5 Keunikan Bunga Terompet yang Perlu Kamu Ketahui, Bisa Juga buat Kesehatan!

Bunga Terompet – Ada sebuah peribahasa bahasa Inggris populer mengeluarkan bunyi “don’t judge a book by its cover”.

Artinya adalah kita semestinya tidak memandang suatu hal cuma dari performa luarnya saja. Suatu hal yang terlihat jelek bisa saja sebetulnya baik dan berguna untuk kita.

Janganlah lupa jika hal kebalikannya juga berlaku. Suatu hal yang di luar terlihat elok dan menarik bisa saja simpan bahaya, bahkan juga memberikan ancaman nyawa.

Hal tersebut bisa diKeunikankan betul dalam tumbuhan bunga Terompet. Tumbuhan ini punyai bunga yang paling elok, tetapi rupanya begitu membahayakan.

Ingin mengetahui lebih dalam masalah tumbuhan yang dikatakan sebagai angel’s trumpet dengan bahasa Inggris ini? Berikut lima Keunikan masalah tumbuhan itu.

Keunikan Bunga Terompet

Bunga Terompet
Bunga Terompet

1. Terbagi dalam banyak spesies

Bunga Terompet sebagai panggilan untuk tumbuhan berbunga dari genus Brugmansia. Tumbuhan ini masih berkerabat dengan kecubung (Datura metel), tetapi berlainan tipe.

Ada tujuh spesies tumbuhan bunga Terompet, salah satunya bunga Terompet merah (Brugmansia sanguinea), bunga Terompet putih (Brugmansia suaveolens), dan bunga Terompet emas (Brugmansia aurea).

Situs Britannica menyebutkan jika semua spesies bunga Terompet tumbuh dengan alami di Pegunungan Andes, Amerika Selatan.

Tetapi, bunga ini banyak juga diperbudidayakan dan jadi tanaman hias di beberapa wilayah beriklim tropis atau sedang.

2. Mempunyai bunga berwujud Terompet yang elok

Tumbuhan bunga Terompet terhitung tipe tumbuhan semak yang dapat tumbuh lumayan besar. Tingginya dapat capai 8 mtr.. Sisi sangat menarik dari tumbuhan ini pasti bunganya yang seperti Terompet.

Baca Juga :   Cara Merawat Bunga Kertas dan 6 Manfaatnya untuk Kesahatan

Ukuran bunganya lumayan besar: panjangnya dapat capai 50 cm dan lebarnya 30 cm saat mekar. Yang jelas, bunganya benar-benar elok dan mempunyai beragam warna.

Terkecuali bunga Terompet merah, semua spesies tumbuhan ini mempunyai bunga yang harum secara alami. Tersebut penyebabnya tumbuhan ini bisa saja tanaman hias yang paling cantik.

3. Semua sisi tumbuhan ini beracun

Tetapi, dibalik kecantikannya itu, bunga Terompet mempunyai rahasia menakutkan.

Semua sisi tumbuhan ini, dimulai dari akar sampai bunganya, memiliki kandungan toksin yang mematikan! Kandungannya meliputi atropin yang dapat membuat sakit di kepala dan penglihatan buram dan scopolamine yang dapat mengakibatkan muntah dan mual.

Situs WebMD menyebutkan jika konsumsi sisi mana saja dari tumbuhan ini dapat mengakibatkan ketidaktahuan, rasa haus yang hebat, demam, dan jantung berdebar.

Dampak yang lebih kronis meliputi fantasi, kehilangan daya ingat, kelumpuhan, bahkan juga kematian. Takut sekali, kan?

4. Sering disalahpergunakan

Sayang, karena dampak fantasinya, tumbuhan ini sering disalahpergunakan. Beberapa dukun disekitaran Pegunungan Andes, misalkan, sukai memakai tumbuhan ini. Kabarnya, bunga ini dipakai untuk berimajinasi dan terkait dengan dunia arwah.

Situs Education Quizzes memberikan laporan jika beberapa pemakai narkoba sering memakai tumbuhan ini untuk memperoleh kesan fantasi. Tetapi, dampaknya dapat semakin menakutkan dari yang dipikirkan.

Pada sebuah kasus, misalkan, seorang sampai menggunting bagian-bagian badannya saat berimajinasi karena tumbuhan ini!

Karena sanggup membuat penggunanya kehilangan kesadaran, tumbuhan ini sering dipakai beberapa penjahat untuk membius korbannya. Karenanya, beberapa negara larang membudidayakan tumbuhan ini.

Di Indonesia sendiri, menanam tumbuhan ini diperbolehkan. Tetapi, jika kamu ingin menanamnya, kamu harus benar-benar waspada.

5. Juga bisa dipakai sebagai obat

Walau beracun dan dapat mengambil nyawa, sebetulnya tumbuhan bunga Terompet juga punyai faedah lainnya dari sisi sebagai tanaman hias.

Baca Juga :   5 Inspirasi Lukisan Bunga yang Bisa Memperindah Hiasan Rumah

Tumbuhan ini dapat dipakai sebagai obat tradisionil, misalkan obat asma, artritis, reumatik, dan iritasi kulit.

Tetapi, WebMD mengingati jika tidak ada riset ilmiah mengenai seberapa banyak jumlah yang pas untuk pemakaiannya.

Tersebut lima Keunikan tumbuhan bunga Terompet, tumbuhan berbunga elok yang rupanya mematikan. Telah yakin jika suatu hal yang terlihat elok itu bisa juga beresiko, kan?

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News