Bunga Krisan

Diposting pada

Bunga Krisan – Bunga krisan memiliki banyak manfaat dan juga khasiat yang sangat bagus. Jenis bunga ini telah cukup lama dipakai untuk obat tradisional untuk dapat mengatasi banyak penyakit. Kelopaknya memberikan aroma wangi dan cocok dijadikan sebagai ramuan.

Macam-Macam Manfaat dari Bunga Krisan

Bunga Krisan
Bunga Krisan

Tanaman ini adalah jenis bunga yang asalnya dari wilayah Asia Timur dan lebih dominan bertumbuh di wilayah Negara Tirai Bambu. Nama latin bunga ini adalah Chrysanthemum morifolium. Biasanya jenis kembang ini dikonsumsi dalam bentuk teh herbal yang mengandung banyak manfaat, berikut diantaranya.

1. Membantu Meringankan Sakit Tenggorokan

Salah satu manfaat dari tanaman krisan yang diseduh sebagai teh adalah mampu meringankan sakit tenggorokan. Biasanya, rasa tidak nyaman ini biasanya timbul karena adanya radang. Hal tersebut muncul disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Terkadang adanya reaksi iritasi karena adanya zat kimia dan polusi di lingkungan sekitar juga bisa jadi masalahnya. Dengan mengonsumsi teh dari tanaman herbal ini, maka infeksi tersebut perlahan akan sembuh. Itu semua karena adanya kandungan antibakteri dan anti radang pada jenis kembang tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Tanaman dengan nama ilmiah chrysanthemum ini juga bisa membantu dalam menjaga kecantikan serta kesehatan kulit manusia. Bahkan, manfaat ajaib ini merupakan hasil dari kandungan antiradang dan juga antibacterial tinggi dalam bunga tersebut. Maka dari itu, kulit dapat menjadi lebih sehat.

Bahkan, dengan mengonsumsi teh herbal dari tanaman krisan ini akan dapat memberikan pencegahan dehidrasi. Sebagai akibatnya maka akan terjadi kekeringan kulit. Termasuk juga dapat membantu dalam mengurangi adanya peradangan kulit, pembentukan flek hitam, iritasi atau bahkan penuaan dini.

3. Mengobati Osteoporosis

Osteoporosis menjadi sebuah hal atau kejadian dimana kepadatan tulang seseorang mulai berkurang. Biasanya, hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor, misalnya usia, kurang olahraga, kekurangan asupan kalsium dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencegahnya sebelum terlambat.

Agar dapat menghambat dan sekaligus mengobatinya secara bertahap. Maka, Anda bisa mencoba mengkonsumsi tanaman krisan. Dalam jenis tanaman ini terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi dan berbagai macam antioksidan, misalnya saja senyawa fenolik dan flavonoid yang baik untuk menjaga tulang.

4. Membantu dalam Mengontrol Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, mengontrol tekanan gula darah menjadi sebuah hal penting. Bahkan, tidak boleh sampai terlewatkan meskipun hanya sehari saja. Untuk dapat membantu dalam pengontrolan glukosa ini, Anda bisa mengkonsumsi tanaman krisan ini.

Konsumsi sebagai teh dengan menyeduhnya. Aromanya yang harum juga akan bisa memberikan efek relaksasi bagi penikmatnya. Selain itu, kandungan antioksidan tinggi dan berbagai macam senyawa lainnya akan dapat lebih cepat membantu dalam proses menstabilkan kadar glukosa dalam darah seseorang.

5. Membantu dalam Memelihara Kesehatan jantung dan Tekanan Darah

Memelihara kesehatan jantung dan tekanan darah bagi setiap orang adalah sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Bahkan, dalam tanaman krisan terdapat kalium dan antioksidan. Kedua bahan itu baik untuk menjaga organ dalam dan juga memelihara tekanan darah agar bisa tetap dalam batas normal.

Beberapa penelitian telah menyebutkan dan berhasil membuktikan bahwa tanaman krisan mampu membantu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah seseorang. Sampai dengan mencegah terjadinya hipertensi yang bisa berakibat fatal pada penderitanya.

Tips Merawat Bunga Krisan

Dari beragam tipe tanaman krisan di atas, sebetulnya tips merawatnya nyaris sama karena mempunyai karakter yang serupa. Yang penting jadi catatan untuk Grameds walau masih pemula sekalinya jika tips merawat tanaman krisan perlu dilaksanakan secara benar supaya bisa hasilkan tanaman yang tetap berbunga dan dapat bertahan hidup semakin lama.

Berikut tips merawat bunga krisan yang penting Grameds kenali sebelumnya terakhir memilih untuk menanamnya disekitaran lingkungan rumah, baik dalam ruangan atau di luar ruang:

1. Lihat Jarak Tanaman Bunga Krisan

Bila Grameds pilih menanam bunga tersebut di tanah langsung tanpa pot atau tempat tertentu, karena itu perlu memerhatikan jarak tanamnya. Bunga ini mempunyai beragam jenis warna yang memanjakan mata, mulai warna kuning classic, ungu, putih, merah, sampai jingga. Tetapi untuk menanamnya secara bertepatan misalkan Grameds perlu memerhatikan jarak saat menanam bunga ini pada awal.

