Bunga Matahari

Diposting pada

Bunga Matahari – Bunga matahari menjadi salah satu tanaman dengan tampilan yang sangat mempesona dan indah. Tanaman ini merupakan lambing dari kehangatan dan kebahagiaan. Biasanya, bunga matahari identic dengan warna kuning cerah seperti warna matahari itu sendiri.

Ragam Jenis Bunga Matahari

Bunga Matahari
Bunga Matahari

Bunga jenis matahari atau helianthus merupakan sejenis tanaman yang berasal dari wilayah Amerika utara, Amerika tengah dan juga Amerika serikat. Memiliki ukuran cukup besar dan bermekaran menghadap ke arah matahari. Ternyata bunga matahari tidak selalu berwarna kuning, berikut adalah beberapa jenisnya.

1. Giant Sun Gold

Jenis bunga tersebut yang pertama adalah Giant Sun Gold. Memiliki kelopak warna orange dengan ukuran cukup besar dan tampak sangat menarik saat dipandang. Dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 1 meter dengan diameter kelopak mencapai 15 cm.

Ini adalah jenis tanaman matahari yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Anda bisa menemukan bibit atau tanamannya di pasar atau toko-toko dengan mudah. Selain itu, tanaman ini juga memiliki keunikannya sendiri, yakni kelopak yang tebal dan juga berukuran cukup besar.

2. Teddy Bear

Tanaman matahari jenis teddy bear ini menjadi varietas yang banyak diincar oleh para penggemar tanaman hias. Memiliki bentuk bulat dan kelopak cukup rapat, hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi orang yang melihatnya. Karena bentuknya ini juga, membuat penampakannya seperti boneka teddy.

Jenis bunga satu ini juga berbeda dengan kelas lainnya. Bahkan, tanaman hias tersebut bisa tumbuh hingga pada ketinggian 60-90 cm saja. Namun, hal tersebut tetap tidak mengurangi nilai estetika dan keindahan dari pohon ini sendiri.

3. Big Smile

Jenis big smile ini menjadi kelas bunga matahari dengan bentuk paling lucu dan imut. Sangat cocok untuk diletakkan dalam pot pada area halaman rumah Anda. Hal itu pastinya dapat semakin menambah kesan estetika dan keindahan di lingkungan tempat tinggal pemiliknya.

Jika bunga jenis teddy bear mampu tumbuh hingga pada ketinggian 90 cm, berbeda lagi dengan jenis big smile ini. Varietas ini hanya mampu terus bertambah sampai setinggi 40 cm saja. Bahkan, setiap batang dari tanaman hias ini mampu menghasilkan 4 bunga.

4. Earth Walker

Jenis bunga matahari paling unik bernama earth walker. Memiliki beberapa pilihan warna, di antaranya adalah merah, orange dan juga hitam. Hal ini tentu berbeda dengan tanaman pada umumnya yang biasanya hanya berwarna kuning seperti matahari itu sendiri.

Tanaman hias jenis matahari yang satu ini mampu tumbuh hingga cukup tinggi. Bahkan hingga sampai pada ketinggian 270 meter untuk satu tangkainya. Ddapat dikatakan, bahwa ini adalah yang paling mampu tumbuh hingga diatas 200 meter.

5. Fiesta Del Sol

Bunga matahari berikutnya yakni bernama Fiesta Del Sol yang sangat cocok ditanam di rumah-rumah. Sebab, memiliki warna orange yang sangat cantik dan indah. Bahkan, akan tampak bagus diletakkan di halaman atau pekarangan rumah untuk menghiasi lingkungan tempat tinggal Anda.

Ada juga yang berwarna merah menyala dengan bagian tengah berwarna kuning gelap. Tumbuhan ini mampu untuk tumbuh sampai pada diameter 5-10 cm. Namun, tentu ini masih cukup kecil bila dibandingkan dengan jenis-jenis matahari yang lainnya.

6. Cherry Rose

Cherry Rose menempati posisi sebagai bunga matahari paling unik dan cantik. Warnanya cukup bagus dan menawan serta terlihat berbeda dari tanaman pada umumnya. Biasanya, cherry rose ini berwarna ungu, hitam, putih dan merah.

