BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

27 September 2022

Bunga Teratai – Tidak cuma terkenal sebagai lambang keelokan dan keromantisan, bunga sudah banyak digunakan warga semenjak jaman dulu untuk mempertahankan kesehatan badan sampai menjaga kecantikan kulit. Satu diantaranya ialah bunga teratai.

Bunga teratai populer hidup di atas air yang tenang. Bunga yang terhitung ke tanaman hias ini lebih banyak diperbudidayakan di Asia.

Tidak cuma untuk kesehatan dan kecantikan, bunga teratai mempunyai manfaat di dunia kulineran di beberapa negara Asia.

Sekilas Tentang Bunga Teratai

Teratai atau lotus sudah lama dipakai sebagai bahan masakan atau penyembuhan tradisionil di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Tanaman yang memiliki umur panjang ini punyai lebih dari 100 spesies dan rupanya menjadi obat. Lalu, apa Manfaat bunga teratai untuk kesehatan dan kecantikan?

Kemungkinan tipe yang paling kamu ketahui ialah singgel-flower lotus dalam jumlah kelopak sekitaran 12 buah.

Tipe yang lain terhitung dalam double-flower lotus, di mana jumlah kelopaknya dapat semakin dari 100 buah.

10 Manfaat Bunga Teratai

Bunga Teratai
Bunga Teratai

Walau biasanya disaksikan sebagai hiasan, tapi kenyataannya ada macam Manfaat bunga teratai untuk kesehatan dan kecantikan, lho!

Ingin tahu? Yuk, cari info apa Manfaatnya di bawah ini.

1. Sebagai Obat Diare

Sudah lama, orang Tiongkok manfaatkan bunga teratai sebagai obat tradisionil untuk menangani diare.

Untuk memakai obat tradisionil ini, Anda perlu memakai biji teratai dan memendamnya di air hangat sepanjang beberapa saat. Kemudian, tambah sedikit gula batu, dan Anda tinggal meminum saja.

Biji teratai putih dijumpai mempunyai beberapa kandungan antidiare yang berguna. Disamping itu, biji bunga teratai putih mempunyai kandungan senyawa yang berguna.

Seperti alkaloid, fenolat, tanin, flavonoid, monoterpen dan seskuiterpen, steroid dan triterpenoid, kuinon, dan saponin.

Tetapi, saat sebelum manfaatkan biji teratai untuk menangani diare, Anda perlu ketahui pemicu diarenya lebih dulu.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan seorang alami diare. Bisa disebabkan infeksi virus, bakteri, alergi makanan, malnutrisi, atau disebabkan karena efek beberapa obat yang dimakan.

Biji teratai memanglah bisa menolong menangani diare. Namun, bila diare itu disebabkan karena infeksi bakteri, karena itu kandungan pada biji teratai tidak menolong.

Anda masih tetap membutuhkan antibiotik untuk menangani diare yang disebabkan karena infeksi bakteri.

2. Menetralisir Gula Darah

Manfaat selanjutnya dari bunga teratai untuk menetralisir gula darah. Untuk memperoleh Manfaat ini, Anda dapat ambil sisi akar dari bunga teratai.

Akar teratai memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang menolong menetralisir gula darah.

Kandungan karbohidrat kompleks dan serat pada akar teratai membuat lebih lamban diolah badan.

  • Cek : Informasi Bunga Terlengkap dan Tercantik

Dengan demikian, kenaikan gula darah sesudah makan dapat semakin termonitor secara baik. Disamping itu, konsumsi karbohidrat kompleks dapat menolong Anda mengatur berat tubuh.

3. Mengatur Penekanan Darah

Teratai mempunyai kandungan kalium yang lumayan banyak. Ada kalium jadikan bunga teratai bisa menolong jaga kesetimbangan cairan dan jaga pembuluh darah masih tetap terbuka.

Dengan demikian, tekanan darah pada tubuh akan jadi lebih termonitor.

Selainnya jaga tekanan darah, Manfaat bunga teratai dapat menolong membuat perlindungan dari stroke, menahan osteoporosis, dan turunkan risiko batu ginjal.

Ada kandungan kalium pada bunga teratai dapat menolong turunkan tekanan darah ke orang yang mempunyai keadaan hipertensi.

4. Menangani Permasalahan Pencernaan

Sama seperti yang disebut awalnya, akar pada teratai mempunyai kandungan serat dan karbohidrat kompleks.

