5 Keunikkan Bunga Kembang Sepatu yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Bunga Kembang Sepatu – Bunga kembang sepatu atau yang lebih dikenali bernama hibiscus datang dari wilayah berilklim hangat dan tropis. Tanaman ini tumbuh subur di wilayah lembab atau berawa.

Ada sekitaran 220 tipe kembang sepatu yang menyebar di penjuru dunia. Tiap varietas mempunyai ukuran, wujud, dan warna yang lain.

Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu
Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu mempunyai nilai estetik dengan berwarna yang cantik dan ceria. Disamping itu, tanaman ini dapat menjadi bahan warna makanan, kosmetik, dan obat.

Dari sisi segala hal itu, tahukah kamu jika bunga kembang sepatu dapat menolong turunkan berat tubuh? Tidak itu saja, rupanya ada banyak bukti menarik mengenai bunga Kembang Sepatu, yang jarang-jarang kita kenali, loh.

Ingin tahu apa itu? Baca di bawah ini.

1. Makna Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu dipandang seperti bunga yang paling feminim. Di Amerika Utara, kembang sepatu memiliki makna istri atau wanita yang prima.

Dan di jaman Victoria, memberi bunga ini mengisyaratkan sanjungan otomatis mengenai kecantikan seorang wanita.

2. Pertanda Terima atau Menampik Cinta

Di Tahiti dan Hawaii, bila kamu masih bujang dan mencari pasangan, kamu dapat menyisipkan bunga kembang sepatu ada di belakang telinga kanan. Beberapa lelaki kemungkinan akan tiba mendekatimu.

Beda hal, jika kamu telah menikah dan tidak mau merajut jalinan romantis, kamu bisa juga memakai bunga ini sebagai aksesories untuk menampiknya.

Baca Juga :   Bunga Keladi

Tetapi, janganlah sampai salah meletakkannya. Yakinkan bunga berdi belakang teling kiri, yang mengisyaratkan jika kamu tidak bujang kembali.

3. Dapat Sebagai Teh herbal

Bunga satu ini rupanya dapat menjadi teh herbal, yang banyak vitamin C, mineral, dan anti-oksidan. Umumnya, teh kembang sepatu populer dengan berwarna yang merah dan rasanya yang asam.

Teh herbal dari bunga ini lebih banyak faedahnya buat kesehatan, lho. Dimulai dari menyembuhkan tekanan darah dan cholesterol tinggi, menolong kurangi hipertensi dan kekhawatiran, menantang bakteri, masalah pencermaan, tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh, sampai kanker.

Disamping itu, teh kembang sepatu dapat percepat metabolisme dan menolong dalam pengurangan berat tubuh.

Langkah membuat teh satu ini juga lumayan gampang. Kamu perlu menyeduh bunga kembang sepatu kering sama air panas, selanjutnya tambah pemanis, seperti madu, gula, dan yang lain.

Kemudian, tambah es batu supaya berasa lebih fresh dan nikmat.

4. Dipakai Sebagai Obat Tradisionil

Di China dan Ayurveda memakai bunga satu ini untuk penyembuhan tradisionil. Masalahnya, akar kembang sepatu berguna untuk menangani rambut rontok, batuk, dan kutu rambut.

Sebuah study belakangan ini mendapati jika tanaman kembang sepatu bisa menolong turunkan tekanan darah, cholesterol, dan tingkatkan metabolisme.

5. Jadi Bunga Berkebangsaan Malaysia

Malaysia mengumumkan bunga kembang sepatu sebagai bunga kebangsaannya tahun 1960. Kelopak kembang sepatu yang warna merah ceria menyimbolkan keberanian.

Disamping itu, lima kelopak pada bunga ini menyimbolkan Rukun Negara (Azas Negara Malaysia).

Jika di Indonesia, bunga ini disebutkan bunga kembang sepatu, dan di Malaysia, bunga ini dikatakan sebagai Hibiscus Rosa Sinensis atau bunga raya.

Nah, itulah informasi dari BonsaiKita.com tentang 5 Keunikkan mengenai bunga kembang sepatu . Maka, apa kamu berminat untuk menanam bunga ini di dalam rumah?

Baca Juga :   Bunga Edelweis

Tinggalkan komentar

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari BonsaiKita.com di Google News