Kenali Bunga Kenanga dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Bunga Kenanga – Bunga kenanga adalah tipe tumbuhan berbunga yang diperbudidayakan di Indonesia. Tumbuhan ini mempunyai nama latin Cananga odorata.

Bunga kenanga yang diperbudidayakan terbagi dalam 2 barisan khusus, yakni Cananga dan Ylang-Ylang. Ketidaksamaan ke-2 tipe kenanga ini berada pada percabangannya.

Cabang Cananga tumbuh secara tegak lempeng, dan cabang Ylang-Ylang perkembangannya terkulai dan tidak tegak, dan mempunyai daun yang lebih kecil.

Cananga dan Ylang-Ylang datang dari 2 tempat berlainan. Cananga ialah bunga asli Indonesia, sementara Ylang-Ylang datang dari Filipina.

Kenanga ialah tanaman yang tercatat sebagai flora identitas propinsi Sumatra Utara dan Aceh. Selainnya tumbuh di Indonesia, tanaman kenanga menyebar di teritori Mikronesia, Polinesia, dan Melanesia.

Di Indonesia, bunga kenanga kerap dipakai dalam upacara tradisi seperti pernikahan, dan memiliki hubungan dengan mitos-mitos tertentu.

Manfaat Bunga Kenanga

Bunga Kenanga
Bunga Kenanga

Bunga kenanga telah lama dipakai sebagai bahan baku pembikinan minyak wangi.

Bahkan juga, bunga ini kerap digunakan sebagai wewangianterapi karena kandungan minyak fundamental dan senyawa aktif didalamnya.

Tidaklah aneh jika bunga kenanga bisa memberi bermacam Manfaat untuk kesehatan, misalnya:

1. Kurangi tingkat depresi dan kekhawatiran

Riset memperlihatkan jika mengisap wewangian dari minyak fundamental bunga kenanga bisa turunkan tingkat kekhawatiran dan depresi.

Kandungannya itu dijumpai sanggup turunkan kandungan hormon kortisol pada tubuh, bahkan juga dipercayai efisien untuk mangatasi stres.

2. Turunkan tekanan darah

Sebuah study mengutarakan jika kandungan minyak fundamental bunga kenanga mempunyai dampak turunkan tekanan darah dan jaga detak jantung masih tetap normal.

Baca Juga :   Bunga Lavender

Dampak ini pasti bagus untuk pasien hipertensi.

3. Tingkatkan kualitas tidur

Minyak fundamental bunga kenanga dijumpai mempunyai senyawa linalool yang bisa hasilkan dampak sedatif atau memunculkan rasa mengantuk.

Tidaklah aneh bila bunga kenanga kerap dijadikan wewangianterapi untuk membikin tidur lebih pulas.

4. Menahan dan memudahkan tanda-tanda asma

Asma sebagai penyakit pernafasan yang kuat hubungan dengan depresi.

Bila menanggung derita asma, Anda dapat memakai minyak fundamental bunga kenanga untuk menahan kambuhnya asma yang dipacu oleh depresi.

Untuk memperoleh Manfaat bunga kenanga dalam memudahkan tanda-tanda asma, Anda bisa memoleskan minyak fundamental bunga kenanga yang sudah dicairkan dengan carrier oil ke tempat dada, lalu hisap sepanjang 15-20 menit..

5. Menyembuhkan infeksi jamur

Bunga kenanga dipandang efisien untuk menyembuhkan infeksi jamur, misalkan infeksi Candida albicans.

Masalahnya selainnya bisa memunculkan dampak mengantuk, senyawa linalool dalam bunga kenanga mempunyai karakter antijamur.

Manfaat bunga kenanga yang telah dipakai dalam penyembuhan tradisionil sebetulnya ada banyak.

Selainnya yang disebut sebelumnya, bunga kenanga juga digunakan untuk penyembuhan malaria, asam urat, dan sebagai menambah libido. Tetapi, beragam Manfaat ini masih perlu ditelaah selanjutnya.

Minyak fundamental bunga kenanga biasanya aman dipakai. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda dapat mengisap uap wewangianterapi dari minyak fundamental ini dengan memakai diffuser.

Bila minyak fundamental ini ingin dibalurkan ke kulit, seharusnya encerkan lebih dulu dengan carrier oil seperti minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun. Ini dilaksanakan untuk meminimalisir iritasi kulit.

Tersebut Manfaat bunga kenanga untuk kesehatan mennurut situs BonsaiKita.com. Walau berguna, Anda perlu tetap waspada dalam memakainya, terlebih jika Anda mempunyai keadaan klinis tertentu.

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News