Jarak penanaman yang pas akan membuat bunga ini tumbuh secara baik karena mendapat perputaran udara yang bagus pada tiap tanaman bunga itu. Memerhatikan jarak saat menanam bunga menghindar terjadi kompetisi di antara akar tanaman dalam mempernyerap air dalam elemen hara tanah.

Dalam perkembangannya bunga krisan terus akan tumbuh besar, terhitung ukuran tanaman dan akarnya. Apa lagi bunga krisan termasuk juga dalam tanaman yang cepat tumbuh, hingga jarak saat menanam tanaman ini jadi poin penting untuk jadi perhatian supaya perkembangannya lebih optimal.

2. Pilih Media Tanam Yang Lebih Mencegah Air

Selainnya menanamnya secara memiliki jarak, Grameds perlu memerhatikan media tanamannya saat lakukan tips merawat bunga tersebut. Perlu Grameds kenali jika tanaman krisan ialah tanaman hibrida yang dari Negara Jepang, terhitung bunga ini Belanda dan Amerika sudah menyesuaikan dengan cuaca di Indonesia. Itu penyebabnya Gramed dapat menemui beberapa pedagang bunga krisan cuman memakai sekam tembikar untuk tempat tanam nya.

Untuk membuat masih tetap subur, Grameds dapat mengalihkan bunga ini itu ke pot besar dengan tempat tanam yang dapat meredam air. Tempat tanam ini dibutuhkan karena bunga krisan tidak dapat bertahan hidup semakin lama di lokasi yang kering. Media tanaman yang dapat meredam air dapat jaga kelembapan lingkungan bunga itu supaya bisa tumbuh lebih bagus.

Umumnya temperatur yang panas bisa percepat evaporasi air di tempat tanam itu, hingga membutuhkan tempat tanam yang semakin besar untuk meredam air. Grameds bisa juga menambah bahan organik ke tanahnya supaya lebih subur karena bunga ini menyenangi tanah yang mempunyai pH cukup asam.

3. Lihat Suhu dan Kelembabannya

Salah satunya tips merawat bunga krisan yang betul ialah memerhatikan temperatur dan kelembapan disekitaran tanaman hias ini karena karakternya yang lebih pas tumbuh di lokasi yang lebih sejuk atau condong dingin. Bunga krisan bisa juga bertahan hidup semakin lama di wilayah dingin atau tiba tinggi. Untuk mengatasinya, Grameds dapat lakukan pelindungan extra pada akar dan mahkotanya.

Dan pada wilayah yang beriklim hangat bisa mengakibatkan bunga krisan lebih lamban berbunganya,khususnya malam hari yang alami peralihan temperatur jadi lebih dingin. Keadaan temperatur yang tidak konstan itu bisa membuat kuncup bunga krisan berupa tidak teratur. Ini menunjukkan jika temperatur dan kelembapan benar-benar sangat punya pengaruh pada perkembangan bunga krisan, khususnya pada proses berbunganya yang dinanti-nantikan oleh pemiliknya.

Untuk menangani permasalahan itu, Grameds dapat memakai kultivar dengan toleran panas yang semakin tinggi hingga dapat jaga temperatur dan kelembapan di sekitar lingkungan, khususnya saat Grameds menanam bunga Krisan dalam ruangan.

4. Pakailah Pupuk Dari Bahan Organik

tips merawat bunga krisan yang tidak kalang intinya untuk kesuburan tanaman hias ini ialah pemberian pupuk yang pas dan dilaksanakan dengan teratur. Dalam prakteknya Grameds dapat memberikan pupuk dengan jeda waktu mulai sebulan sekali. Grameds seharusnya memakai pupuk organik yang mempunyai tujuan supaya media tanaman bunga krisan tidak terkontaminasi berbahan kimia yang terlalu berlebih.

Grameds dapat memakai pupuk 20-10-29 pertama kalinya menanam bunga krisan dan selama saat perkembangannya. Sesudah alami imbas, seterusnya Grameds dapat memberi pupuk 5-10-5. Perlu Grameds kenali jika bunga krisan telah tumbuh besar karena itu tidak bisa dikasih pupuk sesudah bulan Juni.

Bila Grameds ingin bunga krisan terus berbunga, satu diantaranya kuncinya dengan pemberian pupuk ini. Pupuk bisa menolong bunga krisan tumbuh lebih subur dan sehat. Walau cuman tanaman hias, tetapi memberikannya pupuk seperlunya perlu tetap dilaksanakan supaya bisa hasilkan bunga krisan yang maksimal.

Sekian penjelasan dari BonsaiKita.com perihal manfaat-manfaat bunga krisan ini. Ada banyak khasiat yang bisa didapatkan dari tanaman satu ini. Jenis kembang-kembangan ini memang sangat cocok digunakan sebagai minuman herbal. Terlebih karena khasiatnya cukup berlimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *