5 Kegunaan Bunga Tabebuya untuk Masalah Ringan hingga Parah

Bunga Tabebuya merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat cantik. Walaupun namanya terkesan seperti berasal dari Jepang, namun jangan salah bunga ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika. Sedangkan tampilannya mirip  bunga Sakura yang berada di Jepang.

Keunikan Bunga Tabebuya

Keunikan Bunga Tabebuya

Sama halnya seperti tanaman lainnya yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu untuk membedakannya dengan tumbuhan lain. Tabebuya identik dengan warna kelopak bunganya yang hadir cukup beragam dan juga mencolok. Mulai dari kuning, merah muda, ungu, putih, hingga merah.

Keberadaannya sangat  populer di Indonesia karena banyak ditanam di Kota Surabaya. Jadi, tak heran jika Surabaya sekarang menjadi lebih cantik dan dijadikan sebagai destinasi unggulan, bahkan hampir mirip seperti Negara Jepang sebab tampilan tabebuya mirip seperti bunga Sakura.

Selain itu, tabebuya juga bisa tumbuh di negara manapun tidak tergantung pada iklimnya. Walaupun begitu, jika Anda ingin menanam bunga ini, harus ekstra sabar karena tidak mudah menumbuhkannya. Apalagi tinggi tabebuya yang cukup lumayan, yakni sekitar 7,5 meter hingga 49 meter.

Kegunaan Bunga Tabebuya

Tidak hanya memiliki penampilan yang cantik karena bunganya terdiri dari beragam warna, namun tabebuya juga dikenal karena manfaat yang terkandung di dalamnya. Untuk mengetahui informasi mengenai kegunaan dari tanaman ini bagi kehidupan, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Mencegah Malaria

Mencegah Malaria

Manfaat pertama yang mampu diberikan oleh bunga tabebuya adalah membantu mencegah terjadinya malaria. Malaria merupakan masalah kesehatan yang dialami disebabkan karena gigitan nyamuk Anopheles betina yang membawa penyakit menular dari parasite Plasmodium.

Baca Juga :   7 Jenis Bunga Daisy yang Cantik dan Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Jika ingin mendapatkan manfaat tersebut, Anda harus memperhatikan dosis pemakaiannya sebagai obat herbal. Apabila penggunaannya sesuai, tabebuya juga berfungsi sebagai peningkat imun untuk mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui takaran standarnya.

2. Meredakan Demam

Meredakan Demam

Demam merupakan masalah kesehatan ringan yang seringkali menjangkit manusia. Biasanya faktor utama dari demam adalah iklim atau cuaca yang tidak menentu. Sekarang ada banyak obat modern dan tradisional yang akan membantu masyarakat dalam meredakan demam.

Salah satunya yang bisa Anda coba adalah teh tabebuya. Khasiatnya sudah dilakukan pengujian oleh penelitian bernama Gentry. Walaupun begitu, tetap harus menggunakan teh ini tidak terlalu berlebihan, karena masih diperlukan studi lebih lanjut agar khasiat tersebut dapat berfungsi dengan baik.

3. Mengatasi Flu

Mengatasi Flu

Sama halnya dengan manfaat sebelumnya yang mengolah tabebuya menjadi teh Tanaman ini ternyata juga mampu mengatasi flu secara alami. Bagian tanaman yang dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ini adalah akarnya yang memiliki kondisi kering, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai rempah.

Teh dari akar tabebuya ini bernama Tahibo. Keberadaannya hingga saat ini sangat populer di kawasan Amerika. Sebelum meminum tehnya, Anda harus tahu terlebih dahulu jika rasa ramuan tersebut tidak terlalu menyenangkan. Namun, tetap nikmat apabila diminum saat cuaca sedang dingin.

4. Mengobati Pankreas

Manfaat bunga tabebuya selanjutnya adalah membantu mengobati pankreas dengan cara mengubahnya menjadi teh bernama lapacho. Khasiat tersebut sudah dibuktikan sedari lama oleh penduduk asli Amerika. Mereka menggunakan ramuan teh ini sebagai obat apabila terkena flu.

Bahkan, penduduk sana menamakannya dengan the Inca. Di dalam minuman tersebut, terkandung banyak mineral dan vitamin yang sangat bagus untuk menjaga serta mengobati pankreas. Namun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan guna memastikan khasiatnya secara benar.

Baca Juga :   5 Jenis Bunga Peony dan Karakteristik yang Harus Diketahui Pecinta Bunga

5. Mengubah Udara Menjadi Bersih

Mengubah Udara Menjadi Bersih

Pernahkah Anda berpikir mengapa bunga tabebuya banyak ditanam di Kota Surabaya? Hal itu karena tabebuya mampu mengubah udara menjadi lebih bersih. Seperti yang sudah diketahui, Surabaya sendiri adalah kota dengan suhu panas yang cukup tinggi dan memiliki kadar polusi tinggi.

Inilah yang membuat pemerintah melakukan penanaman tabebuya di sepanjang jalan beberapa daerah di Surabaya agar udaranya menjadi lebih bersih dan segar. Tidak hanya itu, eksistensi tanaman ini juga dapat membuat pemandangan kota terlihat asri, cantik, juga indah. Oleh karena itu, penanaman tabebuya dilakukan secara besar-besaran supaya bisa mengubah kondisi kota menjadi lebih baik.

Itu tadi informasi berkaitan dengan kegunaan bunga tabebuya bagi kesehatan dalam mengatasi masalah ringan hingga parah menurut situs BonsaiKita.com. Sebenarnya ada banyak tanaman yang mampu memberikan khasiat luar biasa pada tubuh manusia, namun jarang orang tahu, seperti tabebuya ini.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News