Bunga Mawar

Diposting pada

Bunga Mawar – Bunga mawar menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak digemari oleh orang-orang. Salah satu faktornya adalah karena merupakan simbol cinta. Selain itu, bunga mawar juga memiliki berbagai macam warna indah dan menawan dan dapat menarik perhatian.

Macam-Macam Jenis Bunga Mawar

Bunga Mawar
Bunga Mawar

Ada banyak jenis bunga mawar yang ada di dunia dan bisa Anda pilih untuk menghiasi halaman dan pekarangan rumah. Bahkan, kelopaknya beraneka warna, menjadikannya terlihat cantik dan menawan. Apalagi, jika ditanam berwarna-warni di area sekitar tempat tinggal. Berikut adalah beberapa jenisnya dari mudah sampai yang sulit didapatkan.

1. Mawar Liar

Bunga mawar liar atau biasa disebut dengan wild roses ini memiliki bentuk yang sangat unik. Ciri khasnya adalah bunga tunggal dengan mahkota yang tidak bertumpukan. Jenis satu ini sangat cepat dalam berkembang biak, bahkan juga tahan terhadap serangan penyakit dan hama.

Memiliki warna merah muda yang sangat menarik dan indah. Dengan putih dan benang sari berwarna kuning pada bagian tengah bunganya. Karena keunikannya ini, ada banyak orang yang menyukai jenis mawar satu ini dan ingin memiliki serta meletakannya di halaman rumah.

2. Mawar Kuno

Jenis berikutnya yakni bunga mawar kuno atau old garden roses. Bunga mawar cantik satu ini memiliki kelopak yang bertumpuk-tumpuk dan bermekaran semusim dalam satu tahunan. Kemudian pada satu tanaman akan bisa dihasilkan bunga dalam jumlah berlimpah pada kurun waktu hingga dua bulanan ke depan.

Mawar kuno berbeda halnya dengan jenis liar. Salah satu ciri fisiknya adalah dari bentuk kelopak bunganya. Namun, keduanya juga memiliki sisi unik dan kecantikannya masing-masing dan bisa menarik perhatian orang untuk melihatnya dan memandangi bentuknya yang indah.

3. Mawar Alba

Bunga mawar alba atau mawar putih ini adalah bentuk kawin silang dari rosa arvanensi dan alba. Selanjutnya, perkawinan dua jenis berbeda ini menghasilkan tanaman putih yang indah dan menawan. Pada bagian tengahnya terdapat warna kuning dan sedikit merah.

Contoh hasil dari persilangan dua bunga berbeda ini adalah tanaman semi plena dan white rose of York. Bunga mawar dengan bentuk dan warna yang cantik ini memang terlihat menawan. Apalagi, dengan bentuk kelopaknya yang bertumpuk rapi secara alami.

4. Mawar Gallica

Bunga mawar gallica didapatkan dari hasil kawin silang rosa gallica dari Eropa tengah dan selatan. Kemudian persilangan keduanya ini menghasilkan bunga mawar dengan warna merah muda secara keseluruhan. Baik pada bagian kelopak maupun pada putik dan benang sarinya juga.

Contoh dari persilangan ini adalah rosa gallica versicolour. Bunga dari mawar jenis ini umumnya akan bermekaran pada musim panas. Kemudian menghasilkan warna merah muda yang menawan dan memberikan efek cantik serta bersinar saat terkena cahaya matahari.

5. Mawar Kubis

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Rosa centifolia ini ialah bunga mawar hibrida yang diperkembangkan oleh pemberbudidaya mawar Belanda dari era ke-17. Kembang ini dikenali dengan wewangiannya yang kuat dan mahkota bunga memiliki ukuran besar. Wujud mahkotanya yang bersusun seperti kubis membuat tanaman ini dikenali sebagai mawar kubis.

  • Cek : 10 Jenis Bunga yang Cantik untuk Ditanam dan Hiasan Rumah

Walau tanaman ini mempunyai kembang yang memanjakan mata, perawatannya termasuk sulit dibanding mawar umumnya. Mawar kubis tidak dapat tumbuh di sembarangan tempat dan gampang terkena penyakit dan hama.

Tetapi, sepanjang diberi perawatan yang pas, Centifolia sebetulnya dapat tumbuh sebagai tanaman pagar. Dengan persyaratan ada benda yang dapat dijadikan penunjangnya. Bunga akan mekar pada tiap musim semi atau musim panas.

