Bunga Telang

Diposting pada

Bunga Telang – Bunga telang atau Clitoria ternatea merupakan sebuah tanaman yang cukup terkenal dengan ciri khas berwarna biru cerah. Jenis bunga satu ini ternyata dapat dimakan dan dioleh menjadi berbagai macam olahan. Bahkan, orang pada zaman dahulu menggunakannya sebagai obat tradisional dan Ayurveda.

Ragam Manfaat Bunga Telang yang Patut Diketahui

Bunga Telang
Bunga Telang

Ada banyak khasiat bunga biru ini yang patut untuk diketahui. Karena memang jenis tanaman satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga pengobatan secara alami. Bahkan orang-orang juga sering mengolahnya menjadi teh atau berbagai macam olahan lainnya.

Sebelum mengolahnya, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaatnya terlebih dahulu.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani program diet, bunga telang ini dapat membantu dalam mempercepat penurunan berat badan Anda. Untuk dapat mengonsumsinya, Anda bisa mengolahnya menjadi teh bunga telang. Agar lebih nikmat dan segar saat dikonsumsi.

Cara membuatnya juga cukup mudah, tinggal seduh bunga telang dengan air hangat saja. Kemudian warna aslinya akan segera terlihat. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa tanaman ini mampu mencegah dan melawan penyakit hati berlemak. Maka dari itu sangat ampuh menurunkan berat badan.

2. Dapat menjadi Paracetamol Alami

Selain menurunkan berat badan, manfaat berikutnya dari bunga jenis ini adalah dapat berfungsi sebagai paracetamol alami. Anda bisa menggunakan tanaman satu ini untuk pengobatan saat terkena demam. Ini karena adanya kandungan dan sifat yang mirip dengan paracetamol itu sendiri.

Cara mengonsumsinya masih sama, yakni dengan dibuat sebagai teh. Suatu peneltian telah membuktikan bahwa esktraknya dalam jumlah sebanyak 200-400 mg mampu menurunkan demam. Dengan catatan dalam kurun waktu 5 jam setelah mengonsumsinya.

3. Bermanfaat untuk Kesehatan Mata.

Bunga jenis ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Untuk pengobatan dan juga penjagaannya. Anda bisa mengonsumsi seduhan bunga telang secara rutin. Salah satu kebaikannya adalah karena tanaman satu ini mengandung cukup tinggi antioksidan.

  • Baca Juga : 10 Jenis Bunga Mawar Tercantik dan Beragam Jenis

Antioksidan mampu untuk meningkatkan aliran darah menuju kapiler mata. Dengan begitu, peredaran darah ke area ini menjadi lebih lancar dan terkendali. Maka dari itu, tidak heran jika penglihatan dapat terpelihara dan memperbaiki kesehatannya secara berkala.

4. Membantu Memerangi Efek Diabetes

Diabetes menjadi salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Indonesia menempati posisi yang cukup tinggi perihal satu ini. Untuk dapat memerangi efek sampingnya, Anda bisa mengonsumsi teh bunga telang secara rutin.

Aturan minumnya yakni secangkir pada waktu makan. Langkah ini dapat membantu dalam menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah dan sekaligus juga menurunkan glukosa darah. Sebab, kandungan yang ada dalam bunga ini mampu untuk menghambat penyerapannya secara berlebihan dari makanan.

5. Mengurangi depresi

Bunga jenis ini mempunyai dampak untuk kurangi depresi menurut riset dalam “Pharmacology Biochemistry and Behavior”. Konsentrat bunga telang sudah ditelaah dan hasilnya memberikan kekuatan bunga telang sebagai obat antidepresan.

Tanaman telang bisa mengendurkan otot pembuluh darah lembut hingga menolong saluran darah dan menurunkan depresi.

6. Membantu menghilangkan asma

Bunga jenis ini bisa dibuktikan mempunyai dampak untuk membantu menghilangkan asma menurut riset dalam “Journal of Ethnopharmacology” tahun 2011. SIfat anti-inflamasi dalam bunga telang bekerja dengan kurangi infeksi, bengkak, dan produksi lendir di aliran udara pasien asma.

Mengakibatkan, infeksi di aliran menyusut dan condong tidak bereaksi hingga asma bisa dijauhi. Konsumsi bunga telang memungkinkannya pasien asma supaya mempunyai kontrol yang lebih bagus atas keadaan mereka.

7. Mempertahankan kesehatan jantung

Tanaman telang memiliki kandungan anti-oksidan yang bukan hanya membuat perlindungan badan dari infeksi tapi juga berguna untuk mempertahankan kesehatan jantung. Study dalam “Pharmaceutical Biology” sudah mempelajari faedah teh bunga telang dalam turunkan kandungan cholesterol tinggi-faktor resiko khusus untuk penyakit jantung.

8. Berpotensi antikanker

Tanaman telang mempunyai potensi sebagai antikanker karena mempunyai flavonoid yang mengandung kaempferol yang berpotensi itu. Melansir beragam sumber yang sudah mengetes bunga telang dan kandungannya. Hasilnya, sel kanker dapat mati sampai 63,8 % karena kandungan flavonoid dalam bunga telang, seperti kaempferol, delphinin dan quercetin.

9. Tinggi Kandungan Antioksidan dan Nol Kafein

Salah satu kandungan yang banyak berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dari bunga telang ini adalah antioksidan. Tanaman satu ini mengandung antioksidan tinggi. Bahkan setara jika dibandingkan dengan teh hijau yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia selama kurun waktu lama ini.

Hebatnya lagi, teh bunga telang ini juga sama sekali tidak mengandung kafein. Jadi, ketika selesai mengonsumsinya Anda tidak akan mengalami efek susah tidur. Anda akan tetap merasa nyaman dan rileks setelah meminum teh tanaman telang ini, karena terbukti tidak ada kandungan tersebut didalamnya.

10. Sangat Baik untuk Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan yang dimiliki oleh bunga telang ternyata juga sangat baik untuk dapat menjaga kesehatan otak manusia. Antioksidannya mampu untuk membantu meningkatkan kekuatan organ dalam ini, keterampilan kognitif dan memori. Bahkan juga bisa untuk sistem saraf pusat.

Ekstrak dari bunga jenis ini juga memiliki kandungan asetilkolin yang bisa membantu dalam pencegahan kehilangan memori. Atau dalam ilmu medis sering disebut amnesia. Termasuk juga membantu dalam meningkatkan kemampuan mengingat serta keterampilan kognitif dari pengonsumsinya.

Cara Merawat Bunga Telang

Berikut beberapa hal yang penting jadi perhatian berkenaan perawatan dan pemeliharaannya:

  • Jauhi penyiraman terlalu berlebih untuk jaga tanaman pada keadaan terbaik.
  • Sering-seringlah memotongnya supaya tidak jadi berkaki panjang atau lebat.
  • Pemotongan meliputi pembasmian bagian tanaman yang mati, hancur, atau sakit pada musim apa saja.
  • Saat menanam, tentukan jenis tanah apa asal mempunyai drainase yang bagus dan tempatkan tanaman di lokasi yang terima cahaya matahari optimal.

Berkaitan hamanya, umumnya yang serang bunga jenis ini ialah kutu daun, tungau, dan laba-laba yang makan semak kekal. Untuk menyingkirkan hama, Anda dapat memakai minyak mimba atau minyak neem. Disamping itu, overwatering atau under watering sering mengakibatkan hama seperti ulat dan belalang serang tanaman itu.

  • Simak : 10 Jenis Bunga yang Cantik untuk Ditanam dan Hiasan Rumahmu

Itulah beberapa uraian dari BonsaiKita.com mengenai macam-macam manfaat dari bunga telang. Dengan mengekstraksinya menjadi teh kemudian juga mengonsumsinya. Tubuh Anda akan memperoleh ragam manfaat dari tumbuhan alam berwarna biru ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *