Bunga Sakura

Diposting pada

Bunga Sakura – Bunga sakura memiliki beberapa macam jenis di dunia. Setiap satu jenis dengan lainnya memiliki perbedaannya masing-masing. Bentuk tanamannya yang biasa saja tetapi memiliki harum sangat wangi. Hal inilah pembeda dan sekaligus menjadi karakteristik dari spesies hiasan tersebut. Apakah Anda penasaran? Ada beberapa jenis yang mungkin bisa menambah wawasan.

Macam-Macam Jenis Bunga Sakura di Jepang

Bunga Sakura
Bunga Sakura

Terdapat beberapa macam jenis bunga sakura dengan varietas yang berbeda-beda juga. Masing-masing memiliki keunikan dan juga ciri khas sendiri-sendiri. Berikut adalah sedikit uraian mengenai macam-macam jenis bunga sakura yang ada di Jepang.

1. Somei Yoshino

Pada urutan pertama ada bunga sakura bernama somei yoshino. Orang-orang banyak yang menganggap bahwa jenis ini adalah sakura yang ada pada gambaran umum. Bahkan, mempunyai kelopak lebih dari lima lembar menjadikannya sangat indah dan menawan untuk dipandangi oleh setiap orang.

Saat daun ini belum keluar, maka bunga tanaman ini akan berwarna merah muda samar-samar. Lalu akan mekar menjadi kembang dan berubah warna menjadi putih. Namanya berasal dari nama desa yang ada di akhir zaman Edo yang dikenal menjual belikan sakura.

2. Yamazakura

Berikutnya ada jenis bunga liar dengan nama Yamazakura. Tanaman satu ini mempunyai kelopak sebanyak lima lembar dengan warna, merah muda gelap saat sedang bermekaran. Varietas ini sangat memiliki kemiripan dengan somei yoshino yang sudah disebutkan sebelumnya tadi.

Hal yang paling menonjol dari kedua jenis sakura ini adalah daun dan bunganya muncul pada waktu sama. Orang pada zaman dulu percaya bahwa tanaman ini adalah jenis yang ada di Jepang. Mereka menganggapnya ini kembang yang ada pada masa Negara ini sejak dahulu.

3. Yaezakura

Jenis sakura berikutnya adalah dengan kelopak ganda. Terdiri atas sepuluh sampai dengan lima puluh lembar pada setiap buahnya. Bahkan, varietasnya terdiri atas bermacam-macam bentuk dan variasi-variasi yang berbeda-beda tentunya dalam setiap bunganya.

Saat bunga ini mekar, maka kelopaknya memiliki beberapa jenis warna. Diantaranya adalah putih, merah muda gelap dan masih banyak pilihan-pilihan lainnya. Kadang, orang-orang di daerah asalnya yakni Jepang juga menyebutnya sebagai tanaman Satosakura.

4. Shidarezakura

Pilihan bunga berikutnya adalah jenis sakura menangis. Karakteristiknya yang paling utama adalah cara tumbuhnya dan juga bermekarannya menyebar. Bahkan, mirip seperti air mancur yang sedang mengalir dan membuatnya sangat terlihat cantik dan indah.

Sama dengan jenis someiyoshino, shidarezakura ini juga merupakan salah satu variasi dari edohigan. Karena tangkainya yang jatuh ke bagian bawah, maka dari itu tanaman ini dinamakan sebagai sakura menangis. Ada juga yang berkata sebagai bunga kota Kyoto.

5. Gyoiko

Jenis sakura selanjutnya adalah gyoiko atau biasa disebut sebagai enzo kuning. Mempunyai sepuluh sampai dengan lima belas kelopak yang saling bertumpangan. Bahkan, saat musim semi, daun dan bunganya memiliki warna sama dan sulit untuk mengenali perbedaannya.

Karena persamaan warna ini, maka bunga sakura ini terlihat seperti berusaha menyembunyikan keelokannya. Sebab kerendahan hatinya, tanaman tersebut sampai bersembunyi dari keindahannya yang memesona setiap mata yang memandangnya.

Khasiat Bunga Sakura untuk Kecantikan

Semenjak beratus-ratus tahun lalu, wanita Jepang sudah memakai bunga sakura untuk menjaga kulit karena dipercayai banyak memiliki manfaat. Rupanya, ini juga disokong oleh beberapa riset yang sudah dilakukan oleh periset lho, Rekan Senka. Berikut Khasiat bunga sakura yang dipercayai baik untuk kulit:

1. Kulit Tampak Cerah

Khasiat pertama dari bunga sakura ialah kekuatannya dalam membuat cerah kulit. Ini karena sakura mempunyai senyawa yang serupa dengan vitamin C, yang berperan untuk menahan produksi melanin berlebihan pemicu hiperpigmentasi kulit (keadaan di mana warna kulit tidak rata).

2. Kulit Tetap Halus

Bukan hanya sanggup tekan produksi melanin di kulit, bunga ini mempunyai kandungan anti-glycation agent dan fatty acids yang dipercayai bisa menggairahkan produksi collagen, protein yang diperlukan oleh kulit untuk jaga kekenyalan dan kehalusan kulit.

3. Awet Muda

Bukan hanya kulit jadi ceria dan terbangun kekenyalannya, bunga sakura rupanya sanggup perlambat proses penuaan kulit, atau umum disebutkan anti-aging lho, Rekan Senka! Pada beberapa riset, diketemukan jika bunga sakura bisa berperanan sebagai anti-oksidan hingga sanggup mencegah radikal bebas/toksin pada tubuh yang bisa percepat penuaan kulit.

4. Mengurangi Iritasi

Apa Rekan Senka pernah merasakan iritasi kulit yang disebabkan karena infeksi bakteri, pancaran cahaya UV, atau perbedaan pada produk skincare? Worry not, karena bunga sakura berperanan sebagai antiinflamasi, yang bisa menentramkan kulit iritasi dan menahan berlangsungnya infeksi di kulit. Kece sekali ya, Rekan Senka?

5. Memperkecil Pori-pori

Pori-pori yang terlihat kurang di kulit muka kemungkinan jadi mimpi mayoritas wanita. Masalahnya pori-pori yang kecil sanggup membuat dandanan make up terlihat lebih prima dan flawless. Untungnya, bunga sakura mempunyai Khasiat menyarukan pori-pori hingga kulit terlihat lebih lembut dan sehat.

Demikian sedikit uraian dari BonsaiKita.com mengenai jenis-jenis bunga sakura yang ada di Jepang dan khasiatnya untuk kecantikan. Ada banyak ragam varietas dari tanaman dari negeri satu ini. Semua variasi ini memiliki keunikan dan juga keindahannya sendiri-sendiri dengan berbagai macam bentuk.

Beri Penilaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.