Bunga Petunia

Bunga Petunia – Apa kamu mencari tanaman hias yang bisa tumbuh dengan subur, bila ditanamkan di lokasi yang cuacanya panas? Nah, salah satunya macamnya yaitu ialah bunga Petunia.

Bunga Petunia warna ungu muda dan mempunyai nama latin Violacea, dan ada pula persilangan yang dibuat di antara tanaman yang ini namanya Petunia Hybrida.

Definisi Bunga Petunia

Bunga Petunia
Bunga Petunia

Petunia ialah suatu genus tumbuhan berbunga dari kerabat Solanaceae yang bunganya berwujud trompet. Tumbuhan ini datang dari Amerika Selatan.

Tinggi tanaman ini di antara 16-30 cm, dengan bunga bermahkota tunggal atau bermahkota double, dan beragam macam warna (misalkan merah, putih, kuning pucat, biru, dan ungu tua). Genus ini terdiri dari minimal 20 spesies.

Petunia biasanya diserbuki oleh serangga, terkecuali Petunia exserta yang diserbuki burung kolibri. Biasanya petunia memiliki sifat diploid dengan 14 kromosom dan tidak bisa disilangkan antarspesies.

Tanaman ini bisa capai tinggi 40 cm dan memiliki banyak cabang, tapi cabang-cabangnya ini benar-benar kurang kuat, hingga tanaman petunia tidak bisa tumbuh dengan tegak.

Banyak bulu-bulu yang paling lembut, daun-daun dari tanaman ini tumbuh secara berhadap-hadapan. Batang daunnya pendek, panjangnya kurang lebih bekisar 5-10 cm dengan lebar 4-6 cm.

  • Cek : Informasi Bunga Terlengkap dan Tercantik

Bunga dari tanaman ini tumbuh pada bagian ujung batangnya, kelopak bunganya warna hijau kemerah-merahan, daun mahkota bunga memiliki bentuk seperti terompet warna ungu muda, dan tabung bunga sisi dalam warna kuning.

Baca Juga :   Bunga Telang

Tipe petunia yang memiliki bunga warna ungu muda ini diberi nama petunia violacea, tetapi ada banyak tipe petunia dengan warna yang bermacam.

Satu diantaranya ialah petunia hybrida yang disebut hasil persilangan antara tipe tanaman petunia.

Cara Merawat Bunga Petunia

Sebetulnya, cara merawat tanaman hias ini gampang, serupa dengan pengatasan tumbuhan yang lain.

Perawatan beberapa tanaman memang condong sama dimulai dari cara menyirami, akses cahaya matahari, tempat tanam, dan yang lain.

1. Menyirami Secara Teratur

Tanaman petunia dapat tumbuh secara baik jika disiram dengan teratur, cukup beri air seperlunya dan tidak terlalu berlebih.

Ada tipe tanaman hias bunga ini yang peka dalam jumlah air yang banyak, yakinkan disiram yang cukup.

cara menyirami tanaman petunia dapat dilaksanakan sampai air merembes ke media tanah, tetapi janganlah sampai terkena daun.

2. Memberi Akses Cahaya Matahari yang Cukup

Simpan tanaman ini di lokasi yang teduh, namun tetap terserang cahaya matahari penuh, bunga petunia ini membutuhkan cahaya yang cukup.

Jika ada pertanyaan apa bunga petunia tahan panas? Bunga ini datang dari teritori tropis, walau tumbuh di daratan tinggi.

3. Tanah yang Subur

Wajarnya, tanaman yang membutuhkan gizi untuk tumbuh berkembang, sudah pasti bunga petunia membutuhkan tanah yang subur.

Saat sebelum mempersiapkan tanah atau tempat tanam, seharusnya campur kompos supaya ada gizi untuk tanaman.

  • Baca Juga : 7 Jenis Bunga Puring dan Juga Manfaat untuk Kesehatan

Jika cara merawat bunga petunia yang layu, dapat memberi pupuk organik secara cocok untuk memberi suplai gizi.

4. Menyimpan di Pot Lebih Pas

Karena bunga petunia ini tidak dapat tumbuh tegak, karena itu seharusnya tanaman hias ini ditempatkan di pot atau pot menggantung.

Baca Juga :   Bunga Anggrek

Cara merawat tanaman petunia menggantung sama yang ditempatkan di tanah, tetapi ada beberapa yang penting jadi perhatian.

Satu diantaranya cara tempatkan pot menggantung di lokasi yang pas supaya tanaman dapat memperoleh suplai cahaya matahari.

Nah, demikian informasi dari BonsaiKita.com mengenai definisi bunga petunia dan cara merawatnya dengan mudah. Semoga bermanfaat ya guys!

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News