BonsaiKita.com

Media Edukasi Bonsai, Bunga, dan Tanaman!

7 Oktober 2022

Bunga Sedap Malam – Bunga Sedap malam atau dikenali bernama latin Polianthes tuberosa ini dijumpai datang dari dataran Meksiko. Sekarang, bunga Sedap malam telah tumbuh di beberapa negara, terhitung Indonesia.

Tanah yang subur dan cuaca yang pas membuat tanaman bunga Sedap malam bisa tumbuh secara baik. Sama sesuai namanya, bunga ini mempunyai harum yang unik dan akan tercium pada malam hari, bertepatan sama waktu mekarnya bunga.

Personalitasnya yang unik ini membuat tanaman bunga yang ini mengundang daya magnet sendiri untuk beberapa pecinta tanaman hias. Tidak cuman personalitasnya yang unik, bunga ini rupanya mempunyai faedah dalam sektor kesehatan dan seni.

Budidaya Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam
Bunga Sedap Malam

Budidaya bunga Sedap malam lumayan gampang untuk dilaksanakan, bahkan juga kamu dapat melakukan di dalam rumah. Yok, baca beberapa langkah budidaya Sedap malam di dalam rumah berikut:

Penyeleksian Bibit

Langkah awal dalam budidaya Sedap malam dengan pilih bibit yang akurat. Selainnya pilih bibit yang unggul dari tanaman induk, perawatan bibit unggul perlu dilaksanakan. Walau demikian proses pembibitan untuk tanaman ini tidak kelamaan.

Pertama, yakinkan bibit datang dari tanaman induk yang telah tua atau sekitaran 1,lima tahun dan kerap berbunga. Selanjutnya, cari bibit bunga Sedap malam yang mempunyai umbi. Yakinkan umbi pada bibit bunga tidak lecet atau cedera dengan tinggi sekitaran 1-2 cm.

  • Cek : Kumpulan Informasi Seputar Bunga Tercantik

Bila syarat telah tercukupi, kamu dapat menggantinya jadi bibit yang siap tanam. Triknya dengan ambil umbi dari tanaman bunga Sedap malam. Selanjutnya, potong akar-akar pada umbi itu dan keringkan umbi sekitaran 3-4 minggu. Taruhlah bibit itu sampai satu bulan penuh saat sebelum siap ditanamkan.

Penyiapan Media Tanam

Bila bibit siap ditanamkan, kamu perlu mempersiapkan media tanamnya lebih dulu. Kamu dapat memakai media tanah dengan menanamnya di tempat bila mempunyai pelataran rumah atau memakai pot atau polybag. Beberapa bahan yang diperlukan:

  • Tanah
  • Arang sekam
  • Pupuk (kompos atau kandang)
  • Pot atau polybag yang telah dibuangi pada bagian bawah
  • Cetok
  • Air seperlunya

Penanaman Bunga Sedap Malam

Bila semua alat, bahan, dan bibit telah dipersiapkan, karena itu cara seterusnya lakukan penanaman bibit. Triknya dengan menyampurkan tanah, arang sekam, dan pupuk jadi satu sama perbedaan 1:1:1. Masukan kombinasi ke tanah dan bikinlah lubang pada bagian tengahnya sedalam lima cm.

Tempatkan bibit bunga Sedap malam yang sudah diletakkan dan tutup kembali dengan tanah. Padatkan tanah dan siram sama air seperlunya, pastikanlah kamu meletakkannya di tempat yang terserang cahaya matahari yang cukup.

Perawatan Bunga Sedap Malam

Untuk perawatan Sedap malam sendiri, kamu wajib melakukan banyak hal sesudah menanam bibitnya. Berikut beberapa perawatan yang penting kamu kerjakan dalam budidaya bunga Sedap malam:

Penyiraman

Tanaman bunga ini benar-benar memerlukan air khususnya pada babak awalnya perkembangannya sebagai usaha untuk percepat tumbuhnya tunas. Karena itu, seharusnya kamu menyiraminya sekitar 2x satu hari, yakni tiap sore dan pagi hari.

