7 Manfaat Bunga Saffron bagi Penderita Penyakit Mematikan

Bunga saffron dikenal sebagai rempah mahal yang memiliki banyak kandungan berkhasiat. Bahkan, menurut beberapa penelitian, bunga ini mampu menyembuhkan beberapa penyakit kronis seperti serangan jantung hingga memperbaiki suasana hati pengkonsumsinya.

Manfaat Bunga Saffron

Keberadaan Saffron memang tidak terlalu populer seperti bunga lainnya karena fungsi utamanya sebagai rempah. Bagi Anda yang belum terlalu tahu tentang bunga penuh khasiat ini, di bawah ini telah disediakan beberapa informasi lengkap berkaitan dengan manfaat dari bunga ini untuk tubuh.

1. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Bunga saffron terkenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi serta mampu memberikan perlindungan bagi tubuh dari radikal bebas dan kerusakan sel. Jadi, sudah tidak asing lagi jika saffron dapat menurunkan risiko serangan jantung bagi masyarakat.

Sebenarnya, radikal bebas tidak hanya menimbulkan serangan jantung namun penyakit kronis dan mematikan lainnya, sehingga pengkonsumsian bahan makanan yang mengandung antioksidan sangat dianjurkan. Jika perlu, konsumsi tersebut harus dilakukan secara rutin agar pencegahan bisa dilakukan.

2. Membantu Program Diet

Membantu Program Diet

Jika sedang menjalani program diet, bunga saffron bisa dijadikan sebagai bahan makanan yang dapat membantu mengurangi nafsu makan. Diet sendiri harus dilakukan secara sehat agar prosesnya tidak menyakitkan serta dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Dengan menambahkan saffron ke dalam hidangan, setidaknya Anda bisa mengurangi porsi makan selama menjalankan program diet tersebut. Bukan hanya mampu menurunkan berat badan, namun juga bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, bugar, dan sehat selama diet.

Baca Juga :   4 Bagian Bunga dan Fungsinya yang Perlu Kamu Cermati

3. Mengurangi Rasa Nyeri Haid

Mengurangi Rasa Nyeri Haid

Bagi kaum wanita, sirkulasi datang bulan yang terjadi setiap bulan cukup menyiksa karena rasa nyeri yang ditimbulkan. Apalagi jika harus melakukan aktivitas padat setiap harinya. Aktivitas-aktivitas tersebut pasti akan sangat terganggu dengan rasa nyeri yang ditimbulkan.

Berbagai macam obat-obatan yang ditawarkan, namun jarang orang menggunakan bunga saffron untuk menanggulanginya. Padahal, bunga ini dapat mengurangi rasa nyeri saat PMS dan haid. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang mengkonsumsi kapsul saffron mengalami rasa nyeri yang lebih ringan.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Meningkatkan Suasana Hati

Saat haid melanda, pasti akan berpengaruh pada suasana hati yang tidak karuan. Tentu tidak ada obat yang bisa menyembuhkan rusaknya mood tersebut. Sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena saffron bisa meningkatkan suasana hati pengkonsumsinya.

Bahkan, saffron juga dipercaya mampu membantu pengobatan gejala depresi. Pernyataan tersebut diberikan oleh beberapa peneliti yang telah melakukan penelitian terhadap khasiat dari bunga ini. Untuk skalanya sendiri, bunga ini mampu mengobati depresi ringan hingga sedang.

5. Mengobati Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang banyak diderita di seluruh dunia. Penyakit ini timbul karena pola makan dan hidup yang tidak benar. Oleh karena itu, mengkonsumsi saffron sangat dianjurkan untuk memberikan manfaat kepada penderita kanker karena bisa membantu masa pengobatan berlangsung.

Hal ini terjadi karena saffron memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta sangat baik dalam membantu proses pengobatan berbagai macam kanker, seperti payudara, prostat, usus, dan lain-lain. Tidak hanya itu, senyawa crocin juga dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bunga saffron juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Kolesterol sendiri diperoleh karena konsumsi lemak yang berlebihan. Jika dibiarkan bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit serius bahkan sulit diobati dengan pengobatan biasa.

Baca Juga :   10 Manfaat Bunga Telang dan Cara Merawatnya yang Mudah

Saffron juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, juga meningkatkan konsentrasi kolesterol baik di dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi saffron secara rutin akan membantu penderita menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuhnya.

7. Mengontrol Gula Darah

 

Mengontrol Gula Darah

Manfaat bunga saffron yang selanjutnya adalah membantu mengontrol gula darah. Ini akan sangat berguna bagi penderita diabetes agar kadar gula darah di dalam tubuhnya lebih stabil. Lalu, bagaimana cara mengkonsumsinya secara benar agar khasiatnya diperoleh dengan maksimal?

Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul agar mudah diminum. Selain itu, dapat dijadikan sebagai bahan tambahan di teh. Tidak perlu bingung untuk mencarinya, karena sekarang sudah banyak toko yang menyediakan kapsul saffron guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Itu tadi informasi berkaitan dengan manfaat bunga saffron bagi kesehatan menurut situs BonsaiKita.com. Bunga ini memang terkenal dijadikan sebagai rempah mahal yang kaya akan khasiat, tentu harga sudah sebanding dengan kualitas dari tanaman ini. Anda bisa menemukannya di toko online atau tempat lain.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News