6. Mawar Eden

Tanaman yang dikenal juga sebagai Pierre de Ronsard ini dibuat oleh Marie-Louise Meilland. Bunga mawar Eden pertama diperkenalkan ke khalayak dalam gelaran Meilland International di tahun 1985 di Prancis. Nama tanaman ini di inspirasi dari penyair pada zaman Renaisans, Pierre de Ronsard, sekalian mengarah pada syair terkenal ciptaannya dengan judul Mignonne, allons voir sang la rose.

Tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang mengandung air dan cahaya matahari yang cukup. Tinggi mawar Eden bisa capai 180-330 cm. Kembangnya berdiameter sejumlah 10 cm dan mahkota bunganya dapat sejumlah sekitar 70 lembar. Kembang ini umumnya mekar saat akhir musim semi sampai akhir musim panas.

Tahun 2006, kembang ini masuk ke Hall of Fame of the World Federation of Rose Societies karena keelokannya. Bahkan juga bunga ini dipanggil sebagai World’s Favorite Rose di tahun yang serupa.

7. Mawar Sunsprite

Dibuat oleh Reimer Kordes dan dikenalkan pertama kalinya di tahun 1973, tanaman ini dikenal juga sebagai Friesia dan KORresia. Friesia sendiri diambil dari nama wilayah asal si pembuat, yakni Friesland.

Sementara KORresia ialah code nama berdasar nama pembuatnya, Kordes. Kembang ini adalah dari demikian bunga mawar pertama kali yang pemberian namanya memakai ringkasan dari nama pembuatnya.

Tanaman ini bisa tumbuh capai ketinggian 40-75 cm dan tidak gampang diserang hama dan penyakit. Kembang yang dibuat berdiameter sejumlah 8 cm dan mempunyai wewangian yang kuat. Umumnya, bunga akan mekar di bulan Juni sampai September.

Sunsprite sebagai mawar floribunda pertama kali yang sukses memperoleh Gamble Award for Fragrance di tahun 1979. Disamping itu, Sunsprite dianugerahkan penghargaan-penghargaan yang lain, seperti Baden-Baden Gold Medal 1972, James Mason Memorial Medal 1989, dan RNRS Gold Medal 1989.

8. Mawar Damask

Bunga mawar damask ini adalah salah satu hasil dari persilangan antara gallica dan rosa moschata. Memiliki warna merah muda cerah dengan bentuk kelopak bertumpuk-tumpuk dan menghadap ke atas. Meskipun, ada bentuk yang sedikit berbeda pada bagian tengahnya.

Tanaman mawar jenis satu ini hanya berbunga pada masa musim gugur saja. Contohnya dari bunga ini adalah centifolia. Sebab itu, pohon satu ini memang sangat unik dan tidak sering bisa ditemukan karena perbedaan bentuk dari kelopak bunganya tersebut.

9. Mawar Biru

Awalannya, tanaman ini ada dalam beberapa cerita fiksi dan cuman dapat dibuat dari mencelupkan mawar putih ke cat warna biru. Hal tersebut dikarenakan oleh pigmen warna biru atau delphinidin waktu itu tidak dipunyai oleh tanaman mawar. Hingga kemudian beberapa periset dari Suntory memperlihatkan bunga mawar biru pertama di dunia di tahun 2008.

Suntory mengenalkan mawar biru pada acara International Flower Expo Tokyo. Kembang ini sukses dibuat sesudah riset sepanjang nyaris 20 tahun. Langkah yang sudah dilakukan oleh beberapa periset untuk membuat bunga ini dengan melakukan modifikasi gen supaya tanaman mawar dapat hasilkan delphinidin. Namun, warna mahkota yang keluar jadi ungu muda.

10. Mawar China

Bunga berikutnya adalah bunga mawar China. Tanaman bunga satu ini adalah yang paling banyak dimiliki dan dijual di pasaran. Berbeda halnya dengan jenis lain yang lebih sulit ditemukan keberadaannya di sekitar Anda. Justru tanaman ini lebih mudah ditemukan keberadaannya.

Biasanya bunga mawar jenis satu ini akan bermekaran pada masa sepanjang musim panas sampai musim gugur berlangsung. Jadi, Anda bisa menikmati keindahan bunga cantik ini dalam kurun waktu cukup lama. Salah satu varietas dari tanaman ini adalah old blues china dan mutabilis.

Demikian sedikit penjelasan dari BonsaiKita.com mengenai jenis-jenis bunga mawar yang bisa Anda temukan di Indonesia dan dunia. Setiap bunga mawar memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri yang bisa menawan hati dan membuat siapa saja tertarik saat melihatnya. Apalagi dengan warnanya yang mempesona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *