faktor-faktor.

Faedah bunga wijaya kusuma ini sudah dijumpai warga di tempat dan jadi obat tradisionil dari dulu. Karena bunga wijaya kusuma cukup sangat jarang dan lama mekar, umumnya bunga kusuma wijaya harus diletakkan dengan proses pengeringan untuk digunakan sebagai penyembuhan tradisionil.

4. Obat Sesak Napas

Sebagian orang yakin jika konsumsi seduhan bunga wijaya kusuma, yakni bunganya dikeringkan selanjutnya dimakan dengan direbus selanjutnya airnya diminum bisa menurunkan infeksi untuk yang mempunyai gempuran batuk, napas sesak atau asma.

Umumnya, konsentrat bunga wijaya kusuma ini diminum sekitar 2x dalam satu hari. Dengan dipertambah madu atau gula batu hingga cita-rasanya lebih manis.

5. Menetralisir Penyumbatan Darah

Kehadiran saponin membuat faedah bunga wijaya kusuma untuk kesehatan dapat menetralisir penyumbatan darah. Peredaran darah yang tidak lancar yang disebabkan penyumbatan oleh lemak atau cholesterol, bisa memunculkan penyakit stroke dan jantung.

Dengan minum air rebusan bunga wijaya kusuma dengan teratur dan teratur, bisa menetralisir lemak jahat dalam pembuluh darah yang menjadi satu diantara pemicu tersumbatnya pembuluh darah.

6. Dampak Analgesik

Salah satunya riset di India menunjukkan jika faedah bunga wijaya kusuma untuk kesehatan dengan memberi dampak analgesik atau penurun merasa sakit untuk badan.

Dampak analgesik dibutuhkan untuk salah satunya anggota badan yang rasakan ngilu, misalkan pada pasien radang persendian, saat operasi, sakit gigi, sakit di kepala, kram menstruasi, dan ngilu otot sesudah olahraga berat.

Demikian uraian dari BonsaiKita.com mengenai mitos-mitos mengenai bunga wijaya kusuma ini. Ada banyak hal yang menyelimuti bunga cantik dan mempesona ini. Mulai dari hal-hal positif hingga negative, semuanya ada dan dapat Anda percayai atau tidak. 

Beri Penilaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.