Kandungan ini berguna untuk mempertahankan kesehatan mekanisme pencernaan. Ada serat bisa menolong sediakan sumber makanan untuk bakteri baik di usus.

Seterusnya, bakteri baik akan menghasilkan senyawa yang membuat perlindungan kesehatan usus. Dengan demikian, mekanisme pencernaan akan terlindung.

5. Membantu Memudahkan Infeksi

Infeksi sebagai keadaan yang membikin tidak nyaman. Umumnya, radang dibarengi dengan kesan panas dan ngilu.

Untuk kurangi kesan ini, Anda dapat manfaatkan biji teratai dari varietas teratai merah dan putih.

Biji teratai merah dan putih dijumpai memiliki kandungan senyawa namanya plumule. Senyawa ini mempunyai dampak anti inflamasi dan anti-oksidan yang tinggi.

Dengan demikian, tanda-tanda infeksi dan kesan tidak nyaman yang ada saat infeksi dapat terselesaikan.

6. Menaga Daya Tahan Badan

Di zaman wabah seperti saat ini, mempertahankan kesehatan dan ketahanan badan jadi suatu hal yang penting.

Satu diantaranya dengan konsumsi vitamin C dengan jumlah yang cukup. Siapakah yang menduga jika kandungan vitamin C ini bisa juga Anda peroleh dari sisi tangkai tanaman teratai.

Manfaatkan bunga teratai untuk jaga ketahanan badan cukup sederhana. Anda tinggal rebus sisi akar dan tangkai teratai sepanjang 10 menit. Apabila sudah, Anda dapat mengkonsumsinya seperti umumnya.

7. Penurun Ngilu Haid

Sudah lama, orang Tiongkok memakai Manfaat bunga teratai untuk menurunkan ngilu haid.

Disamping itu, bunga teratai biasa digunakan untuk memperlancar transisi haid dan hentikan pendarahan yang berlebihan.

Umumnya, sisi akar, daun, dan tangkai teratai dibuat jadi juice atau sup untuk dimakan saat sebelum periode menstruasi. Sayang, sedikit riset ilmiah yang menkonfirmasi Manfaat bunga teratai untuk menstruasi.

8. Menghilangkan Jerawat

Teratai biasa dipakai untuk perawatan muka dan kecantikan. Satu diantaranya untuk menolong hilangkan jerawat.

Umumnya, teratai akan diseduh atau dipertambah dalam teh hijau yang hendak diminum. Langkah ini dipercayai bisa menolong kurangi kandungan sebum yang mengakibatkan munculnya jerawat.

Selainnya digunakan langsung, Anda bisa juga cari produk perawatan muka yang memiliki kandungan konsentrat teratai.

Untuk hasil yang optimal, Anda perlu tetap lakukan perawatan muka dengan teratur. Yakni dengan bersihkan muka dengan teratur, kurangi frekwensi sentuh muka, dan memakai obat jerawat bila dibutuhkan.

9. Menjaga Berat Badan

Teratai adalah tanaman yang banyak memiliki nilai nutrisi dan rendah kalori. Gabungan ini sebagai gabungan pas untuk Anda yang ingin jaga berat tubuh.

Konsumsi bunga teratai tidak cuma menolong Anda lebih sehat, tetapi juga tidak membuat kalori Anda semakin bertambah terlalu berlebih.

Kandungan serat yang ada pada teratai dapat memberi dampak kenyang yang semakin lama. Hingga Anda tidak gampang tertarik untuk nikmati camilan antara interval waktu makan khusus.

Disamping itu, teratai mempunyai elemen aktif yang bisa menolong kurangi kandungan lemak badan.

10. Menyehatkan Kulit

Teratai kaya kandungan vitamin A didalamnya. Vitamin A sebagai senyawa yang banyak memiliki Manfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.

Disamping itu, vitamin A mempunyai karakter anti-oksidan dan bisa menolong proses pengobatan cedera.

Ada karakter anti-oksidan pada teratai membuat tanaman ini bisa membuat perlindungan kulit Anda dari radiasi ultraviolet matahari.

Disamping itu, karakter anti-oksidan menolong Anda mencegah radikal bebas.

Nah, demikian ulasan dari situs BonsaiKita.com mengenai pengertian dan 10 Manfaat bunga teratai untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya guys!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News