Karena perbedaannya ini, matahari jenis satu ini menjadi incaran banyak orang. Apalagi, dengan tampilannya yang terlihat menawan dan anggun dengan perpaduan warna-warna cantiknya. Tentu, semakin memberikan kesan estetik tersendiri di mata pemiliknya.

7. Early Russian

Jenis berikutnya adalah matahari early Russian. Memiliki ciri dengan warna kuning cerah dan mempunyai bentuk mirip dengan tanaman biasanya. Namun, pembedanya sendiri adalah bentuknya yang jauh lebih besar dibandingkan bunga matahari biasanya.

  • Baca Juga : 10 Manfaat Bunga Telang dan Cara Merawatnya yang Mudah

Maka, tak heran jika tanaman ini dijuluki sebagai bunga matahari raksasa. Jenis ini juga mampu untuk tumbuh sampai pada ketinggian 2-3 meter. Bahkan, untuk diameter dari bunganya memang cukup besar dan mampu bertambah hingga pada lebar 30 cm untuk setiap bunganya.

Manfaat Bunga Matahari

Bunga tersebut mempunyai wujud yang elok dan menarik. Rupanya, dibalik kecantikan itu ada beberapa manfaat bunga matahari yang jarang-jarang dijumpai beberapa orang.

Tanaman bernama latin Helianthus annuus L ini pertama kalinya diketemukan di Amerika sisi Utara. Bunga ini dapat tumbuh dan mempunyai tinggi capai 3 mtr. sampai 5 mtr. Cek manfaat selengkapnya dibawah ini!

1. Manfaat untuk Kecantikan

Minyak bunga matahari dapat digunakan untuk kecantikan kulit dengan memoleskannya di tubuh dan rambut Ini telah dilaksanakan semenjak jaman dahulu oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno.

Minyak dari tanaman matahari dijumpai memiliki kandungan vitamin dengan anti-oksidan yang tinggi hingga dapat menghalangi radikal bebas yang dapat menghancurkan sel-sel kulit. Ada pula vitamin E yang bisa menahan penuaan.

2. Manfaat untuk Pertanian

Beberapa petani biasa memproses daun-daun bunga matahari yang kering sebagai pupuk hijau buat menyuburkan tanaman. Masalahnya tumbuhan ini dijumpai memiliki kandungan kandungan kalium yang tinggi sekali dan dapat menggairahkan perkembangan tanaman.

3. Manfaat Daun untuk Hewan

Selainnya menjadi pupuk tanaman, daun atau kelopak bunga matahari banyak juga digunakan sebagai pakan ternak. Bahkan juga, di luar negeri beberapa petani memproses daun bunga matahari untuk makanan burung.

4. Manfaat Bunga Kesehatan

Bunga jenis ini mempunyai imbas positif untuk kesehatan jika dimakan. Diambil dari buku ‘Hidup Sehat dengan Toga’ kreasi Lia Ernawati, rebusan bunga matahari dapat menangani sakit di kepala.

Disamping itu, rebusan air bunga matahari bisa juga kurangi keluh kesah dari sakit rematik dan keputihan. Triknya dengan rebus kepala bunga matahari dan melekatkannya di bagian yang sakit. Dan untuk keputihan dapat direbus dengan akar, daun beluntas, tapak liman, dan daun seribu fresh.

5. Manfaat Biji untuk Manusia

Biji bunga matahari rupanya dapat dibuat jadi minyak. Karena, sejumlah 48% cangkang biji itu memiliki kandungan minyak yang dapat diproses dan dimakan oleh manusia.

Diambil dari beragam sumber, minyak bunga matahari memiliki kandungan asam linoleat yang baik untuk otak. Disamping itu, asam linoleat termasuk juga dalam lemak tidak jemu hingga bagus untuk kesehatan manusia.

  • Simak : 10 Jenis Bunga Mawar Tercantik untuk Hiasan Rumahmu

Sekian sedikit penjelasan dari BonsaiKita.com mengenai macam-macam jenis bunga matahari ini. Jenis bunga satu ini banyak digemari orang karena warnanya yang cantik dan menawan. Selain itu, bentuk dan juga diameternya juga berbeda-beda dan semakin menambah kesan estetika sendiri pada tanaman hias ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *