6 Manfaat Bunga Tahi Ayam Bagi Organ Dalam

Nama bunga tahi ayam sendiri sedikit menggelikan, sehingga banyak orang enggan untuk menanamnya di halaman mereka. Namun, siapa sangka jika jenis bunga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia karena di dalamnya memiliki kandungan beragam. Bahkan, bisa mengobati penyakit kronis sekalipun.

Manfaat Bunga Tahi Ayam

Inilah pentingnya tidak menilai sesuatu dari luarnya saja. Bunga tahi ayam memberikan keuntungan besar bagi manusia agar mereka tetap terjaga kesehatannya. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak menanam bunga jenis ini. Jika ingin mengetahui informasi lebih jelas mengenai hal tersebut, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Kaya Antioksidan

Kaya Antioksidan

Manfaat yang pertama pada bunga tahi ayam ada pada kandungan antioksidannya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan sendiri membantu dalam menangkal paparan radikal bebas dan menurunkan risiko penyakit kronis yang akan sangat membahayakan bagi kesehatan organ dalam.

Seperti yang sudah Anda ketahui, paparan radikal bebas menjadi pemicu utama terjadinya penyakit berbahaya serta dapat memicu kerusakan pada sel di dalam tubuh. Itulah mengapa manusia disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.

2. Membantu Menghambat Bateri

Siapa sangka jika bunga jenis ini mampu membantu menghambat pertumbuhan bakteri bernama Klebsiella pneumonia. Bakteri ini umumnya tumbuh di saluran pencernaan dan dalam kondisi tertentu keberadaannya tidak terlalu berbahaya. Namun, tetap harus dihindari serta dihilangkan.

Baca Juga :   5 Manfaat Bunga Kol Untuk Pertumbuhan Balita

Kondisinya berbahaya apabila bakteri ini melakukan perpindahan tempat ke organ lain yang lebih penting di dalam tubuh, seperti otak, paru-paru, mata, hingga darah. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa memicu infeksi yang menimbulkan penyakit parah serta sulit untuk diobati, sehingga Anda harus melakukan pengobatan lainnya.

3. Membantu Mengusir Nyamuk

Membantu Mengusir Nyamuk

Jika rumah Anda berdekatan dengan saluran pembuangan air seperti selokan, sungai, dan lain sebagainya, tentu intensitas nyamuk akan semakin banyak. Keberadaan serangga ini akan sangat membahayakan karena bisa menimbulkan demam berdarah, muntaber, serta penyakit mematikan lain.

Untuk itu, penting bagi Anda agar melakukan penanaman bunga tahi ayam ini agar bisa mengusir nyamuk dari rumah. Bunga jenis ini memiliki aroma yang sangat menyengat, bahkan secara tradisional kelopaknya dimanfaatkan sebagai obat alami yang mampu mengusir nyamuk aedes aegypti.

4. Kaya Kandungan Lutein

Kaya Kandungan Lutein

Kandungan yang terdapat di bunga tahi ayam ini benar-benar dapat membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Menurut beberapa penelitian, bunga ini kaya akan lutein yang bisa memberikan manfaat besar bagi anggota tubuh, seperti kulit, mata, sampai otak. Anda dapat mengolahnya menjadi teh atau campuran lainnya.

Namun, tidak semua jenis bunga ini yang memiliki kandungan lutein tinggi, melainkan hanya varian Mega Orange yang berasal dari Bali. Anda bisa menjadikan varian tersebut sebagai rekomendasi apabila ingin menanam bunga marigold di halaman rumah atau kebun. Selain itu, warna mencoloknya juga akan membuat kediaman terlihat lebih hidup, asri, serta nyaman.

5. Baik Bagi Kesehatan Organ Dalam

Baik Bagi Kesehatan Organ Dalam

Seperti yang sudah Anda ketahui, bunga tahi ayam (marigold) sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama organ dalam seperti hati. Bagaimana bisa? Manfaat tersebut didapatkan dari ekstrak marigold yang berfungsi untuk menurunkan enzim yang muncul saat terjadinya kerusakan pada organ hati.

Baca Juga :   5 Keunikan Bunga Terompet yang Perlu Kamu Ketahui, Bisa Juga buat Kesehatan!

Selain itu, bunga marigold juga dapat membantu menurunkan kadar bilirubin berlebih sampai mencapai kadar normalnya. Kandungan tersebut bernama terpenoid, steroid, dan juga flavonoid. Penting bagi manusia untuk menjaga agar hati tetap terjaga kesehatannya karena peran organ ini sangat penting.

6. Membantu Mempercepat Penyembuhan Pada Luka

Mempercepat Penyembuhan Pada Luka

Penyembuhan luka biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung seberapa parah kondisi luka dan obat apa yang digunakan. Sekarang, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk pengobatan luka luar, karena bunga tahi ayam bisa membantu mempercepat proses penyembuhan pada luka.

Bukan hanya luka karena terjatuh saja, namun bunga marigold juga dapat membantu menyembuhkan luka iris hingga bakar. Kandungan di dalamnya bernama flavonoid yang yang berperan besar dalam proses penyembuhan tersebut. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi jika terkena lecet atau luka.

Itu tadi informasi berkaitan dengan manfaat bunga tahi ayam atau marigold bagi tubuh menurut situs BungaKita.com. Sekarang, mulailah menyempatkan waktu untuk menanam bunga cantik dan penuh manfaat ini. Bukan hanya memberi beragam keuntungan saja, bunga ini juga dapat mempercantik halaman rumah agar tidak terlihat monoton.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News