Seiring waktu berjalan, tanaman bunga Sedap malam hari ini akan tumbuh besar. Saat itu kamu perlu kurangi intensif kegiatan penyiraman, yang awalannya 2x satu hari jadi 1x satu hari.

Pemupukan

Selainnya menyirami, kamu harus juga lakukan pemberian pupuk sesudah umur tanaman sekitaran 6 bulan. Kamu dapat memakai pupuk kompos atau pupuk kandang. Disamping itu, kamu bisa juga sama-sama menambah pupuk bikinan, seperti menambah pupuk TSP dengan urea dengan perbedaan 1:1.

Pembasmian Hama

Kamu perlu memperhatikan bunga Sedap malam supaya terlindung dari hama dan penyakit seperti belalang, ulat tanah, umbi yang busuk, sampai daun yang layu. Bila kamu menanam bunga Sedap malam langsung di tempat, karena itu kamu perlu lakukan penggemburan tanah.

  • Baca Juga : 15 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan dan Kebugaran

Tidak itu saja, kamu perlu lakukan pembaruan mekanisme drainase untuk menghindar penyakit busuk umbi dan layu daun. Sebiknya, kamu menyemprot insektisida dan fungisida secara periodik untuk menahan tanaman diserang dari hama.

Manfaat Bunga Sedap Malam

Meringkas beberapa sumber, beberapa faedah bunga Sedap malam diantaranya:

1. Hilangkan berbau tubuh

Seperti bunganya, minyak atsiri bunga Sedap malam benar-benar dikenali dengan manfaatnya sebagai aroma.

Selainnya sering dipakai sebagai bahan baku minyak wangi, minyak atsiri Sedap malam bisa juga hilangkan berbau tubuh bila dipakai sebagai deodoran.

Ini kemungkinan tidak langsung terkait dengan kesehatan. Tetapi, berbau tubuh yang mengusik bisa membuat seorang berasa tidak nyaman dan pada akhirannya mempengaruhi keyakinan diri.

2. Menurunkan depresi dan kekhawatiran

Wewangian yang menangi dan beragam elemen kimiawi yang terdapat dalam minyak bunga Sedap malam mempunyai dampak rileksasi dalam otak, saraf, dan otot.

Ini bisa menolong seorang menurunkan depresi, kemelut, kekhawatiran, stres, amarah, kesengsaraan saraf, kejang, kram, batuk spasmodik, dan diare.

3. Kurangi infeksi

Minyak atsiri dari bunga ini bisa menolong menurunkan infeksi, khususnya yang terkait dengan mekanisme saraf dan mekanisme pernafasan.

Tetapi, untuk memperoleh dampak menentramkan ini, kita harus memakainya dalam tingkat pencairan yang relatif tinggi.

Riset pada hewan yang diedarkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity menerangkan selanjutnya jika Sedap malam bukan hanya mempunyai karakter anti-inflamasi yang kuat, tapi juga memiliki sifat anti-oksidan.

4. Membuat lancar perputaran darah

Minyak atsiri Sedap malam bisa menstimuli dan tingkatkan perputaran darah ke semua badan, hingga memunculkan dampak menghangatkan.

Dampak menghangatkan ini sangat berguna khususnya saat cuaca sedang dingin untuk jaga mekanisme pernafasan masih tetap hangat, menahan endapan dahak dan penyakit selesema, tingkatkan keproduktifan, dan menolong mengobati masalah seksual.

5. Mempertahankan kesehatan kulit

Pijat dengan larutan yang terbagi dalam beberapa tetes minyak bunga Sedap malam dan air hangat bisa menolong mengamankan kelembapan kulit dan meremajakan kulit. Tetapi, kita bisa juga memakainya sebagai pelembap biasa.

  • Simak : 5 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kecantikan dan Kesehatan

Disamping itu, minyak Sedap malam bisa juga menolong menjaga tumit yang pecah secara efisien, menurunkan rasa sakitnya, dan percepat proses pengobatan.

Nah, itulah pembahasan dari BonsaiKita.com mengenai bunga sedap malam. Semoga bermanfaat ya guys!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News